$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ngeri, Warga Dayak Ritual Sembelih Babi, Permintaan Maaf Edy tak Dianggap: Ini Kematianmu Edy!

INDONESIAKININEWS.COM -  Permintaan maaf Edy Mulyadi sepertinya tak dianggap masyarakat Dayak yang sudah tak terima dan marah. Edy Mulyadi p...



INDONESIAKININEWS.COM - Permintaan maaf Edy Mulyadi sepertinya tak dianggap masyarakat Dayak yang sudah tak terima dan marah. Edy Mulyadi pun menjadi orang yang ‘diburu’ masyarakat Dayak karena ucapannya menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang bayi.

Pernyataan Edy Mulyadi itu telah sangat menyakiti hati masyarakat Kalimantan. Terbaru, warga Dayak menggelar ritual di jalan raya dengan menyembelih seekor babi.

Babi itu ditempatkan di atas daun pepaya dan dipegangi beberapa orang lainnnya. Sementara puluhan orang lainnya dengan memakai pakaian adat Dayak berdiri melingkar.

Lengkap dengan senjata khas suku Dayak, Mandau. “Ritual Dayak buat Edy Mulyadi, Azam Khan. Tak cukup dengan kata maaf,” tulis akun Twitter @jumianto_RK yang membagikan video tersebut, sebagaimana dikutip PojoSatu.id, Selasa (25/1/2022).

Dalam video pendek berdurasi 30 detik tersebut, terlihat suasana dan aroma mistis cukup kuat.

Awalnya, seekor babi ditelentangkan di atas daun pisang. Kemudian seorang pria berbadan gempal berdiri dan mencabut Mandau dari sarungnya.

Mandau itu kemudian diletakkan tepat di leher babi tersebut dan langsung menggoroknya dengan cepat. Setelah leher babi itu digorok, terdengar teriakan-teriakan khas suku Dayak diiringi musik dan tarian Dayak.

“Sembelih babi ini, adalah tanda kematianmu, Edy!” pekik seorang pria yang disambut teriakan khas Dayak.

Pasukan Merah Bergerak
Sebelumnya, salah satu pasukan elite suku Dayak, Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) atau Pasukan Merah DPC Kota Balikpapan sudah lebih dulu menyatakan sikap.

Dalam video yang beredar, Pasukan Merah tidak terima dengan ucapan caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2019 lalu itu.

Di video berdurasi satu menit 27 detik itu, terlihat sejumlah orang memakai pakaian khas Pasukan Merah yang serba merah.

Lengkap dengan mandau di tangan, senjata khas suku Dayak. “Apa yang disampaikan oleh saudara Edy Mulyadi tentang pulau Kalimantan sebagai tempat pembuangan jin membuang anak, itu sangat menyakiti dan menyinggung perasaan kami penduduk asli Kalimantan dan juga orang yang berdomisili di Kalimantan,” ucap pimpinan Pasukan Merah.

Mereka juga mendesak kepolisian agar turun tangan sekaligus menindak tegas Edy Mulyadi.

“Dengan ini kami minta kepada instansi terkait, baik itu Kapolda Kalimatan Timur dan juga Kapolri supaya menindak tegas,” tuntutnya.

Mereka menilai, ucapan Edy Mulyadi itu jelas-jelas rasis. “Karena hal tersebut bersifat rasis dan menyinggung hati, dan juga perasaan kami warga Kalimantan,” sambungnya.

Terkhir, Pasukan Merah juga menuntut Edy Mulyadi datang ke Kalimantan untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung.

Selain meminta maaf, Edy Mulyadi juga harus menjalani hukuman adat yang berlaku. “Kami harapkan agar saudara Edy Mulyadi hadir di tanah Borneo untuk meminta maaf langsung kepada warga yang ada di tanah Borneo dan juga untuk hukuman adat,” tegasnya.

s; pojoksatu.id



Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ngeri, Warga Dayak Ritual Sembelih Babi, Permintaan Maaf Edy tak Dianggap: Ini Kematianmu Edy!
Ngeri, Warga Dayak Ritual Sembelih Babi, Permintaan Maaf Edy tak Dianggap: Ini Kematianmu Edy!
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8l--k1Qgdg6R_AVft34b4QE1eYEhwK80MMhGgnJVUIOvcBqJAEeGINjQVspLd91Ive7tYR63oHCl5krcqHMxdhJfavWYWop02YhDHa4LwKVrJ535ko3P8Uw2O0nekZ-NYRdcDA7Z6xbvwL7OORd94h-nPY3BjPyBG1gkETp29xkxyQ8Vux7ohd00mtw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi8l--k1Qgdg6R_AVft34b4QE1eYEhwK80MMhGgnJVUIOvcBqJAEeGINjQVspLd91Ive7tYR63oHCl5krcqHMxdhJfavWYWop02YhDHa4LwKVrJ535ko3P8Uw2O0nekZ-NYRdcDA7Z6xbvwL7OORd94h-nPY3BjPyBG1gkETp29xkxyQ8Vux7ohd00mtw=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ngeri-warga-dayak-ritual-sembelih-babi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/01/ngeri-warga-dayak-ritual-sembelih-babi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy