$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies Ngotot Gelar Formula E di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPRD Kenneth: Buka Mata Hati Nurani Anda

INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2021 agar aj...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2021 agar ajang Formula E menjadi isu prioritas yang harus terselenggara pada Tahun 2022.

Instruksi itu menyebutkan, Formula E menjadi isu kedua yang harus dituntaskan, setelah isu perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth mengaku heran dengan orang nomor satu di Jakarta itu yang tetap keukeuh untuk menggelar ajang Formula E di Jakarta, bahkan sampai membuat Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2021.


"Saya bingung dan sudah diingatkan berkali-kali, kenapa sih masih ngotot mau menyelenggarakan ajang balap Formula E di tengah keadaan Pandemi Covid-19 ini, dan sekarang malah membuat Ingubnya. Hal tersebut sangat disayangkan dan seharusnya tidak diperlukan, mengingat saat ini situasi keuangan Pemprov DKI Jakarta sedang dalam keadaan defisit, karena terdampak pandemi ini," kata Kenneth dalam keterangannya, Selasa (11/8/2021).

Pria yang akrab disapa Kent itu menambahkan, ia merasa heran Gubernur Anies Baswedan menjadikan ajang Formula E menjadi isu yang prioritas.

Padahal, masih banyak Hal-hal prioritas yang bisa di jadikan program unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat dan yang sesuai dengan kondisi saat sekarang ini.

"Saya tak habis pikir kok malah ajang Formula E yang dijadikan isu prioritas dibandingkan yang lain, padahal masih banyak permasalahan di Jakarta yang lebih penting dan harus dicarikan pemecahannya, seperti contoh bansos untuk masyarakat Jakarta yang kesusahan karena terdampak ekonominya akibat Pandemi Covid-19 yang pendistribusiannya belum merata, bantuan subsidi modal UMKM untuk pengusaha- pengusaha menengah yang harus bangkit karena terdampak Pandemi Covid-19, kemudian pembebasan lahan dan normalisasi sungai untuk penyelesaian masalah banjir, masalah kemacetan dan lain-lain. Hal-hal inilah yang sebenarnya harus di perjuangkan, bukan malah Formula E," sambung Kepala Badan Penanggulangan Bencana ( BAGUNA ) Provinsi DKI Jakarta itu.

Pasalnya, sambung Kent, ajang Formula E tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta, dan jika Pemprov DKI ingin merevisi RPJMD tahun 2017-2020, jangan masukkan ajang Formula E karena dinilai tidak ada urgensi dan manfaatnya di tengah Pandemi Covid-19.

Sedari awal, kata Kent, pembangunan sirkuit Formula E sudah dinilai tidak mempunyai perencanaan yang matang dan terkesan sangat dipaksakan.

Pembangunan sirkuit Formula E yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang notabene adalah uang masyarakat Jakarta hanya digunakan untuk memenuhi nafsu syahwat Gubernur DKI tersebut.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth.

"Untuk lokasi sirkuit saja hingga saat ini belum jelas dimana, kajian nya saja tidak jelas dan transparan? Kalau memang menurut Pak Anies Formula E ini bisa bermanfaat buat masyarakat, tolong di jelaskan dong, darimana efek positifnya. Libatkan juga masyarakat dalam proyek ini, buka semua secara transparan biar publik tau secara detil mengenai program ini, Pak Anies jangan malah terkesan mengorbankan uang warga Jakarta demi memenuhi nafsu syahwat politik menjelang 2024 dengan menggelar ajang Formula E yang tidak ada manfaatnya sama sekali," ketus Kent.

Seharusnya, sambung Kent, dana sebesar satu trilliun rupiah lebih yang akan digunakan untuk Formula E bisa untuk melakukan stimulus kepada sejumlah sektor perekonomian di Jakarta yang berdampak akibat Pandemi Covid-19.

“Saat ini pandemi masih berlangsung dan belum jelas kapan akan berakhir, DKI Jakarta sangat butuh dana banyak sekali untuk membantu masyarakat DKI Jakarta yang terdampak langsung Pandemi covid-19 ini. Banyak warga Jakarta kehilangan mata pencahariannya akibat pandemi, belum lagi karyawan yang terkena PHK," tuturnya.

Kent pun menyakini jika ajang Formula E tetap digelar di tengah Pandemi Covid-19 tidak akan memberikan benefit apa-apa, selain hanya merugi.

"Lebih baik kembalikan saja komitmen fee tersebut, Lupakan Formula E. Saya yakin dana yang digunakan untuk Formula E yang sebanyak Rp1 triliun lebih bisa digunakan untuk menggerakan ekonomi warga kembali," tutur Anggota DPRD DKI Komisi D itu.

Oleh karena itu, Kent meminta kepada Gubernur Anies agar tidak membuat program-program yang tidak bermanfaat untuk warga hingga bisa menghabiskan anggaran yang sangat banyak di akhir penghujung masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Alangkah baiknya jika mulai melakukan aksi, terjun ke masyarakat mendengarkan langsung keluhan warga Jakarta.

"Sudahlah Pak Anies, bangunlah dari tidur Anda, buka mata dan hati nurani Anda. Berhentilah untuk membuat program kerja yang aneh-aneh dan tidak bermanfaat langsung buat masyarakat, saran saya di waktu akhir jabatan yang sisa tinggal 1 tahun 2 bulan ini, banyak - banyaklah turun ke masyarakat, biar bisa mendengar langsung keluh kesah mereka dan apa yang mereka butuhkan. Karena aksi nyata tersebutlah yang bisa menolong Anda, jika Anda punya target untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi lagi," pungkas Kent.

Perlu diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

Di Ingub tersebut, salah satunya penyelenggaraan Formula E pada Juni 2022.

"Memastikan tercapainya penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022, memimpin dan mengendalikan penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022, memberdayakan seluruh asisten beserta perangkat daerah serta BUMD dan potensi daerah lainnya, dan bertanggung jawab penuh dalam penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022," tulis Anies dalam Ingub yang dikutip.

Ada 28 target capaian penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022. Salah satu isu yang masuk daftar adalah penyelenggaraan Formula E. Anies memberi target ajang balap mobil bertenaga listrik itu terwujud pada pertengahan tahun depan.

"Terselenggaranya Formula E dengan target waktu Juni 2022," katanya.

Selain Formula E, Anies juga memasukkan isu RPJMD, fiskal dan pajak, aset DKI, reformasi perizinan, revisi peraturan mengenai BUMD, RTRW dan RDTR, TOD, Taman Ismail Marzuki, Stadion JIS, serta pengembangan kawasan.

Mantan Mendikbud itu tak lupa memasukkan isu prioritas mengenai banjir, air bersih, air limbah, persampahan, perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara, ducting, rumah DP 0 rupiah, kampung, rumah susun, regulasi transportasi, JakLingko, jalan/jembatan, MRT Fatmawati-TMII, LRT KDPBU, sepeda, transformasi digital, dan manajemen kinerja.

S:Tribun Jakarta


Name

Berita,16987,H,101,HUMOR,5,Internasional,159,Kesehatan,13,Nasional,16857,News,569,OPINI,76,Seleb,2,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies Ngotot Gelar Formula E di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPRD Kenneth: Buka Mata Hati Nurani Anda
Anies Ngotot Gelar Formula E di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPRD Kenneth: Buka Mata Hati Nurani Anda
https://1.bp.blogspot.com/-zs7vLrG-A0Q/YRPARzpXkKI/AAAAAAAADfE/nphPGKKmGyw4Z-ZKHE8g4eLN4QlL0gosACLcBGAsYHQ/w640-h358/Screenshot_2021-08-11-19-18-26-46.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zs7vLrG-A0Q/YRPARzpXkKI/AAAAAAAADfE/nphPGKKmGyw4Z-ZKHE8g4eLN4QlL0gosACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/Screenshot_2021-08-11-19-18-26-46.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/anies-ngotot-gelar-formula-e-di-akhir.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/08/anies-ngotot-gelar-formula-e-di-akhir.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy