$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Soal Jokowi Blusukan, Refly Harun: Sebenarnya Presiden Tak Punya Wilayah Lagi

INDONESIAKININEWS.COM -  Aksi blusukan Presiden Joko Widodo membagikan sembako dan obat pada warga Jakarta ramai diperbincangkan, tak terkec...



INDONESIAKININEWS.COM - Aksi blusukan Presiden Joko Widodo membagikan sembako dan obat pada warga Jakarta ramai diperbincangkan, tak terkecuali oleh Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun.

Mengamati fenomena tersebut, meski saat ini Jokowi telah duduk di istana, Refly Harun menilai taraf sang presiden masih sama seperti seorang wali kota.

Pasalnya dikatakan Refly Harun, aksi blusukan lebih cocok dilakukan oleh 'pemegang' kekuasaan wilayah tertentu jika ditinjau dari prinsip otonomi daerah.

"Sebenarnya kelas Jokowi itu adalah wali kota, tapi wali kota yang masuk ke Istana. Kenapa begitu? Karena perilakunya masih seperti seorang wali kota. Kalau kita bicara unit-unit pemerintahan, maka kita bisa mengatakan, ya blusukan itu cocok kalau dia wali kota. Karena tentu dia blusukan di satu area di pemerintahannya," katanya sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Refly Harun, Sabtu, 17 Juli 2021.

Bahkan menurut Refly, sekelas gubernur pun tidak dalam kapasitasnya melakukan aksi blusukan di tengah masyarakat.

Hal ini dikarenakan saat gubernur turun ke 'lapangan', dia pasti akan bertabrakan dengan kepala daerah lainnya, seperti wali kota dan bupati, kecuali jika gubernurnya adalah gubernur DKI Jakarta.

"Gubernur, tergantung, kalau Gubernur DKI yang blusukan mungkin bisa karena satu daerah itu adalah wilayah pemerintahannya," kata Refly Harun.

Halaman:

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi

"Tapi kalau gubernur provinsi lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur misalnya, kalau blusukan pasti akan berimpit dengan kepala daerah lainnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Refly Harun kembali mengingatkan prinsip penting dari pelaksanaan otonomi daerah.

"Jadi ini prinsip yang penting, karena yang memegang wilayah itu ada orangnya, yaitu kepala daerah otonom. Di dalam konteks DKI, wali kotanya bukan kepala daerah otonom karena dia tidak dipilih. Jadi ini konsep tata negara," tutur Refly Harun.

Oleh karena itu, dia mengatakan sebenarnya seorang presiden tak lagi memiliki 'ruang' untuk melakukan blusukan yang mana nantinya bisa dianggap sebagai aksi 'melangkahi' kepala daerah.

"Jadi sebenarnya Presiden RI tidak punya wilayah lagi untuk blusukan. Kalau dia blusukan ke daerah tertentu berarti dia mem-bypass bupati, wali kota, gubernur. Dalam konteks Jakarta, pastilah dia mem-bypass gubernur," ujar Refly Harun.

"Memang DKI ini wilayah presiden juga, tapi kalau kita bicara prinsip otonomi daerah, the first place-nya adalah wilayah dari seorang gubernur, yang saat ini bernama Anies Baswedan, yang sering dipersepsikan oposisi pemerintah," tuturnya.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiranrakyat-Bekasi.com berjudul "".***

Lihat artikel asli



S: Pikiran rakyat



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Soal Jokowi Blusukan, Refly Harun: Sebenarnya Presiden Tak Punya Wilayah Lagi
Soal Jokowi Blusukan, Refly Harun: Sebenarnya Presiden Tak Punya Wilayah Lagi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfbdfCrawOmmguSRLMFGaGHdU3jlwrPzZCfYQYglR4RHZw2X08jVdmV3p6xcVztwVKgYDuL5y6AO4o7gDI1WKUbWW5sjXjZ5BOy0bDFdIjXTSe8MPMEkK03va0hAW8bMyNeeSOSNX0Fr4/w640-h328/Screenshot_2021-07-17-19-48-54-01.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfbdfCrawOmmguSRLMFGaGHdU3jlwrPzZCfYQYglR4RHZw2X08jVdmV3p6xcVztwVKgYDuL5y6AO4o7gDI1WKUbWW5sjXjZ5BOy0bDFdIjXTSe8MPMEkK03va0hAW8bMyNeeSOSNX0Fr4/s72-w640-c-h328/Screenshot_2021-07-17-19-48-54-01.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/soal-jokowi-blusukan-refly-harun.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/soal-jokowi-blusukan-refly-harun.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy