$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Men*mbak M*ti Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKB

INDONESIAKININEWS.COM -  Lesmin Walker Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau lebih dikenal dengan nama Tentar...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Lesmin Walker Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau lebih dikenal dengan nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan seorang rekannya ditembak mati Pasukan TNI-Polri, Kamis (13/5/2021). 

Lesmin ditembak mati setelah terjadi kontak tembak antara KKB pimpinan Lerimayu Telenggen tersebut dengan Pasukan Elit TNI yaitu Satgas Nanggala Kopassus , Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Kontak tembak terjadi saat ketiga tim Pasukan Khusus TNI ini bersama Personel Polri melakukan penyisiran terhadap anggota KKB di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Tempat itu diduga sebagai salah satu persembunyian KKB pimpinan Lerimayu Telenggen tersebut usai berhasil menembak Bharada Komang anggota Satgas Nemangkawi beberapa waktu lalu.

Saat melihat ada segerombolan KKB, tim Nanggala, Pasukan Yonif Raider 500/Sikatan dan Cakra langsung melakukan pengejaran dan kontak tembak tak terhindarkan sehingga dua orang KKB dinyatakan tewas. Melihat dua rekannya tewas KKB pimpinan Lerimayu Telenggen langsung melarikan diri.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo membenarkan bahwa telah terjadi kontak tembak di Kampung Wuloni, Kamis (13/5/2021) sekitar pukul 07.30 WIT. Dan menewaskan dua anggota KKB.

"Betul ada kontak tembak di sekitar Kampung Wuloni, Ilaga. Laporan yang saya dapat sampai saat ini dua orang KKB tewas dan masih diadakan pembersihan," ujar jenderal berbintang dua tersebut kepada MNC Portal Indonesia.

Keberhasilan Pasukan gabungan TNI Polri menembak mati dua anggota KKB ini tak terlepas dari kiprah tiga tim pasukan khusus TNI ini. Ketiga tim tersebut adalah;

1. Satgas Nanggala

3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Menembak Mati Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKBLihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Pasukan Kopassus

Satuan Tugas Nanggala adalah sebutan tim kecil intelijen tempur Kopassus yang dibentuk sejak Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dipimpin Yogie Soewardi Memed yang kala itu berpangkat Brigadir Jenderal TNI. Personel tim ini merupakan prajurit pilihan dari korps baret merah yang selain mempunyai kemampuan 'Komando' juga mumpuni dalam bidang Sandhiyudha (intelijen tempur). Karena anggotanya telah menempuh brevet PARA KOMANDO di Batujajar dan Cilacap.

Tim ini memiliki kemampuan khusus diatas rata rata prajurit Infantri Raider seperti bergerak lebih cepat dalam setiap penguasa medan atau matra baik darat, laut maupun udara; survival, amphibi, lintas udara, mobil udara, pertempuran jarak dekat; pengintaian dan infiltrasi serta kemampuan anti teror.

Sehingga wajar jika tim ini sering dilibatkan dalam awal operasi besar TNI baik di dalam maupun luar negeri.

Namun operasi tim ini tertutup dan tugasnya yang bersifat rahasia sehingga mayoritas dari kegiatan mereka hanya diketahui pimpinan operasi.

Sehingga keberhasilannya pun hanya kerap tersiar dari mulut ke mulut sesama anggota pasukan di lapangan. Namun keberhasilan tim ini diakui di kesatuannya saat mereka selesai melaksanakan tugas operasi.

Dalam operasi TNI membantu Polri di Nduga, Papua tim Nanggala diketahui juga dilibatkan dalam pengawalan proses evakuasi jenazah Serda Handoko prajurit Yonif Raider 755/Yalet yang gugur dalam baku tembak dengan pihak OPM di Distrik Mbua, Nduga, Papua

Tim ini pun yang seringkali memandu pasukan gabungan TNI-Polri dalam melakukan pengejaran terhadap anggota KKB di Papua.

2. Yonif Raider 500/Sikatan

3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Menembak Mati Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKBLihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Ilustrasi Pasukan Para Raider

Dikutip dari laman Wikipedia, Yonif Raider 500/Sikatan adalah sebuah pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dibentuk sejak 30 Oktober 1945. Yonif Raider 500/Sikatan adalah pasukan pemukul Kodam V/Brawijaya yang berkualifikasi Para Raider. Satuan ini terdiri atas Kompi Markas, Kompi Senapan A, B, C, Kompi Bantuan, Tim K-9, dan Tim Gultor yang bermarkas di Jalan Gadjah Mada, Surabaya. Sebagai kekuatan penindak, kekuatan satu batalyon raider (yonif raider) setara tiga kali lipat kekuatan satu batalyon infanteri (yonif) biasa di TNI Angkatan Darat.

Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari Helikopter dan kemampuan anti teror serta keahlian-keahlian khusus lainnya. Keahlian tersebut mereka dapatkan setelah mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Jawa Barat.

Pasukan ini dilatih untuk menguasai tiga kemampuan diantaranya, untuk pertempuran jarak dekat, pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi dan pertempuran berlanjut (panjang).

Salah satu keberhasilan pasukan ini dalam penugasan operasi saat berhasil menembak mati Ishak Daud, Komandan Operasi GAM wilayah Peureulak dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata GAM Komando Pusat Tiro pada 8 September 2004 di Desa Babah Krueng, Sawang, Aceh Utara, Aceh.

3. Satuan Cakra

3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Menembak Mati Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKBLihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.
Foto Pasukan MR 413 Kostrad saat di Distrik Arso Timur, Keerom Papua

Cakra adalah salah satu satuan tempur yang dimiliki Kostrad TNI AD dan selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI. 

Satuan ini juga memiliki kemampuan diatas rata rata prajurit Infanteri biasa. Satuan ini pun sama halnya dengan Satgas Nanggala yang bergerak cepat dan senyap.


S:sindo news


Name

Berita,16321,H,10,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,12,Nasional,16191,News,212,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: 3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Men*mbak M*ti Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKB
3 Tim Pasukan Elit TNI Ini yang Men*mbak M*ti Komandan OPM Lesmin Walker dan Pukul Mundur KKB
https://1.bp.blogspot.com/-9UXltAcPNws/YJ4AqcrXGKI/AAAAAAAALcs/sHPYdNSDZPEQ3BJfOapI60u5-ttZn-ncACLcBGAsYHQ/w640-h406/Screenshot_2021-05-14-11-45-55-24.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9UXltAcPNws/YJ4AqcrXGKI/AAAAAAAALcs/sHPYdNSDZPEQ3BJfOapI60u5-ttZn-ncACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h406/Screenshot_2021-05-14-11-45-55-24.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/3-tim-pasukan-elit-tni-ini-yang-menmbak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/3-tim-pasukan-elit-tni-ini-yang-menmbak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy