$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bikin Gebrakan Usai Dilantik Oleh Presiden Jokowi, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi : Saya Bukan Menteri Agama Islam

INDONESIAKININEWS.COM -  Menteri Agama Fachrul Razi bicara masa remajanya yang dibesarkan di wilayah yang ajaran Islam-nya ketat.  Nam...



INDONESIAKININEWS.COM - Menteri Agama Fachrul Razi bicara masa remajanya yang dibesarkan di wilayah yang ajaran Islam-nya ketat. 

Namun, dia menegaskan, jabatan menteri agama yang diembannya saat ini tidak hanya untuk agama tertentu.

"Kita harus sepakat bahwa teman-teman, Pak Fachrul menteri agama ya, iya tapi saya bukan Menteri Agama Islam, saya Menteri Agama Republik Indonesia. Di dalamnya ada agama-agama lain. Tapi kalau di dalamnya saya gunakan pendekatan Islam wajar-wajar saja karena memang Islam adalah agama yang dipeluk oleh mayoritas," ujar Fachrul Razi di Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Dia lalu menjelaskan dirinya bukan lulusan pondok pesantren maupun sekolah agama. 

Namun, wilayahnya yang ketat dengan agama Islam, membentuk pribadinya sebagai sosok yang disiplin. 

Apalagi setelah masuk akademi militer, Fachrul tergabung dalam kelompok yang membina taruna Islam.

"Saya dibesarkan dalam sebuah wilayah yang memang Islamnya sangat ketat sehingga dididik orang tua dengan cara yang sangat ketat juga. Dan kemudian setelah masuk ke Akademi Militer saya tergabung dalam istilahnya itu adalah kelompok taruna yang tugas membina taruna-taruna Islam lainnya agar menjadi lebih baik," ujarnya.

Diketahui, Fachrul lahir dan besar di Banda Aceh. Saat masih aktif di militer, Fachrul mengaku sering mengajarkan sejumlah ilmu agama Islam kepada tentara lainya. Salah satunya dengan mengajarkan membaca Alquran.

"Yang nggak bisa baca Alquran, kami ajarkan baca Alquran. Dulu masih banyak mungkin hampir setengahnya taruna itu tidak bisa baca Alquran pada saat era dulu. Kami kumpulkan dan kami ajarkan dan tentu saja kalau saya mengajarkannya tingkat-tingkat yang sangat bawah," ujar Fachrul.

Selain itu, Fachrul juga aktif mendakwahkan Islam. Setelah tamat akademi militer ia rutin memberikan khotbah di masjid-masjid.

"Setelah tamat akademi saya berlanjut dengan teman-teman mantan Pembina masjid di akademi itu lanjut untuk berdakwah. Jangkauan kami tidak jauh yaitu dalam pembinaan teritorial. Dimanapun saya berada saat itu pasti saya sudah punya jadwal khotbah di masjid-masjid, meskipun pembahasan ayat-ayat saya tidak banyak," ujar Fachrul.

Fachrul bertanya-tanya ketika ia dipanggil Jokowi ke Istana. Sebab, dia mendengar kabar kalau dirinya ditunjuk sebagai Menko Polhukam.

"Mungkin kalau saya mencoba menggali apa yang ada di pikiran Pak Jokowi, walaupun saya bertanya-tanya, meskipun tadinya isu yang saya dengar pak Fachrul akan diangkat menjadi Menko Polhukam, pengganti Pak Wiranto. Itu isu yang saya dengar. Tiba-tiba jadi Menteri Agama. Saya coba pikir-pikir, kenapa ya? Apa ya yang ada di pikiran Pak Jokowi. Ya itu, pak Fachrul ini orang yang suka ceramah, suka khotbah, suka pidato, dan di mana mana bicara tentang menangkal radikalisme. Bicara mengajak Islam yang damai. Cocok lah ini," ujarnya.

S: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bikin Gebrakan Usai Dilantik Oleh Presiden Jokowi, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi : Saya Bukan Menteri Agama Islam
Bikin Gebrakan Usai Dilantik Oleh Presiden Jokowi, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi : Saya Bukan Menteri Agama Islam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjuv7dOJ3-yArk-1-b4eddBoeUI1MTsBBmvRogz8nWLsYNDNKKspTkdo0kNC1CpYRiQ_jHdJuZ9Bkw8wbnzx6B7b9qwjNjO3e1SuHSUWBNZY-dp9zXQdwIWdUwON1kguDLMNBr46yLHhU/s640/9cc7110e-1bfb-4e1e-8d45-56e9cd5e0dcf.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjuv7dOJ3-yArk-1-b4eddBoeUI1MTsBBmvRogz8nWLsYNDNKKspTkdo0kNC1CpYRiQ_jHdJuZ9Bkw8wbnzx6B7b9qwjNjO3e1SuHSUWBNZY-dp9zXQdwIWdUwON1kguDLMNBr46yLHhU/s72-c/9cc7110e-1bfb-4e1e-8d45-56e9cd5e0dcf.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/10/bikin-gebrakan-usai-dilantik-oleh.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/10/bikin-gebrakan-usai-dilantik-oleh.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy