$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dewan Guru Besar UGM Bikin Pernyataan Mengejutkan: Gelar Profesor untuk Amien Rais Sudah Hilang

(Foto: Instagram/Amien Rais Official) INDONESIAKININEWS.COM -  Sebelum terjun ke dunia politik, Amien Rais adalah salah satu pengajar d...

(Foto: Instagram/Amien Rais Official)

INDONESIAKININEWS.COM - Sebelum terjun ke dunia politik, Amien Rais adalah salah satu pengajar di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dia bahkan mencapai puncak karir seorang akademisi sebagai guru besar atau profesor. Namun UGM menyebut gelar itu kini telah hilang.

Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro, mengakui memang banyak pertanyaan yang diajukan kepadanya berkaitan dengan tanggung jawab Amien Rais kepada masyarakat sebagai seorang profesor.

"Saya selaku Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada barangkali banyak yang menanyakan, kan beliau (Amien Rais) profesor, lalu bagaimana tanggung jawabnya?" ungkapnya kepada wartawan di kampus UGM, Jumat (24/5/2019).

"Memang di Gadjah Mada guru besar itu memiliki tiga komisi, satu komisi tentang pendidikan, yang kedua komisi tentang nilai-nilai ke-UGM-an, yang ketiga adalah wawasan kebangsaan," lanjutnya.

Perihal aspek kebangsaan, kata Koentjoro, pihak UGM menjunjung tinggi kebebasan akademik setiap civitas akademikanya. Namun ia menolak berkomentar mengenai Amien, karena yang bersangkutan sudah pensiun dari UGM.

"Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang," pungkas Koentjoro.

Sementara itu Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono, menegaskan apa yang dilakukan politisi senior mien Rais bukan tanggung jawab institusinya. Sebab Amien Rais sudah pensiun dari kampus.

"Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari Universitas Gadjah Mada, sehingga secara institusi (UGM) sudah tidak ada ikatan secara struktural ya dengan Profesor Amien Rais," kata Panut.

"Sehingga apa yang beliau (Amien Rais) lakukan itu bukan tanggung jawab Universitas Gadjah Mada, tentu menjadi tanggung jawab pribadi beliau. Saya kira demikian," lanjutnya.

sumber: detik.com


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dewan Guru Besar UGM Bikin Pernyataan Mengejutkan: Gelar Profesor untuk Amien Rais Sudah Hilang
Dewan Guru Besar UGM Bikin Pernyataan Mengejutkan: Gelar Profesor untuk Amien Rais Sudah Hilang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjmPZkU7HBFCrUgZJqIUArobyH_Swb9mZEtctPBZMkgm5Wzlqo-sZgnunQSwJYWtTzpuKor0akUhxKks9S3oz9A12ZHnQLwO1hJJ1CCb3PEHB0lmqpK7-Bg3BGwUdaOtVOarHCghp_0q8/s640/487746-amien-rais+%25281%2529.webp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjmPZkU7HBFCrUgZJqIUArobyH_Swb9mZEtctPBZMkgm5Wzlqo-sZgnunQSwJYWtTzpuKor0akUhxKks9S3oz9A12ZHnQLwO1hJJ1CCb3PEHB0lmqpK7-Bg3BGwUdaOtVOarHCghp_0q8/s72-c/487746-amien-rais+%25281%2529.webp
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/dewan-guru-besar-ugm-bikin-pernyataan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/05/dewan-guru-besar-ugm-bikin-pernyataan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy