$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Akhirnya Rizieq Minta Maaf ke Saksi, Penghulu Mengku Ketakutan Nikahkan Putri Imam Besar FPI

INDONESIAKININEWS.COM -  Akhirnya Habib Rizieq Shihab minta maaf ke saksi, penghulu mengku ketakutan nikahkan putri eks Imam Besar eks FPI. ...



INDONESIAKININEWS.COM - Akhirnya Habib Rizieq Shihab minta maaf ke saksi, penghulu mengku ketakutan nikahkan putri eks Imam Besar eks FPI.

Sidang kasus pelanggaran protokol kesehatan berupa kerumuman di Petamburan terus bergulir di Pengadilan Negeri jakarta Timur.

Kali ini, Habib Rizieq Shihab justru tak enak hati dengan saksi yang dihadirkan.

Biasanya, eks bos Front Pembela Islam ini kerap berdebat di sidang, baik dengan saksi maupun dengan Jaksa.

Akhirnya Habib Rizieq Minta Maaf ke Saksi, Penghulu Mengku Ketakutan Nikahkan Putri Imam Besar FPI

Eks Pentolan Front Pembela Islam ( FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) menyampaikan permohonan maafnya kepada mantan kepala kantor urusan agama (KUA) Tanah Abang Sukana.

Permohonan maaf itu disampaikan Rizieq dalam sidang lanjutan perkara pelanggaran protokol kesehatan yang menimbulkan kerumunan di Petamburan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Adapun penyebab Rizieq menyampaikan permohonan maaf tersebut karena dirinya merasa tidak enak hati kepada Sukana yang harus turut terlibat dalam perkaranya itu.

Padahal kata Habib Rizieq, Sukana merupakan seseorang yang membantu kelancaran prosesi pernikahan putrinya yang berlangsung pada 14 November 2020 silam.

"Saya mohon maaf karena anda (Sukana) mengurus pernikahan anak saya, anda harus dihadirkan oleh Jaksa sebagai saksi pada hari ini," tuturnya dalam ruang sidang utama PN Jakarta Timur, Senin (26/4/2021).

Tak hanya itu, Rizieq juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Sukana atas kesediaannya menjadi penghulu dalam momen pernikahan tersebut.

"Khusus untuk pak Haji Sukana, saya mengucapkan terima kasih karena telah mempermudah proses pernikahan dari pada anak saya," imbuhnya.

Sebelumnya, mantan Kepala kantor urusan agama (KUA) Tanah Abang Sukana, mengaku takut untuk meninggalkan lokasi pernikahan putri Muhammad Rizieq Shihab (MRS) pada 14 November 2020 di Petamburan.

Padahal saat itu kondisinya dipenuhi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sukana saat dirinya duduk sebagai saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang menimbulkan kerumunan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Mulanya kuasa hukum Rizieq, Azis Yanuar menanyakan terkait alasan Sukana yang tetap bersedia untuk menjadi penghulu dalam pernikahan tersebut.

Padahal dia mengetahui saat itu telah terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

Kata Azis Yanuar dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Sukana memilih tetap berada di lokasi dan tetap melakukan tugasnya sebagai penghulu dikarenakan merasa takut.

"Terdapat pelanggaran prokes saat pernikahan, (penghulu) wajib ditolak.

Kenapa anda tidak tolak?

Di sini( BAP) anda jawabnya takut," tanya Azis kepada Sukana dalam ruang sidang utama PN Jakarta Timur, Senin (26/4/2021).

"Ada rasa dalam hati saya ada rasa takut meninggalkan tempat.

Karena saya melihat suasananya dan massa (yang hadir) banyak," jawab Sukana.

Mendengar jawaban itu Azis lantas melanjutkan pernyataannya dan menanyakan mengenai adanya potensi gangguan yang didapat Sukana saat itu.

Atau bahkan potensi ancaman yang diterima Sukana dari masyarakat yang hadir.

"Apakah massa menakut-nakuti atau mengancam anda?" tanya lagi Azis.

Sukana menjawab bahwa tidak menerima ancaman dari siapapun.

Dirinya mengaku takut meninggalkan lokasi karena di satu posisi harus menjalankan tugasnya sebagai penghulu.

Di posisi lain dirinya tetap harus mematuhi peraturan yang ada.

"Tidak ada (ancaman), di satu sisi surat edaran memang penghulu ketika melihat tidak tercapainya apa yang disarankan (protokol kesehatan) dan permintaan sesuai dengan surat edaran Ditjen itu, memang penghulu diwajibkan untuk meninggalkan tempat," katanya.

"Saya tidak bisa meninggalkan tempat karena memang saya di posisi berdesak-desakkan, dan memang ada rasa takut dari hati sebagai manusia," tukasnya.

Tunjuk-tunjuk Saksi di Sidang Sebelumnya

Rizieq Shihab emosi saat menjalani sidang pemeriksaan saksi kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Kamis (22/4/2021).

Dia terlibat adu mulut dengan Jaksa Penuntut Umum ( JPU) karena merasa giliran bertanya kepada Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin yang diberikan Majelis Hakim kepadanya dipotong anggota JPU.

Awalnya, Rizieq bertanya kepada Arifin yang dihadirkan sebagai saksi dari pihak JPU terkait ada atau tidaknya kasus pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) selain kerumunan di Petamburan.

Setelah Arifin menjawab ada, Rizieq kembali bertanya ada atau tidaknya pelanggaran protokol kesehatan lain yang diusut secara hukum pidana seperti kasus kerumunan warga di Petamburan.

"Di antara pelanggaran Prokes itu ada tidak yang dibawa ke Pengadilan seperti perkara Petamburan," tanya Rizieq kepada Arifin di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (22/4/2021).

Arifin lalu menjawab bahwa setiap pelanggaran protokol kesehatan ditindaklanjuti Satpol PP sesuai Pergub DKI Jakarta, yakni sanksi kerja sosial dan denda administrasi kepada pelanggar.

Tapi Rizieq tampak tidak puas sehingga kembali bertanya kepada Arifin ada atau tidaknya pelanggar protokol kesehatan yang diusut secara hukum pidana sebagaimana dakwaan JPU terhadapnya.

"Berarti semua pelanggaran Prokes yang lain kena sanksi?" tanya Rizieq kepada Arifin.

Mendapati pertanyaan, JPU pun meminta Majelis Hakim yang diketuai Suparman Nyompa untuk membatasi pernyataan Rizieq kepada para saksi karena dinilai menggiring jawaban saksi.

"Izin Majelis kami keberatan terdakwa telah mengarahkan atau menggiring dari saksi," kata seorang anggota JPU.

Namun Rizieq membantah pertanyaan yang diajukan kepada Arifin bersifat menggiring sehingga meminta JPU menjelaskan bagian dianggap menggiring jawaban Arifin sebagai saksi.

"Ini bukan menggiring, ini bertanya. Dimana menggiringnya saya tanya kepada Jaksa?" ujar Rizieq.

Anggota JPU tetap menyatakan bahwa pertanyaan yang diajukan Rizieq tetap bersifat menggiring.

"Ini menggiring. Ini sudah penggiringan," timpal JPU.

Mendengar ucapan JPU Rizieq makin emosi sehingga bangkit dari kursi tempatnya duduk dan menunjuk ke arah JPU yang duduk berhadapan di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Anda mempidanakan Maulid Nabi, itu yang Anda khawatirkan. Anda khawatir, anda ketakutan. Jangan Maulid Nabi anda pidanakan, tidak ada prokes lain yang dipindanakan di Pengadilan. Anda yang sudah mempidanakan Maulid Nabi," kata Rizieq dengan nada tinggi

Tidak hanya Rizieq, sejumlah terdakwa lain dalam kasus kerumunan warga di Petamburan juga tampak ikut emosi dan bangkit dari kursinya sambil ikut marah-marah ke arah anggota JPU.

Janggalnya, satu terdakwa dalam kasus kerumunan Petamburan yang duduk belakang Rizieq tampak mengipasi Rizieq menggunakan map berwarna hijau sebagai upaya menenangkan Rizieq.

Adu mulut ini baru mereda setelah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur dalam perkara Petamburan, Suparman Nyompa berusaha menenangkan kedua kubu.


s: tribunnews.com


Name

Berita,16401,H,17,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,16271,News,265,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Akhirnya Rizieq Minta Maaf ke Saksi, Penghulu Mengku Ketakutan Nikahkan Putri Imam Besar FPI
Akhirnya Rizieq Minta Maaf ke Saksi, Penghulu Mengku Ketakutan Nikahkan Putri Imam Besar FPI
https://1.bp.blogspot.com/-RrOTERmB8ac/YIebXwb_15I/AAAAAAAAKZs/FtSksM8zoIEjEAdY4-coqBwGvHkmarE5QCLcBGAsYHQ/w640-h360/bf5e52290744d0b2914b4af2127fca02.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RrOTERmB8ac/YIebXwb_15I/AAAAAAAAKZs/FtSksM8zoIEjEAdY4-coqBwGvHkmarE5QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/bf5e52290744d0b2914b4af2127fca02.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/akhirnya-rizieq-minta-maaf-ke-saksi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/04/akhirnya-rizieq-minta-maaf-ke-saksi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy