$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ferdy Sambo Ditimpa Masalah Baru, KPK Tengah Cek Data Semua Kekayaan Ferdy Sambo

INDONESIAKININEWS.COM -  KPK mulai turun tangan untuk memeriksa harta kekayaan Ferdy Sambo.  Kini, masalah Ferdy Sambo bertambah. Hal terseb...



INDONESIAKININEWS.COM - KPK mulai turun tangan untuk memeriksa harta kekayaan Ferdy Sambo. 

Kini, masalah Ferdy Sambo bertambah.

Hal tersebut tak lepas usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku akan mengecek kembali data kekayaan ferdy sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara KPK, Ali Fikri di sela kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022), menjawab pertanyaan wartawan tentang tidak ditemukannya data kekayaan Sambo di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Akan cek kembali bagaimana harta tersebut, ada atau tidak di KPK, itu semuanya te-record di KPK,” jelasnya, seperti dilaporkan oleh jurnalis Kompas TV, Watti dan Andika Jiung.

Pejabat, kata Ali, wajib melaporkan data harta kekayaan dan pelaporannya terekam dengan baik.

Menjawab pertanyaan tentang sejauh mana pengawasan oleh KPK, Ali menyebut pihaknya mendorong dan mengimbau para penyelenggara negara melaporkan data harta kekayaannya setiap tahun.

Batasan waktu pelaporan harta kekayaan tersebut, lanjut Ali, adalah setiap bulan Maret hingga April.

“Tahun 2023 KPK akan mengingatkan kembali untuk laporan dan ini sebagai kontrol bagian dari upaya pencegahan tipikor (tindak pidana korupsi, red).”

“Ini motif-motif ekonomi dan diperoleh dan menjadi harta yang bernilai,” lanjutnya.

Ali menambahkan, pihaknya juga masih terus mendorong para pejabat untuk melaporkan harta kekayaan, dan berharap agar tahun ini seluruhnya melaporkan kekayaan mereka.

Mengenai teguran yang akan diberikan kepada pejabat yang tidak melaporkan harta kekayaan, Ali mengatakan pihaknya selalu menyampaikan kepada kementerian/lembaga negara dan mempublikasikan sejauh mana kepatuhan pelapor.

“Kami juga dorong seluruhnya kewajiban untuk melaporkan tadi, melaporkan LHKPN itu.”

“Itu juga menjadi syarat bagi kementerian, lembaga, BUMD, misalnya mau naik jabatan, misalnya ke yang lebih tinggi,” tuturnya.

Kewajiban melaporkan LHKPN, kata dia, menjadi kontrol dan pencegahan aspek tipikor.

Ali menjelaskan bahwa sanksi untuk pejabat yang tidak melaporkan harta kekayaan, berupa sanksi administratif.

Jika ada penyelenggara yang tidak patuh atau melakukan dugaan kejanggalan, kemudian melakukan klarifikasi, hal itu akan menjadi bahan bagi pengambil kebijakan dari kementerian dan lembaga sebelum memutuskan kenaikan jabatan atau promosi mutasi.

“Itu jadi pertimbangan untuk kepatuhan LHKPN. Seluruh ya saya kira bagian dari upaya pencegahan selain pendidikan.”

Ali juga menuturkan, jika ada laporan yang mencurigakan atau tidak dilakukan sesuai dengan program, pihaknya akan melakukan klarifikasi dengan memanggil pejabat bersangkutan.

Jika hasil klarifikasi tidak sesuai, bisa dilaporkan ke bagian penindakan dan disampaikan kepada kementerian atau lembaganya sebagai bahan evaluasi.

“Bisa untuk pemeriksaan lebih dalam. Tidak hanya formil, tapi secara materi juga apakah ada ketersesuaian dari penyelenggara negara.”

Dalam kesempatan itu, Ali Fikri juga menjelaskan bahwa LHKPN merupakan bagian dari pencegahan tipikor oleh penyelenggara negara. Pejabat juga wajib membuat LHKPN.

“Tentu seluruh penyelenggara di negara kita ini terukur ya penghasilan sah yang kemudian dia peroleh dan dinilai kewajarannya sebagai kontrol,” lanjut Ali.

“Apakah kemudian dia juga bisa memperoleh nilai aset misalnya, nilai uang barang. Karena di LHKPN ini ada komponen-komponen di sana yang wajib dilaporkan kepada KPK dan diverifikasi LHKPN KPK.”

S: tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ferdy Sambo Ditimpa Masalah Baru, KPK Tengah Cek Data Semua Kekayaan Ferdy Sambo
Ferdy Sambo Ditimpa Masalah Baru, KPK Tengah Cek Data Semua Kekayaan Ferdy Sambo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEIiSA1tRhXNJzXjjG_4L0hvH4EzuHSemUMxDfTpyY2tpuJc-Ep0j3jHxj0tTYSll9jMBqBLzKrIjozHCCT-ab--mXI5wNpox-_9dcWkrWMWn3-KsAIrbAIL4lth7YG-Km49RcmYW_lnmC7nxAkoZu4GT0_W6Mel8R6WLSXDL1OhRRPXHA2C9UF8oUIw/w640-h358/IMG_20221211_064214.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEIiSA1tRhXNJzXjjG_4L0hvH4EzuHSemUMxDfTpyY2tpuJc-Ep0j3jHxj0tTYSll9jMBqBLzKrIjozHCCT-ab--mXI5wNpox-_9dcWkrWMWn3-KsAIrbAIL4lth7YG-Km49RcmYW_lnmC7nxAkoZu4GT0_W6Mel8R6WLSXDL1OhRRPXHA2C9UF8oUIw/s72-w640-c-h358/IMG_20221211_064214.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2022/12/ferdy-sambo-ditimpa-masalah-baru-kpk.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2022/12/ferdy-sambo-ditimpa-masalah-baru-kpk.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy