$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Panglima Tentara OPM Wilayah Yahukimo Keluarkan Ultimatum, Ini Respon KSAD Jenderal Dudung

INDONESIAKININEWS.COM -  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Yahukimo terus melakukan aksi dan menebar ancaman di wilayah ...


INDONESIAKININEWS.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Yahukimo terus melakukan aksi dan menebar ancaman di wilayah tersebut.

Terbaru, dua prajurit TNI menjadi korban penembakan serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Suru-Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) akhir pekan lalu.

Setelah menebar teror lewat serangan, bahkan KKB Papua juga menyebar ancaman.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB-OPM) mengeluarkan ultimatum pasca-penyerangan.

Ulitimatum itu menyusul pernyataan Panglima Tentara OPM wilayah Yahukimo, Elkius Kobak, yang menetapkan daerah itu sebagai medan perang pembebasan nasional bangsa Papua untuk merebut kemerdekaan.

Ultimatum tersebut juga telah disampaikan ke Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM, dan diumumkan Juru Bicaranya, Sebby Sambom, lewat rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (23/11/2021).

Ada lima poin dalam ultimatum yang dimaksud Elkius Kobak, berikut isinya melansir dari Tribun Papua :

1. Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, dan SKDA berhenti memberikan ijin pembangunan Mako Brimob di Yahukimo serta Koramil di Suru-suru.

2. Berhenti Kepala Suku serta Intelektual yang terus menjadi Penghianat.

3. Masyarakat non Papua segera tinggalkan Yahukimo karena Yahukimo termasuk dalam perhitungan 34 Komnas TPNPB-OPM, maka perang jelas tidak akan berhenti.

4. Berhenti pesawat yang ditumpangi anggot TNI/Polri, karena saya dan pasukan akan tembak, jadi masyarakat jangan ikut.

5. Perang tetap berlanjut sampai kita merebut kemerdekan Papua.

Respon Jenderal Dudung

Sementara itu, di tengah kebrutalan KKB Papua, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman, melakukan kunjungan ke Papua.

Jenderal Dudung Abdurachman dalam kunjungannya ke Kabupaten Mimika, Papua memerintahkan agar TNI tak berperang dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Tujuan saya sebenarnya untuk melihat kesulitan prajurit saat melakukan tugas operasi ke Papua,” kata Jenderal Dudung, Senin (23/11/2021).

“Tapi saya juga berpesan agar TNI harus merangkul KKB, bukan diajak berperang,” sambungnya.

Dikatakan, KKB Papua adalah saudara yang harus hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya.

“Keberhasilan dalam tugas bukan diukur dengan dapat senjata namun bagaimana saudara kita bisa sadar dan kembali kepangkuan NKRI. Jangan sedikitpun berpikir untuk membunuh,” tegasnya.

Jenderal Dudung juga meminta setiap prajurit yang bertugas untuk senantiasa menanamkan di hati bahwa bertugas di Papua adalah demi bangsa dan negara, dan demi menjaga serta melindungi masyarakat Papua.

"Bila kalian (prajurit) selesai tugas dan ada masyarakat menangisi kalian karena masih ingin kalian tugas dan tinggal bersama-sama dengan mereka, berarti kalian sudah berhasil merebut hati dan simpatinya," ujarnya. (*)

S: tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Panglima Tentara OPM Wilayah Yahukimo Keluarkan Ultimatum, Ini Respon KSAD Jenderal Dudung
Panglima Tentara OPM Wilayah Yahukimo Keluarkan Ultimatum, Ini Respon KSAD Jenderal Dudung
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgGWXb3VXjL-644vBxpeecNyX2HtFd5NxA8nj-hHcYBXDnPr6KNzbCbHyT0P-0pW_L_bMpzpJVTDcHHRSA0uILaUDJ7yfl96FI1FF3DuN8clS3p-2Sag8y38NzOtrRJ42RLt8RB93p2EocwOcMlxUGNLrEr3s86HS3c9GTanXMpzXaWHlMbTQw4nfgW=w640-h426
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgGWXb3VXjL-644vBxpeecNyX2HtFd5NxA8nj-hHcYBXDnPr6KNzbCbHyT0P-0pW_L_bMpzpJVTDcHHRSA0uILaUDJ7yfl96FI1FF3DuN8clS3p-2Sag8y38NzOtrRJ42RLt8RB93p2EocwOcMlxUGNLrEr3s86HS3c9GTanXMpzXaWHlMbTQw4nfgW=s72-w640-c-h426
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/panglima-tentara-opm-wilayah-yahukimo.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2021/11/panglima-tentara-opm-wilayah-yahukimo.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy