$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Videonya Jadi Sindiran ke Jenderal Dudung, Ipar SBY Meninggal Dunia Mendadak Karena Penyakit Ini, Foto Almarhum Bikin Syok

INDONESIAKININEWS.COM -  Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo yang juga adik ipar Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY men...



INDONESIAKININEWS.COM - Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo yang juga adik ipar Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY meninggal dunia mendadak. Videonya berisi ucapan menohok dipakai untuk menyindir Jenderal Dudung Abdurachman. Foto almarhum adik Ani Yudhoyono ini bikin syok lantaran tutup usia pada Sabtu, 13 Juni 2020 malam.

Kepergian Jenderal Pramono yang tiba-tiba sudah membuat terkejut banyak pihak.  Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Kiki Gayatri. Kemudian dua orang anak bernama Patri Astuti Dewi Anggrain dan Dewanto Edhie Wibowo.

Pramono Edhie merupakan KSAD ke-27 yang menjabat sejak tanggal 30 Juni 2011 hingga 20 Mei 2013. Sebelumnya almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad, Panglima Kodam III/Siliwangi dan Komandan Jenderal Kopassus.

Berbagai tanda jasa kehormatan negara pernah dianugerahkan kepada almarhum, antara lain Bintang Mahaputra Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Bintang Bhayangkara Utama.

Selama ini, Pramono dikenal sebagai jenderal purnawirawan TNI dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 6 Mei 1955 itu tumbuh besar di lingkungan militer. Pramono merupakan anak dari Letnan Jenderal Purnawirawan Sarwo Edhie, tokoh militer yang dinilai berperan dalam peralihan dari Orde Lama ke Orde Baru.

Mengikuti jejak sang ayah, Pramono lulus dari Akademi Militer pada 1980. Pada tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai Komandan Pleton Grup I Kopassandha. Kemudian, pada 1981, ia ditunjuk menjadi perwira operasi Grup I Kopassandha.

Tahun 1984 ia ditunjuk menjadi Komandan Kompi 112/11 Grup 1 Kopassandha. Karier militernya terus melesat setelah Pramono menempuh Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Sesko AD) di tahun 1995.

Setahun setelahnya, Pramono menempati posisi sebagai Perwira Intel Operasi grup I Kopassus. Tahun 1996 ia naik lagi menjad wakil komandan, hingga terpilih menjadi komandan dua tahun berikutnya.

Setelah reformasi pada 1998, Pramono terpilih menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2001.

Pada periode ini juga, ia menyempatkan diri melanjutkan studi di Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI). Pada 2004, ia meraih jabatan sebagai Perwira TInggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sesko TNI.

Pada tahun-tahun berikutnya, karier Pramono Edhie Wibowo semakin cemerlang. Tercatat, pada tahun 2005 ia menjabat sebagai Wakil Danjen Kopassus. Tahun 2007 menjadi Kasdam IV/Diponegoro, dan selama 2008 sampai 2009 menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. 

Jabatan sebagai PPangdam III Siliwangi pun mudah ia raih pada tahun 2009. Kemudian, pada 2011, Pramono dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Ia menggantikan Jenderal TNI George Toisutta. Jabatan KSAD merupakan puncak karier Pramono sebelum akhirnya pensiun secara resmi dari militer pada Mei 2013.

Pramono Edhie Wibowo merupakan ipar dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia adalah adik dari istri SBY, Ani Yudhoyono. Setelah pensiun dari militer pada 2013, Pramono masuk ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrat.

Ia ditunjuk sebagai salah satu anggota dewan pembina. Pada tahun yang sama, ia ikut sebagai peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat. Saat itu, Pramono berkompetisi dengan 10 orang lainnya. Hasil konvensi calon presiden Partai Demokrat itu diumumkan pada 16 Mei 2014. Pramono menempati posisi kedua setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Pramono wafat di usia 65 tahun akibat serangan jantung.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat, saya mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas berpulangnya ke hadirat Allah SWT, Bapak Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6).

Kepala Negara mendoakan agar amalan almarhum diterima Allah SWT. Bagi Jokowi, Pramono sebagai mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) adalah sosok prajurit TNI yang baik."Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT. Diberikan tempat yang terbaik dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran," ucap Jokowi.

Adik ipar dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ini telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (14/6).Pramono Edhie meninggal akibat seragan jantung. Almarhum sempat mendapat penanganan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cimacan, Cianjur, Jawa Barat.

Ketika aksi garang aparat TNI mencabut baliho Habib Rizieq atas instruksi Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman viral, video wawancara Jenderal (purn) TNI Pramono Edhi Wibowo beredar di media sosial.

Dalam tayangan video YouTube kanal Pramono Edhie Wibowo, adik ipar SBY itu mengungkapkan tipe-tipe anak buahnya. Tayangan tersebut diviralkan lantaran mengomentari sikap Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman yang begitu lantang memerintahkan anak buahnya untuk mencopot baliho Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq.

Video tersebut sebenarnya diunggah 13 Desember 2013 dan hingga Senin 23 November 2020 sekitar pukul 14.00 WIB sudah ditonton 34.578 kali. Dalam ceritanya, Pramono mengatakan ada tipikal anak buah yang berani di kota dan takut di hutan.

“Biasanya kalau orang yang takutnya terlalu tinggi, saya perhatikan adalah orang yang kejam di basis dan itu penakut di hutan. Yang orangnya kalem di kota jago di hutan, berani. Kalau orangnya kayak jeger-negeri di kota, saya perhatikan penakut di hutan. Anak buah saya yang hebat-hebat kalau di kota berani, di hutan jadi kucing dia,” ujar Pramono dalam video tersebut.

Pramono menambahkan, dia mengenal anak buah cukup detail. Hal itu lantaran sejak lulus dari AKABRI 1980 dengan pangkat letnan dua, Pramono ditugaskan ke Timor-Timor (saat ini menjadi Timor Leste).

Di sana dia ditugaskan selama tujuh tahun hingga pangkatnya letnan kolonel. Dari situ, Pramono mengetahui jika perang adalah proses mengadu kebersihan hati.

“Perang itu adalah mengadu kebersihan hati, orang yang tidak bersih hati bisa dijawab di lapangan. Jadi kalau ada orang yang menggunakan perang untuk naik pangkat, nanti kena sendiri. Saya berkali-kali melihat itu,” kata Pramono.

“Hanya ingin terlihat hebat dan memerintahkan prajuritnya dan tidak peduli pada prajurit akan kena sendiri,” ucap Pramono saat itu.

Sebelumnya, Pramono pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad dan pada tahun 2009 juga pernah menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi. Ayahnya, Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, juga merupakan mantan Komandan RPKAD yang turut andil dalam penumpasan pemberontakan G 30 S PKI.

Pada Mei 2013, karena ia telah memasuki masa pensiun, posisinya sebagai KSAD digantikan oleh Letjen TNI Moeldoko.

s; grid.id


Name

Berita,23313,H,151,HUMOR,7,Internasional,962,Kesehatan,29,Nasional,22371,News,1358,OPINI,81,Seleb,3,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Videonya Jadi Sindiran ke Jenderal Dudung, Ipar SBY Meninggal Dunia Mendadak Karena Penyakit Ini, Foto Almarhum Bikin Syok
Videonya Jadi Sindiran ke Jenderal Dudung, Ipar SBY Meninggal Dunia Mendadak Karena Penyakit Ini, Foto Almarhum Bikin Syok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibGDxvW7zrsydTIc574hLpSz6GHtbbEzwP42UGMnryV_N8CjszbVpojTygGgrYPaFzSraNto9scU-1MTJx9De-Yk42nqlGK87MquSoE-DWJk5BSUezcxT5muuHpilWhOSy5Z9B0I2jU1zxfNqg-yXAE8lDHDxhRKvR1hQOog1XIKIyt_dgXlp-cAFXjA/w640-h360/d8f7bdbf89a8b3fa67623f245a133f35.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibGDxvW7zrsydTIc574hLpSz6GHtbbEzwP42UGMnryV_N8CjszbVpojTygGgrYPaFzSraNto9scU-1MTJx9De-Yk42nqlGK87MquSoE-DWJk5BSUezcxT5muuHpilWhOSy5Z9B0I2jU1zxfNqg-yXAE8lDHDxhRKvR1hQOog1XIKIyt_dgXlp-cAFXjA/s72-w640-c-h360/d8f7bdbf89a8b3fa67623f245a133f35.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/videonya-jadi-sindiran-ke-jenderal.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/04/videonya-jadi-sindiran-ke-jenderal.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy