$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ditembak Mati Kopassus, Lekagak Telenggen: Komandan Operasi OPM Diincar Saat Lakukan Pengintaian

INDONESIAKININEWS.COM -  Kopassus yang tergabung dalam pasukan TNI dan Polri telah menembak mati komandan operasi OPM pada Kamis (13/5/2021)...



INDONESIAKININEWS.COM - Kopassus yang tergabung dalam pasukan TNI dan Polri telah menembak mati komandan operasi OPM pada Kamis (13/5/2021). Pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen menyebutkan, anggotanya sudah diincar aparat saat lakukan pengintaian.

Dalam kontak senjata antara KKB Papua pimpinan Lerimayu Telenggen, seorang anggota OPM berhasil ditembak mati oleh 3 pasukan khusus TNI, yakni, Satgas Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Satgas Penegakan Hukum Operasi Newangkawi menyebutkan, dua anggota KKB tewas dalam kontak senjata dengan pasukan TNI dan Polri di wilayah Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (13/5/2021).

Berdasarkan pemantauan awal, salah satu dari dua jenazah yang tampak memiliki ciri seperti Lesmin Waker yang merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen.

Namun, saat proses evakuasi, hanya jenazah ajudan pribadinya yang ditemukan. Diduga, Lesmin saat kontak senjata terkena tembakan pasukan TNI-Polri di sekitar Kampung Wuloni yang diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok Lekagak Talenggeng, tapi dibawa kabur anggota KKB lainnya.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, Lesmin Waker adalah salah satu penembak Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang gugur beberapa waktu lalu.

Setelah Satgas Nemangkawi melakukan olah TKP dan identifikasi, Iqbal Alqudusy mengatakan, jenazah anggota KKB yang ditemukan adalah Wendis Enimbo (29), ajudan pribadi dari Lesmin Waker, komandan KKB wilayah pintu angin pimpinan Lekagak Talenggeng.

"Proses evakuasi jenazah dilakukan pada hari Jumat, 14 Mei 2021 Pukul 14.50 WIT, bertempat Distrik Woloni, Kabupaten Puncak oleh Satgas Gakkum dengan pengamanan ketat personel TNI Polri," kata Kombes Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Identifikasi jenazah dilakukan di Puskesmas Ilaga, disaksikan Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia bersama Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf Rofi Irwansyah.

Evakuasi jenazah dan olah TKP dilakukan karena aparat keamanan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan guna kepentingan penyelidikan.

Iqbal menjelaskan, identifikasi dilakukan dengan pengambilan sidik jari jenazah, pernak pernik hiasan yang digunakan, pencocokan wajah, ditambah hasil penyelidikan lapangan dengan mengambil keterangan dari sejumlah pihak yang mengenal korban.

Hasil identifikasi berdasarkan ciri-ciri dan tanda yang melekat pada jenazah antara lain, anting besi di telinga kiri dan kanan, gelang besi di tangan, dan kalung manik-manik plastik.

"Dari keterangan saksi yang dilakukan wawancara bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker bernama Wendis Enimbo yang selalu bersama KKB Lesmin Waker," ujar Kombes Iqbal.

Usai proses identifikasi, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia didampingi Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf. Rofi Irwansyah menyerahkan jenazah ke pihak keluarga diwakili Kepala Kampung Kago.

Penyerahan jenazah juga disaksikan Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak dan beberapa tokoh masyarakat.

"Jenazah salah satu anggota kelompok teroris Lekagak Talenggeng, sekaligus ajudan yang selalu melekat dengan teroris Lesmin Waker, komandan kelompok Pintu Angin Wuloni telah diserahkan oleh Kapolres Puncak dan Dandim Puncak Jaya kepada pihak keluarga," ujar Iqbal.

Setelah anggotanya ditembak mati Kopassus, pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) buka suara.

Kelompok separatis yang sudah dilabeli teroris ini mengakui seorang anggotanya tewas tertembak dalam baku tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (13/5/2021).

Anggota TPNPB OPM atas nama Edis Waker itu dipastikan tewas tertembak melalui pernyataan resmi Lekagak Telenggen yang disebut sebagai penanggungjawab (perang) sekaligus Komandan Operasi Umum TPNPB OPM berpangkat Mayor Jenderal.

“Markas Pusat TPNPB-OPM telah terima laporan dan mengumumkan duka nasional bagi bangsa Papua. Seorang prajurit terbaik telah gugur. Hormat kepada almarhum Edis Waker,” katanya dalam pernyataan yang dirilis Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom, Sabtu (15/5/2021).

Lekagak Telenggen mengatakan, pasukannya terlibat kontak tembak dengan TNI/Polri di sekitar Jalan Raja Kagago-Muara, Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis sekitar pukul 07.25 WIT pagi.

Edis Waker, menurut Lekagak, ketika itu berada di posisi paling depan melakukan pengintaian disusul rekan-rekannya dari belakang. Rupanya, posisi Edis diketahui pasukan TNI/Polri kemudian langsung ditembak.

“Edis Waker dia duluan pantau dan pasukan lain dari belakang. Tetapi ternyata anggota TNI/Polri sudah ambil posisi siaga, maka saat anggota TPNPB atasnama Edis Waker masuk langsung ditembak,” katanya.

Tiga anggota TPNPB lainnya kemudian mundur meninggalkan lokasi usai Edis tertembak, lalu mereka melapor ke Komandan Lapangan Leri Mayu Enumbi.

“Dan setelah mendengar anggota TPNPB tertembak, maka pasukan TPNPB lainnya kembali serang. Serangan dilakukan dari pukul 08:30 sampai pukul 15:15 waktu Papua,” katanya.

Lekagak Telenggen mengklaim seorang anggota TNI tertembak dalam serangan balasan tersebut. Namun, informasi itu belum terkonfirmasi, termasuk oleh otoritas keamanan setempat.

“Komando Lapangan Perang Lery Mayu Murib dan Frengke Telenggen bersama pasukan lainnnya yang telah melakukan serangan ini,” ujar Lekagak, dilansir Sebby Sambom.

Namun, melihat keterangan dari Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, kini ada fakta yang membingungkan. Sebab, Lekagak Telenggen menyebutkan anggotanya yang tewas adalah Edis Waker, sementara Satgas Nemangkawi mengidentifikasi sebagai Wendis Enimbo.


s: grid.id


Name

Berita,16250,H,10,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,12,Nasional,16120,News,179,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ditembak Mati Kopassus, Lekagak Telenggen: Komandan Operasi OPM Diincar Saat Lakukan Pengintaian
Ditembak Mati Kopassus, Lekagak Telenggen: Komandan Operasi OPM Diincar Saat Lakukan Pengintaian
https://1.bp.blogspot.com/-LZogvcC3Gdo/YKDOLiCIkPI/AAAAAAAAK6A/4UUhyM77qVEB4Uy6tv_hVso8MvpFZAvOQCLcBGAsYHQ/w640-h426/a-kkb-4jpg-20210515042941.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LZogvcC3Gdo/YKDOLiCIkPI/AAAAAAAAK6A/4UUhyM77qVEB4Uy6tv_hVso8MvpFZAvOQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/a-kkb-4jpg-20210515042941.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/ditembak-mati-kopassus-lekagak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/ditembak-mati-kopassus-lekagak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy