$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Gen Halilintar Terbukti Bersalah, Gugatan Nagaswara Menang & Terkuak Alasan Ubah Lirik Lagi Syantik

INDONESIAKININEWS.COM -  Ada kabar terbaru seputar gugatan label rekaman Nagaswara kepada Gen Halilintar terkait lagu "Lagi Syantik&quo...



INDONESIAKININEWS.COM - Ada kabar terbaru seputar gugatan label rekaman Nagaswara kepada Gen Halilintar terkait lagu "Lagi Syantik" yang dipopulerkan Siti Badriah.

Nagaswara berhasil memenangkan gugatan atas Gen Halilintar terkait lagu "Lagi Syantik" yang dipopulerkan Siti Badriah.

Berdasarkan putusan Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung pada Desember 2021, Gen Halilintar diminta membayar ganti rugi sebesar Rp 300 juta.

Namun sampai saat ini Gen Halilintar dikabarkan masih belum membayar ganti rugi uang tersebut.

"Putusan hukum ini sudah final, berkekuatan hukum tetap. Tapi sampai sekarang belum ada itikad baik (dari mereka) untuk membayar," kata Yosh Mulyadi, kuasa hukum Nagaswara dalam jumpa pers di Kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022) seperti dilansir Kompas,com.

Jika Gen Halilintar terus mengabaikan kewajibannya mengganti rugi sebesar Rp 300 juta, Nagaswara sudah berniat melanjutkan langkah hukum selanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pelanggaran hak cipta untuk lagu "Lagi Syantik" berjalan begitu lama, sejak 2018 hingga 2021.

Rahayu Kertawiguna, CEO Nagaswara, mengaku puas dengan perjuangannya melindungi hak cipta terbukti dengan kemenangan ini.

"Saya juga enggak percaya kalau kami yang menang. Ini berkah kalau kami tidak pernah menyerah," katanya Rahayu.

Dari kejadian ini, Nagaswara berharap agar publik bisa lebih sadar akan pentingnya menghormati hak cipta.

Namun di sisi lain, Nagaswara juga tak ingin kebijakan hak cipta justru menyulitkan para konten kreator.

Oleh karena itu, Nagaswara bekerja sama dengan PAMPI (Prakarsa Antar Musik Publishing Indonesia) mengenalkan platform Festival Suara.

Di platform tersebut, para kreator bisa menjadi anggota dan memilih katalog lagu yang disediakan para publisher.

Lewat jalur ini, prosedur perizinan diharapkan bisa jauh lebih mudah.

Awal Mula Kasus

Sebelumnya, Nagaswara menggugat Gen Halilintar atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Nagaswara menuntut ganti rugi sebesar Rp 9,5 miliar karena mengklaim alami keruguan material dan immaterial.

Kasus ini berawal sejak akhir 2018.

Saat itu, Gen Halilintar meng-cover lagu Siti Badriah berjudul "Lagi Syantik" di akun YouTube mereka tanpa izin pihak label musik Nagaswara.

Oleh karenanya, pihak Nagaswara selaku label musik yang menaungi pedangdut Siti Badriah menduga Gen Halilintar telah melanggar hak cipta.

Setelah itu, pihak Nagaswara dan manajemen Gen Halilintar melakukan mediasi.

Sayangnya, pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil.

Demi mendapatkan kepastian, Nagaswara menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan.

Gugatan tersebut tercatat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor 82/Pdt.Sus-Hak Cipta/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst.

Kekompakan Kesebelasan Gen Halilintar Hadapi Kasus Hak Cipta dengan Nagaswara

Ada hal menarik dalam sidang kasus dugaan pelanggaran hak cipta yang dilayangkan label musik Nagaswara kepada Gen Halilintar kembali bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (24/2/2020) lalu.

Saat itu, kesebelas anak dari Gen Halilintar datang menghadiri sidang, yang beragendakan saksi dari tergugat, termasuk dengan hadirnya YouTuber Atta Halilintar.

Berikut Kompas.com telah merangkum beberapa fakta terkait sidang kasus gugatan perdata itu.

1. Gen Halilintar Kompak Kenakan Batik

Kesebelas anak dengan nama Gen Halilintar ikut hadir dalam sidang, dari anak yang paling kecil hingga paling besar, seperti Atta Halilintar.

Menariknya lagi, Gen Halilintar kompak dengan mengenakan kemeja batik sebelum memasuki ruang sidang.

Mereka pun diketahui sempat memanjatkan doa sebelum sidang berlangsung.

Atta Halilintar yang mewakili keluarganya, Gen Halilintar hanya meminta doa terkait jalannya sidang.

“Doain ya,” ujar Atta Halilintar sebelum memasuki ruang sidang seperti dilansir Kompas.com.

2. Atta Halilintar Jadi Sasaran Foto

Datang ke persidangan, Atta Halilintar justru menjadi sasaran foto.

Bahkan salah seorang petugas keamanan berusaha untuk meminta foto dengan Atta Halilintar.

Atta yang tadinya akan menjalani sidang terlebih dahulu dan baru mau berfoto, akhirnya mau berfoto dengan petugas yang tak disebutkan namanya itu.

“Sidang saya kelarin dulu deh foto nanti saya foto deh kelar sidang sama jaksa semuanya kan, belum istirahat shalat makan,” kata Atta Halilintar.

3. Thariq Sebut Gen Halilintar Tak Ambil Keuntungan dari video

Selain Atta Halilintar yang menjadi saksi, Thariq Halilintar juga ikut menjadi saksi atas kasus dugaan pelanggaran hak cipta.

Di depan Majelis Hakim, Thariq Halilintar menyebut bahwa Gen Halilintar tak mengambil keuntungan dari video yang meng-cover musik dari lagu “Lagu Syantik”.

“Kami satu keluarga dari Gen Halilintar tidak menerima satu keuntungan dalam video itu,” ucap Thariq Halilintar saat menjadi saksi.

4. Atta Halilintar dan Thariq Halilintar Tak Disarankan Jadi Saksi

Sebelum menjalani sidang, Atta Halilintar dan Thariq Halilintar sempat tak disarankan jadi saksi oleh Majelis Hakim, Sunarso.

Menurut Sunarso, Atta dan Thariq masih punya hubungan keluarga dengan pihak tergugat.

Akan tetapi, keduanya tetap terus menjadi saksi, namun tak menjalankan sumpah.

“Saya ingin menjelaskan bahwa dalam hukum acara perdata bagi seorang saksi yang ada hubungan keluarga baik sedarah maupun perkawinan, hubungan pekerjaan itu baik yang menerima atau memberi gaji itu bisa diminta mengundurkan diri,” kata Sunarso, Senin (24/2/2020).

5. Alasan Ubah Lirik dan Permintaan Masyarakat

Thariq Halilintar memberikan keterangan mengenai alasan Gen Halilintar mengubah lirik dari lagu “Lagi Syantik” yang dipopulerkan Siti Badriah.

Thariq menyebut bahwa lirik itu diubah agar lagu tersebut dapat diterima semua umur, termasuk anak kecil.

Pasalnya para subscriber Gen Halilintar didominasi anak kecil.

"Maksud ingin merubah konten, malah ingin lagu itu bisa dinyanyikan oleh anak-anak, untuk orang tua, sesama saudara," ucap Thariq.

Lebih lanjut, pembuatan konten lagu itu juga berdasarkan permintaan masyarakat.

Hal itu kemudian disampaikan oleh Atta Halilintar. “Saya di sini menjadi saksi. Saya juga tidak ada di video tersebut.

Tapi, video ini permintaan masyarakat pada manajemen kami dan memanggil adik-adik saya sebagai talent,” tambah Atta Halilintar.

s; tribunnews.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Gen Halilintar Terbukti Bersalah, Gugatan Nagaswara Menang & Terkuak Alasan Ubah Lirik Lagi Syantik
Gen Halilintar Terbukti Bersalah, Gugatan Nagaswara Menang & Terkuak Alasan Ubah Lirik Lagi Syantik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJ1ixYltRw8BmcVTTn4SqrAEZqdCtuKY15OELayi94d4dO7AJHrRWpRv5LfP3eE0ZbZY8ZMIPW-wYzSyog_HUfm2ZKyIT0SXr8uD0g98Wwf9kWdZq5zfZW-rvt4Bviy-Y8jy1eziK4q7MAJOKrBJRX-V0kGem1LNew_jBVtYFI5i-32xLZ2DG9e0gKUg/w640-h360/76a46057a6ceb2cce03410650be098fd.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJ1ixYltRw8BmcVTTn4SqrAEZqdCtuKY15OELayi94d4dO7AJHrRWpRv5LfP3eE0ZbZY8ZMIPW-wYzSyog_HUfm2ZKyIT0SXr8uD0g98Wwf9kWdZq5zfZW-rvt4Bviy-Y8jy1eziK4q7MAJOKrBJRX-V0kGem1LNew_jBVtYFI5i-32xLZ2DG9e0gKUg/s72-w640-c-h360/76a46057a6ceb2cce03410650be098fd.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/gen-halilintar-terbukti-bersalah.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/05/gen-halilintar-terbukti-bersalah.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy