$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Keluarga Arteria Dahlan Melawan & Bantah Soal 'Cucu' dari Pendiri PKI Sumbar

INDONESIAKININEWS.COM -  Keluarga politisi PDI Perjuangan Ateria Dahlan membantah pernyataan tokoh pers Sumatera Barat Hasril Chaniago. Tida...




INDONESIAKININEWS.COM - 
Keluarga politisi PDI Perjuangan Ateria Dahlan membantah pernyataan tokoh pers Sumatera Barat Hasril Chaniago.

Tidak benar bahwa kakek Arteria Dahlan adalah tokoh dan pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat. 

Mamak atau Oom Arteria Dahlan yang juga seorang guru besar di Universitas Andalas yang langsung menyampaikan bantahan bahwa kakek Arteria Dahlan tokoh PKI.

Bahkan Prof.Dr. rer.nat.Auzal Halim,Apt. Dt. Bagindo Sati, adik ibu Arteria, langsung membeberkan silsilah Ateria Dahlan.

Penjelasan Prof Auzal Halim terkait Silsilah Ateria Dahlan

Seperti dikutip dari sumbar.siberindo.co, paparan wartawan senior Hasril Chaniago di ILC TV ONE Selasa malam berujung bantahan keluarga besar Arteria Dahlan.

Arteria Dahlan anggota DPR-RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Penjelasan ini disampaikan adik ibu Arteria Dahlan, Prof.Dr. rer.nat.Auzal Halim,Apt. Dt. Bagindo Sati, Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Padang.

Penjelasan yang bersifat bantahan ini diberikan sehubungan dengan  penjelasan wartawan senior Hasril Chaniago, dalam diskusi yang membahas soal pernyataan Puan Maharani.

Pernyataan Puan Maharani pada 2 September 2020 sempat menghebohkan dunia maya dalam minggu ini karena berharap Sumbar mendukung negara Pancasila.

ILC Tv One kemudian mengupas pro kontra pernyataan itu dengan mengangkat dalam talk show bertajuk Benarkah Sumbar belum Pancasilais?

Menurut Hasril Chaniago, kakek Arteria Dahlan yang bernama Bachtarudin adalah tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ikut mendirikan partai PKI di Sumatera Barat.

Namun menurut Prof. Auzal Halim, tidak benar Arteria Dahlan mempunyai kakek bernama Bachtarudin.

Menurut Auzul Halim, kakek Arteria Dahlan dari pihak ibu bernama H. Wahab Syarif, seorang pedagang textile di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Neneknya bernama Hj Lamsiar, ibu rumah tangga, dan melahirkan tujuah orang anak, dan salah satunya adalah ibu Arteria Dahlan bernama Hj Wasniar.

Hj Wasniar adalah guru sekolah dasar perguruan Cikini dan kemudian menjadi guru tataboga di SMKN 30 Pakubuwono, Jakarta Selatan.

Sedangkan kakek Arteria Dahlan dari pihak bapak, bernama H. Ahmad Dahlan bin H. Ali, seorang pedagang di Sumatera Barat, dan istrinya bernama Hj. Dahniar Yahya.

Hj. Dahniar Yahya, yang biasa dipanggil Ibu Nian adalah seorang guru mengaji di Kukuban, Maninjau, dan adalah tokoh Masyumi.

Menurut Auzul Halim, Hj. Dahniar Dahlan pernah ditahan oleh pemerintah Soekarno karena terlibat dengan pemberontakan PRRI.

“Jadi tidak benar kakek Arteria Dahlan, adalah tokoh yang mendirikan Partai PKI, karena tidak ada kakeknya yang bernama Bachtaruddin, seperti yang disebutkan Hasril Chaniago,” ungkap Auzul Halim melalui keterangan tertulis yang kami kutip dari BentengSumbar.com, Rabu, 9 September 2020. (zln)

S. Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Keluarga Arteria Dahlan Melawan & Bantah Soal 'Cucu' dari Pendiri PKI Sumbar
Keluarga Arteria Dahlan Melawan & Bantah Soal 'Cucu' dari Pendiri PKI Sumbar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0SUoMsUqz8PAkFkTKHtT0XKsChbPDGbczzvY45e3tWLmHUFyo46JHogvolhl-yWJ9i5yB0Rj3GaPrqVOEY6i3mx2psuU-LG337Lzs0YrOHEphal0qbZbKI1DV8-i4eY7eRrg6BfX-63o/w625-h351/879392_720.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0SUoMsUqz8PAkFkTKHtT0XKsChbPDGbczzvY45e3tWLmHUFyo46JHogvolhl-yWJ9i5yB0Rj3GaPrqVOEY6i3mx2psuU-LG337Lzs0YrOHEphal0qbZbKI1DV8-i4eY7eRrg6BfX-63o/s72-w625-c-h351/879392_720.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/keluarga-arteria-dahlan-melawan-bantah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/09/keluarga-arteria-dahlan-melawan-bantah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy