$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Alom: Papua Sudah Merdeka, Tidak Usah Lagi Bicara Mau Merdeka-Merdeka

INDONESIAKININEWS.COM -  Tokoh masyarakat Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Usai Alom, menegaskan orang Papua sudah merdeka sebagaima...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Tokoh masyarakat Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Usai Alom, menegaskan orang Papua sudah merdeka sebagaimana saudara-saudaranya dari berbagai wilayah Indonesia lainnya.

"Indonesia sudah merdeka selama 75 tahun, jadi tidak usah lagi bicara mau merdeka-merdeka. Mari kita bangun daerah Papua supaya lebih maju, lebih aman, sehingga semua orang bisa bebas mencari nafkah ekonomi, anak-anak bisa sekolah," kata Usai Alom, Sabtu (1 Mei 2021).

Ia mengakui bahwa agar warga masyarakat Kabupaten Puncak bisa melakukan aktivitas dengan bebas tanpa rasa takut maka diperlukan jaminan keamanan dari aparat TNI dan Polri.

Tanpa ada aparat TNI dan Polri, katanya, oknum-oknum tertentu bisa seenaknya menenteng senjata api untuk menakut-nakuti warga, melakukan teror bahkan tindak kekerasan kepada warga.

"Kami tidak mau itu terjadi lagi. Ini negara sudah merdeka. Pemerintah datang untuk membangun supaya masyarakat bisa sejahtera," ujarnya.

Daerah Ilaga dan Kabupaten Puncak pada umumnya, demikian Usai Alom, merupakan daerah keramat dimana tidak boleh siapa pun melakukan perbuatan semena-mena kepada orang lain maupun alam di sekitarnya.

"Dari dulu sampai sekarang nenek moyang kami menganggap daerah Ilaga ini sebagai daerah keramat. Misionaris dari Amerika sudah membawa Injil ke daerah ini. Siapa pun yang tinggal dan datang bertugas di Ilaga, jangan main-main, tapi harus melihat semua orang sebagai saudara," ujarnya.

Usai Alom berharap generasi muda Ilaga dan Kabupaten Puncak pada umumnya harus giat bersekolah, untuk meraih masa depan yang lebih menjanjikan.

Terbentuknya Kabupaten Puncak yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Puncak Jaya sejak 2008, katanya, menjadi jembatan emas bagi seluruh rakyat di wilayah itu untuk bisa maju dan berkembang.

Sejak Jumat (30/4) hingga Senin (3/5), warga Kabupaten Puncak menggelar ritual adat 'bakar batu' sebagai wujud proses perdamaian antara dua kelompok yang sempat bertikai pada 12 tahun silam yaitu kelompok Elvis Tabuni dan kelompok Simon Alom yang bermula dari sengketa Pilkada.

"Secara administrasi pemerintahan persoalan itu sudah selesai. Tapi secara adat harus ada proses perdamaian melalui acara adat bakar batu. Ada 20 kelompok yang terlibat dalam acara ini," ucap-nya menjelaskan.

Menurut Usai Alom, secara umum situasi keamanan di wilayah Ilaga dan Kabupaten Puncak pada umumnya kini sudah semakin kondusif.

"Pemerintah daerah, aparat keamanan dan pihak gereja selalu ada untuk melindungi kami masyarakat. Tidak benar ada pengungsian masyarakat dari Ilaga," ujar Usai Alom dinukil Antara.

S:Netralnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Alom: Papua Sudah Merdeka, Tidak Usah Lagi Bicara Mau Merdeka-Merdeka
Usai Alom: Papua Sudah Merdeka, Tidak Usah Lagi Bicara Mau Merdeka-Merdeka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCYU11diMHlOB71CTifyI0TGQl2GE7jNcutsfPwcdcpC_LJ7sE9Tp4OGAytASqpYltqOLTRHALLlt6vCmopA_HDRMkmN9fAaGBcokIjasNi9RBkmdzbF4RJwZetLnhOh47htP0JpTg20E/w640-h388/Screenshot_2021-05-01-20-48-36-94.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCYU11diMHlOB71CTifyI0TGQl2GE7jNcutsfPwcdcpC_LJ7sE9Tp4OGAytASqpYltqOLTRHALLlt6vCmopA_HDRMkmN9fAaGBcokIjasNi9RBkmdzbF4RJwZetLnhOh47htP0JpTg20E/s72-w640-c-h388/Screenshot_2021-05-01-20-48-36-94.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/usai-alom-papua-sudah-merdeka-tidak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/05/usai-alom-papua-sudah-merdeka-tidak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy