$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

China Kebingungan Menebak Langkah Militer Indonesia Karena Memborong F-15 Eagle II, Rafale dan KF-21 Boramae

INDONESIAKININEWS.COM -  Indonesia sedang panas-panasnya karena bakal diperkuat dengan Rafale, KF-21 Boramae dan F-15 Eagle II. KF-21 Borama...


INDONESIAKININEWS.COM - Indonesia sedang panas-panasnya karena bakal diperkuat dengan Rafale, KF-21 Boramae dan F-15 Eagle II.

KF-21 Boramae, Rafale dan F-15 Eagle II bakal menjadi jet tempur masa depan Indonesia.

Dengan Rafale, F-15 Eagle II dan KF-21 Boramae, kekuatan udara Indonesia akan semakin tebal.

Penebalan unsur udara ini memastikan keamanan ruang udara dan laut nasional dari gangguan asing.

Khusus KF-21 Boramae, jet tempur kerja sama Indonesia dan Korea Selatan ini sedang dalam tahap akhir peluncuran prototipe.

Juli 2022 diharapkan ia terbang perdana.

"Korea Aerospace Industries (KAI) mengumumkan di Singapore Air Show bahwa penerbangan pertama pesawat tempur generasi 4,5 KF-21 Boramae akan selesai pada Juli sesuai jadwal.

Kami berencana untuk melakukan penerbangan pertama prototipe KF-21 pertama kami pada bulan Juli sesuai jadwal," kata seorang pejabat KAI kepada Asia Defence Journal.

Untuk Rafale, dassault-aviation.com sudah mengumumkan Indonesia akan membelinya.

"Di hadapan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Florence Parly, dan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto, Ketua dan CEO Dassault Aviation, Eric Trappier, dan Wakil Marsekal Udara Yusuf Jauhari, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, menandatangani kontrak akuisisi 42 pesawat Rafale generasi terbaru oleh Indonesia, pada upacara yang diadakan hari ini di Jakarta.

Akuisisi Rafale untuk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara mencakup solusi turnkey lengkap, dengan paket komprehensif yang mencakup pelatihan awak pesawat, dukungan logistik untuk beberapa pangkalan udara Indonesia, dan pusat pelatihan dengan dua simulator misi penuh. .

Kemampuan “omnirole” Rafale yang unik akan memberi Indonesia alat untuk kedaulatan dan kemandirian operasional, memperkuat perannya sebagai kekuatan regional utama.

Industri Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari pengembalian industri yang substansial, tidak hanya di sektor penerbangan, tetapi juga di semua bidang kerja sama utama lainnya yang berkaitan dengan portofolio luas teknologi ganda yang dikuasai oleh Dassault Aviation dan mitra industrinya, Safran Aircraft Engines dan Thales," papar dassault-aviation.com, 10 Februari 2022.

Kemudian baru 24 jam usai membeli Rafale, Indonesia melanjutkan langkah ekspolsifnya dengan mengakuisisi F-15 Eagle II.

"Departemen Luar Negeri telah membuat keputusan menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing kepada Pemerintah Indonesia Pesawat F-15ID dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya $ 13,9 miliar," lapor dsca.mil.

Melihat langkah Indonesia membeli Rafale dan F-15 Eagle II, pengamat militer China, Han Dong, menyorotinya.

"F-15EX dapat dikatakan sebagai pesawat tempur berat bermesin ganda tercanggih di dunia saat ini, dan efektivitas tempurnya secara keseluruhan sedikit lebih tinggi daripada Rafale Prancis.

Pembelian dua pesawat tempur generasi ketiga dan 4.5 secara berturut-turut oleh Indonesia akan sangat meningkatkan kekuatan Angkatan Udara. Bersama dengan F-16 dan Su-27/30 yang dibeli sebelumnya, jumlah jet tempur horizontal generasi ketiga dari Angkatan Udara Indonesia akan melebihi 100, yang merupakan terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Nomor satu," kata Han Dong dikutip dari thepaper.cn.

F-15EX dapat meluncurkan rudal udara-ke-darat jarak jauh "Slam"-ER atau "Jasm".

Apakah senjata ofensif ini akan dijual ke Indonesia telah menarik banyak perhatian.

Pesawat tempur F-15EX adalah versi perbaikan terbaru dari keluarga pesawat tempur F-15.

Dibandingkan dengan F-15 sebelumnya, pesawat tempur F-15EX telah ditingkatkan secara komprehensif, menggunakan radar array tahap baru, sistem peperangan elektronik dan tampilan kokpit, dll., dan peningkatan muatan senjata, dilengkapi dengan senjata dan peralatan yang lebih kuat, dan selanjutnya peningkatan kemampuan tempur.

Namun media China lainnya, 163.com membeberkan bila kecil kemungkinan Indonesia membeli kedua jet tempur tersebut secara bersamaan.

"Indonesia adalah negara yang begitu besar, dan tidak mungkin membeli jet tempur Rafale dan F-15 dalam jumlah besar secara bersamaan, sehingga Amerika Serikat menatap kontrak Prancis untuk campur tangan saja,

Hanya saja pihak Amerika juga mengatakan bahwa ini hanya karena mereka menyetujui rencana tersebut, dan bukan berarti pemerintah Indonesia akan memilih untuk menandatangani kontrak dengan Amerika Serikat. Saat ini, penjualan senjata masih belum," jelas 163.com pada 11 Februari 2022.

Tapi media China lainnya, new.qq.com pada 13 Februari 2022 lalu mendedahkan langkah Indonesia memperkuat militernya ini cukup membingungkan.

Karena Indonesia mencampuradukkan jet tempur dari bermacam negara di dunia untuk memperkuat unsur udara nasional.

"Tentunya untuk Indonesia, baik Rafale maupun F-15EX dapat memenuhi kebutuhan Indonesia.

Apalagi Indonesia juga penuh dengan jet tempur Rusia dan Amerika.

Aturan penomoran jet tempur Indonesia adalah TS+model pesawat+nomor.

Pesawat tempur AS yang berada di tangan Indonesia terbagi menjadi 12 pesawat tempur F-16A/B (Block 15OCU) pesanan 1986, di antaranya 4 pesawat tempur tipe B bernomor TS-1601 hingga TS-1604, dan 8 pesawat bernomor TS tipe A. -1605 sampai TS -1612," ujar new.qq.com.

Media itu melanjutkan langkah militer Indonesia ini membuat China bingung lantaran bagaimana caranya operasional dan biaya perawatan ke semua pesawat dari bermacam negara itu dijalankan Jakarta.

"Jika benar-benar terkirim, ditambah pesawat serang British Eagle MK209 Indonesia, pesawat latih T-50 Korea Selatan, dan jet tempur KF-21 yang juga bakal dimiliki Indonesia, Indonesia akan mengumpulkan 4 pesawat tempur," bebernya.

Sebenarnya langkah Indonesia membeli Rafale, KF-21 Boramae dan F-15 Eagle II untuk menghindari ancaman embargo dari salah satu negara, sedangkan China sudah mampu memproduksi semua senjata militer yang dibutuhkan dalam negerinya sendiri.*

S: Pikiran Rakyat



Name

Berita,22584,H,151,HUMOR,7,Internasional,387,Kesehatan,29,Nasional,22217,News,1357,OPINI,80,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: China Kebingungan Menebak Langkah Militer Indonesia Karena Memborong F-15 Eagle II, Rafale dan KF-21 Boramae
China Kebingungan Menebak Langkah Militer Indonesia Karena Memborong F-15 Eagle II, Rafale dan KF-21 Boramae
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiY_vItcBbydcBy6ARj9-qrH2IX2GdZxpStH81HeSvPBO4p_JS78wL6SQDxtLuRPnj8cVfJMmD5EcWRGZrFyXpWgLddEA1GTAv2UNBS-lyvvp4b0f8WL-h8GUSpDpIrxzDAAAO8oauhpcnn4oY1w8njdc0Jp6QjSehnDMf7PMJsemI6QeDVWLHV3hZQ=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiY_vItcBbydcBy6ARj9-qrH2IX2GdZxpStH81HeSvPBO4p_JS78wL6SQDxtLuRPnj8cVfJMmD5EcWRGZrFyXpWgLddEA1GTAv2UNBS-lyvvp4b0f8WL-h8GUSpDpIrxzDAAAO8oauhpcnn4oY1w8njdc0Jp6QjSehnDMf7PMJsemI6QeDVWLHV3hZQ=s72-w640-c-h426
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/china-kebingungan-menebak-langkah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/china-kebingungan-menebak-langkah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy