$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Lonjakan Corona, Anggota DPRD Desak Micro Lockdown di Ibu Kota

INDONESIAKININEWS.COM -  Partai NasDem DKI Jakarta tidak setuju dengan lockdown total untuk menangani pandemi Corona di Ibu Kota. NasDem men...



INDONESIAKININEWS.COM - Partai NasDem DKI Jakarta tidak setuju dengan lockdown total untuk menangani pandemi Corona di Ibu Kota. NasDem menyarankan agar Pemprov DKI melakukan micro lockdown di wilayah yang ditemukan kasus Corona.

"Kita masih di dalam posisi micro lockdown ya, kita harus bersikap praktis, terukur, sistematis, jangan sporadis. Kita sudah punya pengalaman, harusnya bisa lebih baik. Jadi kerahkan seluruh kemampuan yang ada dari Pemprov DKI Jakarta. Karena kan sebenarnya testing, 3T, tracing, si situ kita harus kerjakan," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Wibi mengatakan pihaknya tidak setuju jika Jakarta dilakukan lockdown total. Menurut Wibi yang harus ditingkatkan adalah pelacakan kasus.

"Saya kalau kurang setuju kalau kita mengadakan lockdown total DKI Jakarta, itu hanya membuat jadi... kita seakan-akan tidak kerja dari kemarin-kemarin gitu loh. Apa yang kita sudah kerjakan satu tahun setengah ini harusnya bisa lebih satu model yang lebih spesifik ataupun lebih jelas ara ke mana kita mau melacak tracing dari pada virus ini berada," kata dia.

Wibi kemudian menjelaskan teknis micro lockdown itu. Dia mengatakan micro lockdown diterapkan di daerah yang diketahui memiliki kasus Corona.

"Micro lockdown itu bila mana ditemukan ada positif dari tracing kita di lokasi di mana dia berada itu ditutup. Contoh di RT mana, di RW mana, itu ditutup. Nah di situ baru turun pemerintah, Puskesmas di situ, batuan di situ. Nah kita di DPRD DKI Jakarta sudah sering kali berkoordinasi di tingkat RT/RW dan aparat DKI Jakarta terkait dengan micro lockdown," tuturnya.

Lebih lanjut, Wibi meminta kesadaran warga Jakarta untuk menahan diri. Dia berharap warga yang tidak punya keperluan mendesak agar tetap berdiam diri di rumah.

"Kita nggak bisa menyalahkan dari pada masing-masing, ini salah dari kita semualah. Baik ada kelonggaran di situ, ada juga kebijakan dari pada masyarakat itu sendiri, jadi ini akumulatif. Sekarang ini harus jadi kerja semua. Semua itu hentikan aktivitas dulu, aktivitas apapun hentikan dulu. Jangan semua itu serba-serba menunggu aturan, sadarkan diri kita, kehadiran dari pada kesadaran diri kita bahwa kondisi darurat ya stay at home," katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak mengakui bahwa lockdown bukanlah hal yang mudah. Dia mengatakan lockdown berdampak pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

"Soal lockdown bukan soal kebijakan mengunci pergerakan masyarakat, tapi kebijakan itu diikuti oleh pemenuhan kebutuhan sehari-sehari masyarakat. Sangat berat, dampak sosialnya harus dihitung betul," kata Gilbert saat dihubungi terpisah.

Gilbert mengatakan kemampuan masyarakat untuk bertahan saat lockdown bukan hal yang mudah. Dia menyarankan PPKM mikro yang saat ini berlaku agar diketatkan dalam pengawasan.

"Kemampuan masyarakat bertahan dalam suasana lockdown juga bukan hal mudah. Kebutuhan sehari-hari harus dipasok, atau tersedia di tempat tersebut. Tidak semua RW ada pasar atau mini market, lalu keuangan pemerintah juga akan sangat terbebani, padahal dengan pengawasan ketat pembatasan skala mikro belum maksimal, sebaiknya itu saja dulu diterapkan dengan maksimal. Tingkat RW juga dikuatkan, memberi penegasan ke petugas atau ketua RW, RT," katanya.


s: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Lonjakan Corona, Anggota DPRD Desak Micro Lockdown di Ibu Kota
Lonjakan Corona, Anggota DPRD Desak Micro Lockdown di Ibu Kota
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhN_i4fdOQx9dx-ZWF2rZmydIXzrUz2863oKPYWAxR4yoDlN18VbfzXCqPeJwGdpNpxb20vPL5veg4RKVepZwnTbAbnU9b2BWub-R8wD2BsyQuKxAfeI0BKrXMaQ3ei8lJ8mNn56arzMQfe/w640-h360/de27df14dceb65b31f742a3207a2c420.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhN_i4fdOQx9dx-ZWF2rZmydIXzrUz2863oKPYWAxR4yoDlN18VbfzXCqPeJwGdpNpxb20vPL5veg4RKVepZwnTbAbnU9b2BWub-R8wD2BsyQuKxAfeI0BKrXMaQ3ei8lJ8mNn56arzMQfe/s72-w640-c-h360/de27df14dceb65b31f742a3207a2c420.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/lonjakan-corona-anggota-dprd-desak.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/06/lonjakan-corona-anggota-dprd-desak.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy