$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Komentar Rocky Gerung Tahu Kaesang Jadi Ketum PSI, Nama Jokowi Disebut-sebut

INDONESIAKININEWS.COM - Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), kini telah resmi menduduki jabatan seba...

Komentar Rocky Gerung Tahu Kaesang Jadi Ketum PSI, Nama Jokowi Disebut-sebut

INDONESIAKININEWS.COM
- Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), kini telah resmi menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Terpilihnya Kaesang disebut sebagai penanda jika Joko Widodo ( Jokowi ) bakal berhenti sebagai petugas partai.

Tidak hanya itu, terpilihnya suami Erina Gudono ini juga disebut- sebagai mainan baru bagi Jokowi setelah lengser sebagai presiden.

Seperti diketahui, terpilihnya Kaesang Pangarep sebagai ketua umum PSI sesuai keputusan Kopdarnas PSI yang berlangsung pada Senin (25/9/2023) malam.

Adapun pengamat politik Rocky Gerung memberi tanggapan menarik terkait diangkatnya Kaesang Pangarep, anak bungsu Jokowi, menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesaia (PSI).

Menurut Rocky Gerung, masuknya Kaesang Pangarep jadi ketua umum PSI mencerminkan kebutuhan Jokowi agar memiliki 'mainan' baru di dunia politik kelak jika dirinya sudah lengser dari kursi presiden setelah 2 kali periode menjabat.

Rocky Gerung pun menduga, Jokowi ingin punya 'wahana' untuk meneruskan kepemimpinan politiknya.

"Pak Jokowi memerlukan wahana untuk meneruskan kepemimpinan dia, dan itu berarti kekuatan politik," kata Rocky Gerung saat memberikan ulasan politiknya di channel YouTube Rocky Gerung Official, Senin (25/9/2023).

Nggak Cukup Pakai Relawan

"Kekuatan politik itu enggak mungkin hanya relawan doang, harus dilembagakan," lanjutnya.

Menurut Rocky Gerung, setelah lengser dari kursi presiden, Jokowi tetap membutuhkan 'mainan'.

"Kan nggak mungkin Pak Jokowi setelah lengser nggak punya mainan. Mainan paling bagus kalau dimainkan keluarganya sendiri," imbuhnya.

"Nah, itu masuk akal kalau Kaesang kemudian dipersiapkan untuk menjadi pemimpin PSI," lanjut Rocky Gerung dalam channel YouTube Rocky Gerung Official, Senin (25/9/2023).

Rocky Gerung sebelumnya mengomentari pilihan politik putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang memilih bergabung dengan PSI.

Rocky sependapat, PDIP kecewa dengan keputusan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut karena selama ini keluarga Kaesang mulai dari ayah, kakak, dan kakak ipar merupakan kader PDIP.

Menurut Rocky Gerung, apa yang dilakukan Kaesang itu seolah-olah dipamerkan. Bukan sebagai penanda Kaesang terjun ke dunia politik, melainkan penanda Jokowi berhenti menjadi 'petugas partai'.

Di sisi lain, Rocky Gerung menilai bahwa kekecewaan PDIP dan Megawati merupakan hal yang wajar, sebab menurutnya, PDIP merasa bahwa mereka telah membesarkan Jokowi.

Tak Melanggar Aturan PDIP

Politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya tidak masalah jika Kaesang menjadi kader PSI.

Hendrawan menyebut Kaesang juga tidak melanggar aturan PDIP.

Pasalnya, kata Hendrawan, Kaesang tidak lagi menjadi keluarga inti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu dikarenakan Kaesang sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri.

"Keluarga inti. Selama ini dimaknai sebagai suami, istri dan anak yang masih dalam tanggungan. Setahu saya Kaesang sudah membina dan menjadi kepala keluarga baru," kata Hendrawan saat dikonfirmasi, Sabtu (23/9/2023).

Di sisi lain, Hendrawan pun mengaku bakal segera mengajak Kaesang berbicara usai memutuskan resmi bergabung dengan PSI. Dia bakal berbicara hati ke hati dengan Kaesang.

"Berarti sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. Tinggal nanti kami konfirmasi ulang dari hati ke hati," katanya.

Lebih lanjut, Hendrawan mengatakan nantinya PDIP akan mendalami keputusan Kaesang menjadi kader PSI. Sebab, menurutnya pilihan anak muda seperti Kaesang menarik untuk dicermati.

"Tentu menarik mencermati pertimbangan dan perhitungan Mas Kaesang dalam konstelasi demokrasi dan transisi kepemimpinan nasional ke depan. Pandangan anak muda selalu menarik untuk disimak," jelas Hendrawan.

Adapun Kaesang sudah resmi menjadi anggota PSI sejak hari ini setelah mendapat kartu tanda anggota (KTA).

Penyerahan KTA PSI diberikan secara simbolik oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha ke Kaesang di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo, Sabtu (23/9/2023).

Kaesang mengatakan sudah lama mengenal para tokoh di PSI, termasuk Giring yang sempat menjadi tamu podcast miliknya.

"Saya sebenarnya dengan teman-teman PSI sudah cukup lama. Sudah bertemu dengan Bro William, Bro Mongol, dengan Bro Ketum juga di podcast saya," kata Kaesang di lokasi.

Bukti Kaderisasi Nggak Penting

Pendapat berbeda disampaikan pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting tentang manuver Kaesang Pangarep jadi ketua umum PSI.

Pangi Syarwi Chaniago mengkritik dilantiknya Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) hanya dalam waktu dua hari setelah resmi menjadi anggota.

Pangi menilai hal ini menjadi wujud tidak pentingnya kaderisasi dalam tubuh PSI.

"Kita melihat pembelajaran penting betapa tidak pentingnya kaderisasi, berproses, kontribusi kader-kader, bertahap, berjenjang, berproses itu tidak penting di PSI."

"Tiba-tiba bisa jalur tol, nggak perlu masuk jalur kampung. Ini kan jalur cepat, dua hari menjadi anggota PSI langsung menjadi ketua umum. Hebat betul PSI ini," katanya kepada Tribunnews.com, Senin (25/9/2023).

Dengan penunjukan Kaesang ini, Pangi menilai PSI tidak berhasil dalam menempuh kaderisasi dan hanya mementingkan figur untuk mendongkrak suara di Pemilu 2024.

"Partai yang merasa meritrokasi bagaimana menghargai kaderisasi seperti tidak terlalu penting bagi PSI. Yang penting orang Indonesia itu lebih penting memilih figur dan figur itu menjadi penting," tuturnya.

Pangi pun menganggap kini, PSI hanya membangun citra telah didukung oleh anak Presiden Jokowi saja tanpa memiliki citra kuat lewat kaderisasi di dalam partai tersebut.

"Kalau daya tarik PSI, yang penting itu (citra didukung) anaknya Presiden yang namanya Kaesang. Bagaimanapun faktor Jokowi yang sedang berkuasa telah menjadi energi baru dan vitamin penyemangat dari PSI," tuturnya.

Secara lebih luas, Pangi menegaskan bahwa dilantiknya Kaesang menjadi Ketua Umum PSI menjadi tamparan bagi seluruh partai politik (parpol) di Indonesia lantaran tidak menghargai proses kaderisasi.

Selain itu, sambungnya, fenomena ini menjadi wujud masih melekatnya politik transaksional dalam dunia politik di Indonesia.

"Jadi terpilihnya Kaesang menjadi Ketua Umum PSI seakan menampar wajah bagaimana tertib berorganisasi dalam konteks berproses, menghargai proses kaderisasi, meritokrasi di partai politik, pengkaderan, penggemblengan, semua harus dari bawah."

"Itu kemudian menampar wajah-wajah partai politik di Indonesia begitu transaksional dan pragmatisnya, betapa mudahnya karena bermodalkan anak Presiden tiba-tiba bisa pakai jalur tol bukan lewat jalur kampung dan tiba-tiba bisa menjadi ketua partai," jelas Pangi.

Tekad Kaesang PSI Masuk Senayan

Setelah resmi diumumkan menjadi Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menyatakan tekadnya membawa partainya menembus Senayan, dengan menempatkan wakil-wakilnya di DPR RI melalui Pemilu.

Menurut Kaesang, publik mempertanyakan kenapa dirinya malah memilih masuk ke partai yang relatif masih kecil. "Kemarin di medsos ketika saya menerima KTA (kartu tanda anggota) PSI banyak yang meledek, 'Kaesang kok masuk partai kecil'," ujarnya.

Dia mengatakan, orang-orang yang meledeknya itu bertanya-kenapa kenapa dirinya tidak bergabung ke partai besar yang sudah lolos ke DPR.

Kaesang menjelaskan, dirinya justru lebih tertarik bergabung ke partai kecil dan akan berjuang membuat PSI lolos ke DPR di tahun 2024.

"Karena PSI belum ada di DPR. Dan saya ingin berjuang bersama kawan-kawan semua di sini agar di 2024 PSI menjadi partai besar. Dan 2024 PSI akan ada di DPR RI," tutur dia.

Dia ingin agar energi anak muda di tubuh PSI tidak hanya tersebar di kota saja, melainkan juga di desa-desa.

"Insyaallah saya siap memimpin konsolidasi PSI ke seluruh nusantara. Saya sadar jalan yang saya pilih itu tidak mudah. Tapi inilah jalan yang saya pilih, jalan yang saya percaya akan membawa kita ke masa depan yang lebih baik," imbuh Kaesang.

Kaesang mengaku biasa saja saat diserang di media sosial. Menurut dia, hinaan yang datang masih dalam dosis rendah.

"Baru saja saya terima KTA PSI, langsung diserang, dihujat, dihina," ujar Kaesang.

Kaesang menilai hinaan yang datang kepadanya tidak sebanding dengan orang yang dikata-katai PKI hingga planga-plongo.

Dia tidak menyebut secara jelas siapa sosok yang dimaksud. Namun, dari hinaan-hinaanya, Kaesang mengindikasikan sosok itu adalah sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Enggak sebanding yang dituduh PKI, antek China, anti Islam, planga-plongo, ijazah palsu," kata dia.

Namun, Kaesang heran dengan orang-orang yang menghina istrinya, Erina Gudono. Sebab, kata dia, istrinya itu tidak ikut-ikutan masuk ke dalam politik.

"Tapi yang aneh itu dan saya bingung kok ya istri saya tercinta kok ikut-ikutan diserang. Wong dia enggak ikut-ikutan kecuali beri restu dan dukungan buat saya," imbuh Kaesang.

Sumber: PosBelitung


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Komentar Rocky Gerung Tahu Kaesang Jadi Ketum PSI, Nama Jokowi Disebut-sebut
Komentar Rocky Gerung Tahu Kaesang Jadi Ketum PSI, Nama Jokowi Disebut-sebut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh09_oiNMGZrv0PcfZ8pcs7FRs0AphYyXwb-32BailPJDbSSiWn2nN3fP2PCMPTYSjEHl4zW3Y6qr-MNO5q8wHZc_ZYeKFiOp26yxP9zXwoWwgXEhtCk7BFppylTGWpUEKnqt-tseN4OD15zOtD_vXbyhvv7aWSNnrVnr6naV_zvahlNp56MNAaoRMNj4Q/w640-h360/AA1hfQm4.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh09_oiNMGZrv0PcfZ8pcs7FRs0AphYyXwb-32BailPJDbSSiWn2nN3fP2PCMPTYSjEHl4zW3Y6qr-MNO5q8wHZc_ZYeKFiOp26yxP9zXwoWwgXEhtCk7BFppylTGWpUEKnqt-tseN4OD15zOtD_vXbyhvv7aWSNnrVnr6naV_zvahlNp56MNAaoRMNj4Q/s72-w640-c-h360/AA1hfQm4.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2023/09/komentar-rocky-gerung-tahu-kaesang-jadi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2023/09/komentar-rocky-gerung-tahu-kaesang-jadi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy