$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Warga Berebut Susu Beruang, Ahli Gizi Beberkan Kandungannya, Benarkah Berkhasiat?

INDONESIAKININEWS.COM -  Viral di media sosial masyarakat berebut susu beruang di sebuah pusat perbelanjaan. Susu merek Bear Brand itu meman...



INDONESIAKININEWS.COM - Viral di media sosial masyarakat berebut susu beruang di sebuah pusat perbelanjaan.

Susu merek Bear Brand itu memang akhir-akhir ini banyak diburu warga karena disebut berkhasiat menjaga imunitas tubuh.

Bahkan, topik bahasan mengenai susu beruang sempat menjadi trending topic di jagad media sosial, khususnya Twitter, Sabtu (3/7/2021).

Salah satunya, video dengan durasi 29 detik itu dibagikan oleh akun Twitter Eza Hazami (@ezash).

"Terpantau sedang rebutan susu," tulis dia. 

Video tersebut sudah ditonton 493.000 kali, mendapat 3.164 retweet, dan disukai 8.511 akun twitter.

Lantas, apa sebenarnya kandungan dalam susu?

Penjelasan ahli gizi

Pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM), Lily Arsanti Lestari mengatakan, susu memiliki kandungan nilai gizi yang baik.

Dalam susu, terkandung protein hingga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

"Di susu ada protein, vitamin A dan B12, Zn, selenium, serta mineral lain yang bermanfaat untuk kesehatan," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (3/7/2021) petang.

Dengan mengonsumsi susu, kata Lily, memang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, bukan berarti masyarakat harus memilih satu produk susu tertentu untuk dikonsumsi.

"Tapi ya tidak harus Bear Brand, susu yang lain juga bagus," ucapnya.

Menurut Lily, ada sejumlah protein pada susu yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, di antaranya yakni protein whey, lactoferin, dan laktalbumin.

"Selain itu susu mengandung asam-asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh," papar dia.

Lebih lanjut, menurut Lily, susu dapat dikonsumsi kapan saja. Tetapi alangkah baiknya dapat mengonsumsi susu setelah makan.

"Kalau diminum sebelum makan, nanti mungkin bisa mengurangi asupan makan utama karena perut sudah merasa kenyang duluan. Jadi sebaiknya setelah makan saja," tandasnya.

Bukan satu-satunya sumber kalsium
Ahli gizi komunitas, dr. Tan Shot Yen mengatakan, susu, dalam hal ini susu sapi menurut penjelasan Tan mengandung kalsium sebanyak 143 miligram/100gram.

Selain itu, kalsium dari protein hewani diketahui juga jauh lebih mudah diserap tubuh dari protein nabati.

Sehingga mengkonsumsi susu memiliki manfaat praktis untuk mendapatkan gizi kalsium, jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Meskipun demikian, Tan mengatakan, susu bukan satu-satunya sumber kalsium yang didapatkan dari makanan.

Apabila tidak dapat mengkonsumi susu, menurut dia masih banyak jenis makanan lain yang menawarkan kandungan kalsium serupa, bahkan jauh lebih tinggi.

Misalnya ikan teri (972mg/100gr), tempe (517mg/100gr), kacang tolo (481mg/100gr), kacang tanah (316mg/100gr), dan lain-lain.

"Semua yang disebut ada dalam susu justru lebih banyak ada di makanan sehari-hari. Masalahnya kan di edukasi ya?" sebut dia.

Ia mengatakan masyarakat dapat memilih jenis makanan yang akan konsumsi untuk mendapatkan kandungan kalsium.

Banyaknya varian susu
Saat ini olahan susu banyak diproduksi dalam berbagai bentuk, rasa, kegunaan, yang kemudian dijual di pasaran untuk dipilih oleh masyarakat.

Namun menurut Tan, masyarakat tidak diharuskan mengonsumsi semua jenis susu itu dalam setiap tahapan.

Seperti mulai dari susu formula, susu pertumbuhan baduta, susu usia sekolah, remaja, susu persiapan hamil, susu masa kehamilan, susu ibu menyusui, hingga susu usia lanjut.

"Enggak (perlu). Cek saja, di negara yang justru dari mana susu berasal sebagai minuman budaya, ada enggak aneka susu dipolitisasi begitu? Tidak," jelas Tan.

Menurutnya, masyarakat perlu juga memahami aturan dan kebutuhannya masing-masing.

Kandungan susu beruang

Dilansir dari aman nestle.co,id, Bear Breand diklaim terbuat dari 100 persen susu murni.

Susu telah mengalami proses sterilisasi tanpa penambahan bahan pengawet sehingga dapat langsung dikonsumsi.

Tersedia dua varian dari susu beruang, yakni Bear Brand Gold White Tea dan Bear Brand Gold White Malt.

Bear Brand Gold White Tea mengandung teh putih yang diperoleh dari daun teh pilihan serta dilengkapi dengan vitamin A, C dan E yang membantu proses regenerasi kulit dan mencegah kerusakan sel kulit lebih dini.

Sementara Bear Brand Gold White Malt dengan kandungan malt serta dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang membantu mempercepat proses pengolahan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.


s: tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Warga Berebut Susu Beruang, Ahli Gizi Beberkan Kandungannya, Benarkah Berkhasiat?
Viral Warga Berebut Susu Beruang, Ahli Gizi Beberkan Kandungannya, Benarkah Berkhasiat?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPMaO5reTCWdo5itT7xxei98V_LFRaVP-aUTFaE_tIetox13DLex0J_jwfa2sTSPRFs4BK0KkF4umTVjOJ8op7ogdKY2OGfDjE3odGKzEpHtXCX-HWMrcpKVNVsRwQn-qeQaSO8yxok3yr/w640-h360/warga-berebut-susu-beruang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPMaO5reTCWdo5itT7xxei98V_LFRaVP-aUTFaE_tIetox13DLex0J_jwfa2sTSPRFs4BK0KkF4umTVjOJ8op7ogdKY2OGfDjE3odGKzEpHtXCX-HWMrcpKVNVsRwQn-qeQaSO8yxok3yr/s72-w640-c-h360/warga-berebut-susu-beruang.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/viral-warga-berebut-susu-beruang-ahli.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/07/viral-warga-berebut-susu-beruang-ahli.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy