$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Beredar Foto Rizieq Shihab Terbaring Sakit Dijenguk Anies Baswedan Ini Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -  Dalam beberapa jam belakangan ini, beredar sebuah foto di media sosial tampak seseorang yang sedang terbaring sakit...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Dalam beberapa jam belakangan ini, beredar sebuah foto di media sosial tampak seseorang yang sedang terbaring sakit dengan baju putih dan jenggot di dagunya.

Foto ini dinarasikan seolah orang terbaring itu adalah Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Dalam foto tersebut tampak dua orang paramedis dengan berpakaian APD lengkap memeriksa pasien tersebut.

Sementara juga tampak sosok pria yang menyerupai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menjenguk pasien tersebut.

Tak hanya sosok mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu saja tampak di dalam foto, juga ada sosok Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif.

Berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com melalui Google Image dan penelusuran di dunia maya, dapat diduga foto ini merupakan foto rekayasa.

Patut diduga foto ini adalah hasil penggabungan dari beberapa foto yang pernah menjadi foto ilustrasi berita media online.

Seperti dalam pemberitaan Kompas.com tertanggal Jumat (13/11/2020), pemberitaan itu menyajikan berita berjudul Pasien Positif Covid-19 Non Komorbid Meninggal, Kasus Pertama di Sukabumi.

Dalam foto itu, editor Kompas.com memasang foto dua paramedis yang sedang memeriksa pasien dengan pakaian APD lengkap selayaknya merawat pasien Covid-19.

Teks foto berita tersebut ditulis dengan kalimat Ilustrasi pasien corona Covid-19 dengan sumber foto dari situs layanan foto illustrasi Shutterstock/Kokbit Chamchod.

Tampilan dua paramedis itu sangat identik dengan foto paramedis yang ada dalam foto yang beredar menampilkan sosok yang mirip Imam Besar Rizieq Shihab yang dinarasikan sedang terbaring sakit.

Tampak gambar segitiga di map yang dipegang dua paramedis itu, sangat identik.

Sementara itu berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com dalam foto yang dinarasikan sebagai foto Rizieq Shihab sakit itu tampak sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, patut diduga merupakan foto olahan diambil dari foto berita Kompas.com.

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu tampak dengan latar belakang dinding rumah sakit yang dilengkapi dengan peralatan di kamar perawatan.

Pemberitaan Kompas.Com tertanggal 11/05/2017 itu berjudul Bagaimana Novel Baswedan Punya Foto Terduga Penyerangnya?.

Dalam foto itu Gubernur DKI Jakarta menggunakan kemeja batik Betawi berwarna putih dengan corak warna biru.

Tampak ia sedang berbincang dengan Novel Baswedan seseorang lainnya di kamar perawatan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, pada Selasa (11/4/2017).

Sementara itu dalam foto yang dinarasikan sebagai foto Rizieq Shihab sakit itu sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditampel dengan dirotasi secara horizontal, sisi kiri menjadi sisi kanan dan sebaliknya.

Berdasarkan penelusuran ini patut diduga kuat, foto yang dinarasikan menggambarkan Rizieq Shihab terbaring sakit dan sedang dijenguk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah foto hasil rekayasa dari beberapa foto lainnya.

Dapat dilihat dari foto yang beredar luas yang menarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menjenguk Habib Rizieq Shihab yang terbaring sakit, tampak kedua foto itu identik dengan terlihat tamilan batik yang dikenakan oleh Anies Baswedan.

S:wartakota


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Beredar Foto Rizieq Shihab Terbaring Sakit Dijenguk Anies Baswedan Ini Faktanya
Beredar Foto Rizieq Shihab Terbaring Sakit Dijenguk Anies Baswedan Ini Faktanya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFM_OdThs50n8FocKjbzBOa65LaQj92gtLzGFf_YFMx4yzvOjIT861ZI1dmwFqd73brPPVVHZqjwbiHqA0pG1amPnWILUbkB74xA2etbl6zpm_lD3uoDmRJ3TUUNbmGnui92BilkRZzN4/w640-h306/IMG_20201125_201302.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFM_OdThs50n8FocKjbzBOa65LaQj92gtLzGFf_YFMx4yzvOjIT861ZI1dmwFqd73brPPVVHZqjwbiHqA0pG1amPnWILUbkB74xA2etbl6zpm_lD3uoDmRJ3TUUNbmGnui92BilkRZzN4/s72-w640-c-h306/IMG_20201125_201302.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/beredar-foto-rizieq-shihab-terbaring.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/11/beredar-foto-rizieq-shihab-terbaring.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy