$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Masyarakat Keluhkan Harus Tunggu 3 Hari untuk Tes Swab di Puskesmas Jakarta

INDONESIAKININEWS.COM -  Masyarakat mengeluhkan pengetesan Covid-19 di salah satu Puskesmas di DKI Jakarta. Masyarakat harus menunggu tiga h...



INDONESIAKININEWS.COM - Masyarakat mengeluhkan pengetesan Covid-19 di salah satu Puskesmas di DKI Jakarta. Masyarakat harus menunggu tiga hari untuk bisa dilakukan tes usap PCR, meskipun sudah memiliki gejala khas terinfeksi virus SARS CoV 2 tersebut.

Salah seorang warga Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Hermawan Ramadhan di Jakarta, Sabtu (30/1), mengatakan bahwa dia dan istrinya hanya dilakukan skrining dasar terkait gejala Covid-19. Ia juga berkonsultasi dengan dokter, namun tanpa dites usap PCR maupun tes cepat Covid-19.

Hermawan bersama istrinya datang ke Puskesmas Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu pagi karena merasa sudah memiliki gejala Covid-19. Dia mengatakan istrinya yang sedang hamil trimester pertama sudah mengalami anosmia atau kehilangan indra penciuman maupun indra pengecapnya, batuk kering, pilek, dan sakit tenggorokan yang dirasakan sejak beberapa hari lalu.

Namun, dokter di Puskesmas Kecamatan Cipayung menyarankan untuk kembali ke rumah dengan dibekali beberapa obat dan vitamin. Dokter memintanya untuk kembali lagi ke Puskesmas dalam waktu tiga hari untuk melakukan tes PCR apabila gejala tersebut tak kunjung membaik.

"Tidak dites Covid-19, dokter bilang kembali lagi tiga hari untuk tes usap PCR kalau gejalanya tidak membaik. Ditanya hasilnya bisa keluar kapan, dijawab sekitar tiga sampai enam hari, lama banget," kata Hermawan.

Hermawan mengatakan saat ini dirinya mempertimbangkan untuk melakukan tes Covid-19 secara mandiri dengan mengeluarkan biaya sendiri. Demi bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Berdasarkan prosedur pemeriksaan cepat Covid-19 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, terdapat dua pencarian pemeriksaan cepat Covid-19 di masyarakat, yaitu pencarian aktif Puskesmas ke masyarakat maupun pencarian pasif Puskesmas dan RS.

Pada prosedur pencarian pasif Puskesmas dan RS disebutkan masyarakat yang datang ke fasilitas kesehatan akan ditentukan kriterianya oleh petugas, apakah termasuk kategori kontak erat risiko rendah, kontak erat risiko tinggi, atau orang dalam pemantauan, sebelum dilakukan pemeriksaan cepat Covid-19.

Jika termasuk dalam kriteria tersebut, pasien akan dirujuk ke laboratorium untuk pemeriksaan tes cepat dan dilakukan pencatatan.


s: wartaekonomi.co.id


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Masyarakat Keluhkan Harus Tunggu 3 Hari untuk Tes Swab di Puskesmas Jakarta
Masyarakat Keluhkan Harus Tunggu 3 Hari untuk Tes Swab di Puskesmas Jakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIAigOQ1gANBtBQ5OKnM6pI5b2DwQcxGHRw9qRSmmewUWMA8qjoQvzcJyJr_qXCF7TAr1DmhC5nJrHZboVSIKaMhowUx_nBTQhwL0EcFQ4z9z7gSd_SDybvl1zOsy222On1nP-EUI2LvMS/w640-h368/swab_test_095623_big.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIAigOQ1gANBtBQ5OKnM6pI5b2DwQcxGHRw9qRSmmewUWMA8qjoQvzcJyJr_qXCF7TAr1DmhC5nJrHZboVSIKaMhowUx_nBTQhwL0EcFQ4z9z7gSd_SDybvl1zOsy222On1nP-EUI2LvMS/s72-w640-c-h368/swab_test_095623_big.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/masyarakat-keluhkan-harus-tunggu-3-hari.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/01/masyarakat-keluhkan-harus-tunggu-3-hari.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy