$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Moeldoko & Ganjar Siap Tindak Rumah Sakit Nakal : Jangan Sampai Semua Kematian itu Selalu Dikatakan Akibat Covid-19

INDONESIAKININEWS.COM -  Isu tentang kenakalan rumah sakit terhadap pasien selama pandemi Covid-19 mencuat saat Kepala Kantor Staff Presiden...




INDONESIAKININEWS.COM - 
Isu tentang kenakalan rumah sakit terhadap pasien selama pandemi Covid-19 mencuat saat Kepala Kantor Staff Presiden (KSP), Moeldoko bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di kantor Pemprov Jateng, Kamis (1/10/2020). 

Moeldoko menilai, harus ada tindakan serius agar isu yang menimbulkan keresahan pada masyarakat ini segera tertangani.

Awalnya, Moeldoko datang menemui Ganjar untuk membahas sejumlah hal terkait penanganan Covid-19. 

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan isu rumah sakit memberi status Covid-19 semua pasien yang meninggal untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah sudah menggema di masyarakat.

"Tadi saya diskusi banyak dengan pak gubernur, salah satunya adalah tentang definisi ulang kasus kematian selama pandemi. Definisi ini harus kita lihat kembali, jangan sampai semua kematian itu selalu dikatakan akibat Covid-19," kata Moeldoko.

Sebab sudah banyak terjadi, orang sakit biasa atau mengalami kecelakaan, didefinisikan meninggal karena Covid-19. 

Padahal sebenarnya, hasil tesnya negatif.

"Ini perlu diluruskan, agar jangan sampai ini menguntungkan pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan dari definisi itu," katanya.

Hal itu disambut baik oleh Ganjar. Politisi PDIP itu membenarkan, bahwa isu itu sudah menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Bahkan, kejadian itu sudah pernah terjadi di Jawa Tengah.

"Tadi pak Moeldoko tanya, itu bagaimana ya banyak asumsi muncul semua yang meninggal di rumah sakit dicovidkan. Ini sudah terjadi di Jawa Tengah, ada orang diperkirakan Covid terus meninggal, padahal hasil tes belum keluar. Setelah hasilnya keluar, ternyata negatif. Ini kan kasihan, ini contoh-contoh agar kita bisa memperbaiki hal ini," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Ganjar menegaskan sudah menggelar rapat dengan jajaran rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Tengah dan pihak terkait. Dari rapat itu diputuskan, untuk menentukan atau mengekspos data kematian, mereka yang meninggal harus terverifikasi.

"Seluruh rumah sakit dimana ada pasien meninggal, maka otoritas dokter harus memberikan catatan meninggal karena apa. Catatan itu harus diberikan kepada kami, untuk kami verifikasi dan memberikan statemen ke luar," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan pendataan pasien covid-19 kematian memang berbeda seperti orang sakit berat memang sudah sulit ditolong. Ketika dilakukan pemeriksaan meninggal.

Pihaknya mengkategorikan kematian covid-19 dalam dua jenis. Yaitu date cost covid atau kematian akibat covid-19 dan yang kedua yakni date with covid atau kematian disertai covid-19.

“Misalnya ada pasien stroke berat yang memang sulit ditolong, lalu kita lakukan pemeriksaan ternyata positif meninggal, tapi ada covid. Gampangnya itu death with covid. Nah, sekarang di Jateng itu entah kematian karena covid atau dengan covid kita masukan semua sebagai kematian covid dan lakukan pemakaman seperti covid,” kata Yulianto Prabowo. 

S :merdeka.com / suara.Com


Name

Berita,8617,HUMOR,5,Internasional,151,Kesehatan,1,Nasional,8505,News,66,OPINI,74,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Moeldoko & Ganjar Siap Tindak Rumah Sakit Nakal : Jangan Sampai Semua Kematian itu Selalu Dikatakan Akibat Covid-19
Moeldoko & Ganjar Siap Tindak Rumah Sakit Nakal : Jangan Sampai Semua Kematian itu Selalu Dikatakan Akibat Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-XkSNMr2TbIM/X3b7pdC5EbI/AAAAAAAAf0E/cpXGQcFdyl86QXNPD2Y6wkAhmFGHqifGgCLcBGAsYHQ/w640-h400/moeldoko_bertemu_dengan_ganjar-1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XkSNMr2TbIM/X3b7pdC5EbI/AAAAAAAAf0E/cpXGQcFdyl86QXNPD2Y6wkAhmFGHqifGgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h400/moeldoko_bertemu_dengan_ganjar-1.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/moeldoko-ganjar-geram-akan-tindak-rumah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/10/moeldoko-ganjar-geram-akan-tindak-rumah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy