$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Pegiat Politik Sebut Ada Agenda Terselubung di Balik Deklarasi KAMI

INDONESIAKININEWS.COM -  Pegiat politik Komite Muda Nusantara (KMN), Erik Pituah Hapedrik menyebut Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAM...

Dukung Gerakan KAMI, Tokoh Masyarakat Sumut: Ini Perjuangan ...

INDONESIAKININEWS.COM - 
Pegiat politik Komite Muda Nusantara (KMN), Erik Pituah Hapedrik menyebut Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang diinisiasi oleh Din Syamsuddin bersama sejumlah tokoh nasional, bukan murni koalisi gerakan moral sebagaimana digaungkan.

Erik menilai, ada agenda terselubung yang perlu ditelisik lebih jauh dari gerakan tersebut.

"Nggak ada yang baru di dalam politik. Kita perlu cari tahu jenis kelamin, arah dan tujuan politik koalisi mereka," ujar Erik dalam webinar berjudul "Di Tengah Pandemi Covid-19 Muncul Barisan Oposisi" pada hari Jumat (14/8/2020) malam.

Menurut Erik, wacana yang dibangun oleh KAMI bukan tiba-tiba muncul, tapi sudah dikonsolidasikan dan dikondisikan untuk menggiring perspektif publik demi kepentingan tertentu.

Oleh karena itu, kata Erik tidak mungkin gerakan tersebut netral atau begitu saja muncul.

“Wacana tidak berdiri sendiri, mengandung ideologi pada kekuasaan tertentu. Saya lihat KAMI sesuatu yang berjenis kelamin bukan sesuatu yang netral,” ungkapnya.

Cara membaca arah politik KAMI, menurut Erik adalah dengan melihat dari subyeknya, dimana para deklarator KAMI adalah kelompok yang menjadi korban kontestasi politik Pilpres 2019 karena tak berhasil merebut kemenangan dari kubu Joko Widodo.

"Subyeknya koalisi ini ada Rocky Gerung dan tokoh-tokoh lainnya. Berdasarkan penelusuran di media juga bahwa orang-orang tersebut adalah orang-orang lama yang melekat sebagai korban kontestasi pemilu 2019," jelasnya.

Adapun tokoh-tokoh KAMI yang dikenal masyarakat terdiri dari petinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Muchsin Alatas, ekonom Ichsanuddin Noorsy, eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, staf Rizal Ramli yakni Adhie Massardie, eks Komisaris Utama Pelindo I Refly Harun, eks Menteri Kehutanan MS Kaban.

Kemudian, Mohammad Said Didu, Marwan Batubara, Syahganda Nainggolan, Hatta Taliwang, Rocky Gerung, dan Khusnul Komariah.

Dikatakan Erik, jika dilihat nama-nama tersebut dan konten narasi yang dibangun oleh mereka, maka gerakan KAMI hanya mengandalkan unsur pesimistik.

"KAMI yang kedepankan narasi pesimistik, jelas mereka barisan sakit hati. Bercandaan saya, ini barisan nasi yang udah jadi bubur dan bagaimana agar bubur ini bisa dijual dan laku," terangnya.

Masih soal narasi, Erik juga menyebut bahwa KAMI menggunakan diksi untuk menembak kursi kekuasaan, dimana deklaratornya yakni Din Syamsuddin menyebut bahwa Indonesia bak kapal yang akan karam.

Pemilihan diksi dinilai Erik sebagai materi untuk melihat apa sebenarnya arah tujuan dari koalisi tersebut.

"Kata Din Syamsuddin katakan koalisi ini bukan politik, tapi kita lihat pra deklarasinya adalah Indonesia bak kapal yang goyah dan hampir karam. Kenapa bukan (pakai diksi) ada badai besar yang bikin kapal goyah, ini narasi yang digunakan penting kita cermati," imbuhnya.

S. Akurat 


Name

Berita,8531,HUMOR,5,Internasional,151,Kesehatan,1,Nasional,8419,News,66,OPINI,73,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Pegiat Politik Sebut Ada Agenda Terselubung di Balik Deklarasi KAMI
Pegiat Politik Sebut Ada Agenda Terselubung di Balik Deklarasi KAMI
https://1.bp.blogspot.com/-chhu6sQy2YY/XzSx79_q5zI/AAAAAAABiZA/Y0q5k1qabP4DRWZtzHXP8O5IowkHMDQKACLcBGAsYHQ/s640/367281_10134013082020_KAMI_Sumut_repro.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-chhu6sQy2YY/XzSx79_q5zI/AAAAAAABiZA/Y0q5k1qabP4DRWZtzHXP8O5IowkHMDQKACLcBGAsYHQ/s72-c/367281_10134013082020_KAMI_Sumut_repro.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/pegiat-politik-sebut-ada-agenda.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/pegiat-politik-sebut-ada-agenda.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy