$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Bakal Jadi 'Senjata Makan Tuan', Ukraina Dapat Kiriman 2.700 Rudal Strela untuk Hadapi Rusia

INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang tentara ketika membidik targetnya menggunakan rudal Strela Pasca runtuhnya Uni Soviet, Rusia menjadi pewari...


INDONESIAKININEWS.COM - 
Seorang tentara ketika membidik targetnya menggunakan rudal Strela

Pasca runtuhnya Uni Soviet, Rusia menjadi pewaris persenjataan canggih yang dimiliki negara adidaya tersebut.

Kini dalam perang antara Rusia dengan Ukraina, senjata canggih tersebut nampaknya bakal jadi 'senjata makan tuan'

senjata itu adalah rudal anti-pesawat tipe STRELA buatan Uni soviet.

Jerman akan menambah pengiriman senjata ke Ukraina di tengah invasi Rusia, dengan mengirimkan 2.700 rudal anti-pesawat rudal anti-pesawat tipe Strela ke zona konflik tersebut, kata sumber pemerintah kepada AFP pada Kamis (3/3/2022).

Pemerintah menyetujui dukungan lebih lanjut untuk Ukraina, termasuk pengiriman senjata buatan Soviet yang sebelumnya digunakan oleh tentara komunis Jerman Timur, kata sumber tersebut.

Pengiriman senjata pertama Jerman sebanyak 1.000 anti-tank dan 500 rudal anti-pesawat lainnya telah dikirim ke garis depan, kata pemerintah pada Rabu (2/3/2022).


Sebanyak 18.000 helm juga dikirim ke Ukraina selama akhir pekan lalu, sehingga jumlah total yang disumbangkan oleh Jerman menjadi 23.000.

"Peralatan militer lebih lanjut siap dikirim," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman kepada AFP tanpa memberikan rincian lebih lanjut, dan menyebutkan bahwa beberapa item belum disetujui.

Langkah itu dilakukan setelah Jerman mendobrak kebijakan lama untuk tidak mengirim senjata ke zona konflik, posisi yang berakar pada kesalahan perang era Nazi.

Para sekutu mengkritik Berlin karena tidak mendukung Pemerintah Ukraina dengan senjata tempur, dan awalnya menawarkan mengirim 5.000 helm serta membangun rumah sakit lapangan.

Pada Sabtu (26/2/2022), Kanselir Jerman Olaf Scholz mengakui bahwa invasi Rusia mencerminkan titik balik dalam sejarah yang memaksa Jerman untuk memikirkan kembali prioritasnya.

Jerman berjanji untuk menginvestasikan 100 miliar euro (Rp 1,5 kuadriliun) dalam membangun angkatan bersenjatanya sendiri guna menghadapi ancaman Rusia.

Pemerintah Jerman pada Sabtu (26/2/2022) juga menyetujui pengiriman persenjataan buatan Jerman ke Ukraina dari negara pihak ketiga, termasuk 400 peluncur roket anti-tank melalui Belanda.

Pemerintah negara itu pun membuka blokade pengiriman delapan meriam howitzer tua yang dibeli Estonia dari Jerman Timur.

Egon Krenz mantan pemimpin negara komunis Jerman pada Januari mengatakan kepada harian Berliner Zeitung, pengiriman senjata Jerman timur akan bertentangan dengan semangat reunifikasi.

Rudal Strela sendiri pertama kali digunakan di tahun 1968 dan mulai diproduksi massal oleh Uni Soviet pada tahun 1970.

Sejak saat itu, rudal yang memiliki nama seri 9K32 Strela-2 ini telah digunakan oleh banyak negara, terutama dalam kondisi peperangan.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, rudal Strela diharapkan dapat membantu Ukraina meredam dahsyatnya invasi Rusia.

Melansir dari armyrecognition.com, rudal Strela berfungsi untuk menangkal serangan udara (Surface to Air Missile).

Namun berbeda dengan rudal anti pesawat lainnya, rudal Strela tergolong memiliki jarak tembak yang pendek.

Rudal buatan Uni Soviet ini hanya bisa menembak target yang berada di radius ketinggian 50 m sampai 1,5 km.

Meskipun begitu, daya ledak yang ditimbulkan oleh rudal Strela sangat dahsyat.

Rudal Strela disebut-sebut bisa mengoyak bodi pesawat tempur atau helikopter musuh yang menggunakan material baja solid.

Lebih lanjut, dalam penggunaanya rudal Strela biasa diletakkan di bahu.

Lewat teknologi infrared yang dimilikinya, pengguna rudal Strela dapat membidik targetnya dengan sangat presisi.

Untuk berat dan ukurannya sendiri, rudal Strela memiliki bobot 9,15 kg serta panjang mencapai 1,438 m.

Dengan ukuran dan beratnya itu, rudal Strela bisa dengan mudah dibawa kemana-mana (portabel).(*)

S:Bangka Pos


Name

Berita,23031,H,151,HUMOR,7,Internasional,807,Kesehatan,29,Nasional,22244,News,1358,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bakal Jadi 'Senjata Makan Tuan', Ukraina Dapat Kiriman 2.700 Rudal Strela untuk Hadapi Rusia
Bakal Jadi 'Senjata Makan Tuan', Ukraina Dapat Kiriman 2.700 Rudal Strela untuk Hadapi Rusia
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEga_Ip2ZaxdQeVgvXeIXjdyXugEzZFKEg-lwzULqtp3mGfhF30lsfh20CCr69T6om506Rk0iNcZzYz8JNYbBtDPhs2zmDF_a-4wvs_osinC3Vv4tiM1yLpTijJ0qUHWHamjKTMwtFZeW7wsPRukaL-MKtSWPFUlB0bfMUid4C9Z3rTcDXF80s55KBashg=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEga_Ip2ZaxdQeVgvXeIXjdyXugEzZFKEg-lwzULqtp3mGfhF30lsfh20CCr69T6om506Rk0iNcZzYz8JNYbBtDPhs2zmDF_a-4wvs_osinC3Vv4tiM1yLpTijJ0qUHWHamjKTMwtFZeW7wsPRukaL-MKtSWPFUlB0bfMUid4C9Z3rTcDXF80s55KBashg=s72-w640-c-h360
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/bakal-jadi-senjata-makan-tuan-ukraina.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/03/bakal-jadi-senjata-makan-tuan-ukraina.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy