$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Cek Fakta: Benarkah Banser Kirimkan Pasukan untuk Menenggelamkan Kapal Tiongkok? Ini Faktanya

foto: kabar24 INDONESIAKININEWS.COM - Seorang pengguna Facebook Putra Inka mengunggah tangkapan layar dari salah satu pemberitaan nasio...

foto: kabar24

INDONESIAKININEWS.COM - Seorang pengguna Facebook Putra Inka mengunggah tangkapan layar dari salah satu pemberitaan nasional yang menyebutkan nama Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Bahkan, unggahan tersebut dilengkapi dengan foto dari Ketua Umum GP Ansor tersebut. Secara detail, unggahan pengguna Facebook itu melampirkan dua narasi yang bernadakan sama.

Dalam narasi pertama yang tersemat dalam foto, disebutkan GP Ansor akan segera mengirimkan pasukan untuk menenggelamkan kapal Tiongkok yang membuang jenazah ABK ke lautan lepas, meskipun hanya bersenjatakan pelepah pisang.

Baca Juga: Peringati Hari Doa Sedunia di Tengah Pandemi Corona, Menag RI: Mari Mengetuk Pintu Langit Lewat Doa

Narasi yang diunggah itu berbunyi sebagai berikut:

“Ayo.. kirim pasukan… tenggelamkan! GP Ansor Kutuk Kapal China Pembuang ABK Meninggal ke laut: Ini Tindakan… Kami akan kirim Angkatan laut banser Walaupun dngn senjata pelepah pisang,” demikian bunyi narasi yang tersemat dalam foto tersebut.

Sedangkan, narasi kedua merupakan tulisan pengguna Facebook itu, disebutkan komentar cemooh yang merasa itu hanya politik retorika dari Banser karena belum mendapat THR dan narasi lantang yang diklaim dari Banser itu akan berubah usai mendapat THR.

Adapun narasi lengkap buatannya dapat terlihat sebagai berikut:

“Anekdot Politik Retorika Sebelum Dapat THR, Bersuara Lantang… Akankah Setelah THR Cair Akan Kembali Bersuara Lantang ? “GP ANSOR MENGUTUK DI BUANGNYA JENAZAH ABK WNI OLEH KAPAL CHINA” Klau Sy Cm Tertawa kalau Pemirsa ??? Cukup Kalian Yang Menilai,” demikian bunyi tulisan yang beredar pada Senin, 11 Mei 2020.

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs Turn Back Hoax, diketahui tangkapan layar yang disebarkan pengguna Facebook itu berbeda dari fakta yang sebenarnya.

Melansir dari salah satu pemberitaan nasional, diketahui judul asli dalam artikel yang termuat pada Kamis, 7 Mei 2020.

Kemudian, apabila artikel itu dibandingkan dengan artikel lain yang berasal dari beberapa media daring, diketahui isinya berasal dari pernyataan yang dibagikan oleh Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam arti lain, artikel asli tidak ada menyebutkan kalimat yang berbunyi 'GP Ansor akan mengirim pasukan Angkatan Laut Banser walaupun bersenjatakan pelepah pisang' seperti yang diklaim akun Facebook Putra Inka.

Adapun Banser atau Barisan Ansor Serbaguna adalah organisasi semiotonom dari GP Ansor. Saat ini Banser telah memiliki beberapa satuan khusus, di antaranya Densus 99 Asmaul Husna, Banser Tanggap Bencana (Bagana).

Lalu, Banser Relawan Kebakaran (Balakar), Banser Relawan Lalulintas (Balantas), Banser Kesehatan (Banser Husada), Banser Maritim (Baritim), dan Banser Protokoler.

Dengan demikian, narasi yang disebutkan dalam unggahan pengguna Facebook itu terbukti palsu. Untuk itu, unggahan akun Facebook itu termasuk dalam kategori Konten Manipulasi atau Manipulated Content.

Sumber: pikiranrakyat


Name

Berita,7931,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7829,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Cek Fakta: Benarkah Banser Kirimkan Pasukan untuk Menenggelamkan Kapal Tiongkok? Ini Faktanya
Cek Fakta: Benarkah Banser Kirimkan Pasukan untuk Menenggelamkan Kapal Tiongkok? Ini Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-a6FjrTJ0P9c/Xr1spD_OHqI/AAAAAAAAB7s/eFLQtM5AdkwdeAVxVE5MZ9PN1ViKfXSRwCLcBGAsYHQ/s640/images%2B%252849%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-a6FjrTJ0P9c/Xr1spD_OHqI/AAAAAAAAB7s/eFLQtM5AdkwdeAVxVE5MZ9PN1ViKfXSRwCLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252849%2529.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/cek-fakta-benarkah-banser-kirimkan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/cek-fakta-benarkah-banser-kirimkan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy