$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Kelewat Batas, OPM Kelompok Lekagak Telenggen dan Joni Botak Bakar Gereja di Opitawak Mimika

Gereja Kemah Injil Indonesia, Klasis Mimika, Jemaat Sinai di Opitawak, Tembagapura, Mimika, Papua. Foto/Ist INDONESIAKININEWS.COM -  Ke...

Gereja Kemah Injil Indonesia, Klasis Mimika, Jemaat Sinai di Opitawak, Tembagapura, Mimika, Papua. Foto/Ist

INDONESIAKININEWS.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Distrik Tembagapura kembali membuat onar dengan membakar Gereja Kemah Injil Indonesia, Klasis Mimika, Jemaat Sinai di Kawasan Opitawak, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua.

Aksi kekerasan itu diduga dilakukan Kelompok Lekagak Telenggen dan Joni Botak pada Kamis, 12 Maret 2020.

Dugaan itu dikuatkan dengan foto yang menampakkan bangunan gereja yang menyisakan rangka atap terbakar dengan seseorang memakai kalung noken motif merah-biru

Kapolsek Temabagapura AKP Hermanto bahwa, kelompok Lekagak dan OPM lainnya mengalihfungsikan tempat ibadah tersebut menjadi pos untuk bersembunyi dari kejaran TNI/Polri.

“Gereja tersebut sebelumya ramai oleh masyarakat di Kampung Opitawak dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan ibadah, tapi sudah beberapa pekan belakangan semenjak KKB (OPM) menebar terror di wilayah tersebut, masyarakat akhirnya harus mengalah,” ujar Kapolsek.

Ulah OPM tersebut diduga karena tidak memiliki tempat untuk bersinggah, sehingga mereka mengancam masyarakat di sekitar untuk dapat menjadikan gereja sebagai markasnya.

Hal itulah, lanjut Kapolsek, yang mendasari masyarakat di Distrik Tembagapura (di antaranya kampung Opitawak) mengamankan diri dari berbagai penindasan yang dilakukan OPM.

Kabid Humas Polda Papua KBP AM Kamal menandaskan, saat ini TNI/Polri di Distrik Tembagapura terus melakukan pengejaran dalam upaya menegakkan hukum terhadap kelompok KKB yang telah meresahkan masyarakat.

Sebelumnya pada 15 Maret 2020, 4 orang anggota OPM tewas setelah terjadi baku tembak dengan TNI/Polri. Dari hasil peristiwa tersebut, telah diamankan 3 pucuk senjata api jenis AK 47, AR 15, dan Thompson.

"Anggota kami akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata yang meresahkan warga. Pascakejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa aksi pembakaran ini bukan pertama kalinya dilakuan oleh kelompok OPM. Sebelumnya pada 6 Februari 2020 lalu bahwa kelompok OPM juga membakar alat-alat berat dan rumah milik pendeta di Titiga dan Dugusiga, Kabupaten Intan Jaya.

S: sindonews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kelewat Batas, OPM Kelompok Lekagak Telenggen dan Joni Botak Bakar Gereja di Opitawak Mimika
Kelewat Batas, OPM Kelompok Lekagak Telenggen dan Joni Botak Bakar Gereja di Opitawak Mimika
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_kKY_9MDrgIiSBD1pmiAJvjOh_2caew_JVBKFtR27Bl213I9VNbpXA2eOaGTD7My0uqaxo-7ouA6-GPe-O7UVW2zrLnwkbdNcnCpVpeESIOmPTAxTAMOKPF09D68OfETSMqC705H2S2g/s640/opm-kelompok-lekagek-dan-joni-brutal-bakar-gereja-di-opitawak-mimika-Yb5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_kKY_9MDrgIiSBD1pmiAJvjOh_2caew_JVBKFtR27Bl213I9VNbpXA2eOaGTD7My0uqaxo-7ouA6-GPe-O7UVW2zrLnwkbdNcnCpVpeESIOmPTAxTAMOKPF09D68OfETSMqC705H2S2g/s72-c/opm-kelompok-lekagek-dan-joni-brutal-bakar-gereja-di-opitawak-mimika-Yb5.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/03/kelewat-batas-opm-kelompok-lekagak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/03/kelewat-batas-opm-kelompok-lekagak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy