$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies Ngarep , Rakyat Papua Jagokan Tokoh Ini Jadi Presiden 2024

INDONESIAKININEWS.COM -  Sejumlah tokoh nasional yang juga kandidat calon presiden 2024-2029 berdatangan ke Papua pada pembukaan PON XX 2 Ok...



INDONESIAKININEWS.COM - Sejumlah tokoh nasional yang juga kandidat calon presiden 2024-2029 berdatangan ke Papua pada pembukaan PON XX 2 Oktober lalu.

Di antara para tokoh tersebut, ada yang berstatus sebagai menteri, gubernur, dan pimpinan DPR RI.

Dari sekian banyak kandidat calon presiden, hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak tampak dalam acara pembukaan PON Papua.

Meski semua datang ke Papua dengan tujuan menghadiri PON namun hal lain yang sangat memungkinkan adalah menanamkan jejaring untuk Pilpres tahun 2024 mendatang.

Sulit rasanya jika para tokoh tersebut hanya datang tanpa tujuan untuk kepentingan ke depan.

Secara angka penduduk, jumlah pemilih di Papua memang sangat kecil.

Jika dibanding dengan kota–kota besar, angka 4 juta jiwa mungkin hanya untuk warga kecamatan.

Meskipun begitu, Papua tetap dan menjadi satu kunci masuk untuk memenangkan Pilpres 2024.


Bahkan menurut akademisi Uncen, Marinus Yaung, siapa yang bisa memenangkan hati orang Papua maka dia yang berpeluang menang di Pilpres.

“Saya pikir kita tidak bisa mengelak dari pertimbangan dan analisa politik kearah itu. Bahwa di Papua bukan isu nasional lagi tapi sudah isu internasional dan muaranya akan kesana (Pilpres),” kata Marinus Taung, dilansir Cepos, Kamis (7/10).

Ia menyebut beberapa tokoh yang hadir ke Papua merupakan kadidat calon presiden 2024.

Para tokoh itu yakni Ridwan Kamil (RK) atau Kang Emil (Gubernur Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Erick Tohir (Menteri BUMN), Tris Rismaharini (Menteri Sosial), Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian), Puan Maharani (Ketua DPR RI) serta beberapa tokoh lainnya.

Para kandidat calon presiden ini terang–terangan tampil di depan publik Papua.

Ada yang melakukan agenda formil, ada yang blusukan hingga ke kampung–kampung dan ada juga yang lebih banyak bermain di kota.

Menurut Marinus jika hanya dikaitkan dengan jumlah pemilih maka di Papua sangat kecil. Papua bukan lumbung suara karena hanya 4 juta penduduk.

Hal ini berbeda dengan Jawa Barat yang penduduknya mencapai 52 juta pemilih dan itu terbesar se Indonesia.

Yang Rebut Hati Rakyat Papua Berpeluang Jadi Presiden

Yaung menegaskan, meski angka pemilih sedikit, Papua tetap memiliki nilai plus.

Kata Yaung, Papua bisa menjadi target politik pencitraan guna mendapatkan mendapatkan popularitas, diterima, dan disenangi oleh masyarakat Indonesia dan komunitas satu kemungkinan Papua memang harus digarap.

“Sebab siapa yang bisa merebut hati orang Papua, dia punya peluang untuk menduduki kursi 2024,” ucapnya.

“Ini lantaran Papua sudah bukan lagi berbicara tataran pemilik lokal melainkan berbicara disintegrasi bangsa. Persoalan menguatnya gerakan sparatis papua yang ingin memisahkan diri dari Indonesia,” tambah Yaung.

Menurutnya, siapa pun tokoh yang akan maju dalam Pilpres 2024, dia harus bisa mengintegrasikan kembali Indonesia dan menjaga persatuan indonesia.

Merawat Papua menjadi kunci untuk merebut pemilih nasional bahkan bisa mendapat simpati internasional.

“Lalu semua tokoh yang datang ke Papua mendapat penilaian tersendiri dari Presiden Jokowi. Siapa yang mampu merebut hati orang papua dialah yang nantinya akan didukung secara moral dan politik untuk maju ke tahun 2024,” bebernya.

Lanjut dosen Fisip Uncen ini perjuangan Presiden Jokowi untuk membangun Papua membutuhkan waktu yang panjang dan paling tidak ini nantinya akan diteruskan oleh pemimpin yang punya hati yang sama.

Ketika Presiden memerintahkan para menteri dan gubernurnya untuk datang maka kegiatan kunjungan beberapa tokoh ke tanah Papua ini sedang dalam monitor Jokowi. Itu terutama pejabat siapa yang memiliki prestasi kerja. Semua masuk dalam penilaian akhir presiden dan pusat.

“Siapa gubernur siapa calon pemimpin nasional yang saat ini bisa memulihkan dan merebut hati orang Papua untuk memulihkan kembali hubungan Papua–Jakarta, maka itu yang nantinya akan dilirik,” ulasnya.

“Saya lihat saat ini yang mendapat sambutan hangat di Papua masih pak Ganjar Pranowo. Ridwan Kamil memang disambut, tapi tidak semenarik Ganjar dan banyak orang Papua yang membicarakan peluang beliau sebagai kandidat 2024 untuk menggantikan presiden Jokowi,” ucapnya.

“Ini juga bisa mendapat sorotan dari komunitas internasional baik yang ada di pasifik maupun dari komunitas intelektual. Jadi siapa yang datang ke Papua dia sedang berada di bawah sinar terang dari komunitas internasional terkait isu Papua,” pungkasnya. (ade/wen/cepos)

Lihat artikel asli


S



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies Ngarep , Rakyat Papua Jagokan Tokoh Ini Jadi Presiden 2024
Anies Ngarep , Rakyat Papua Jagokan Tokoh Ini Jadi Presiden 2024
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiLAMz_YwdP_QNPDwBK6cQPiNb6zslsfYTMiXOA2oN8wpBIMWxqqntRhoVljRq6hd9mBV28IxwTjFaflKApZvE-jH5gR4xZiIAQrC5t4FHVR78dctkcDKmUzgSzKLg8URai86V31XqG9xqqEMsa43FL4EDzDeiJC4QNSVFPKrSnHrwa0_bh_kUX3Gkb=w640-h374
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiLAMz_YwdP_QNPDwBK6cQPiNb6zslsfYTMiXOA2oN8wpBIMWxqqntRhoVljRq6hd9mBV28IxwTjFaflKApZvE-jH5gR4xZiIAQrC5t4FHVR78dctkcDKmUzgSzKLg8URai86V31XqG9xqqEMsa43FL4EDzDeiJC4QNSVFPKrSnHrwa0_bh_kUX3Gkb=s72-w640-c-h374
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/anies-ngarep-rakyat-papua-jagokan-tokoh.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/10/anies-ngarep-rakyat-papua-jagokan-tokoh.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy