$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies Kerap Dibandingkan Dengan Risma, Anggota DPD Ini Marah

Tribunnews.com/ Yurike Budiman INDONESIAKININEWS.COM -  Anggoda Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta Fahira Idris marah ke...

Fahira Idris Dilaporkan ke Bawaslu Atas Dugaan Politisasi Aksi 211
Tribunnews.com/ Yurike Budiman

INDONESIAKININEWS.COM - Anggoda Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DKI Jakarta Fahira Idris marah kepada Anggota DPRD DKI Fraksi Partai Nasdem Bestari Barus. Kegeraman Fahira terkait kritik Bestari untuk Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Fahira, Bestari membandingkan kinerja Gubernur Anies dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini dalam penangangan dan anggaran pengelolaan sampah antara Jakarta (berpenduduk 10,37 juta jiwa, luas wilayah 661,52 km2) dengan Kota Surabaya (2,85 juta jiwa, luas 350,54 km2) tidak elok.

Belum lagi, kata dia,  jika dibandingkan dengan volume sampah antara Jakarta (7 ribu ton sampah/hari) dan Surabaya (1,6 ribu ton/hari). Serangan Bestari juga dinilai tidak tepat karena tidak mampu membedakan besaran anggaran pengelolaan sampah dengan anggaran total Dinas Lingkungan Hidup Jakarta.

"Saya harap Pak Bestari lebih bijak. Tidak elok lah membandingkan-bandingkan walikota dan gubernur secara langsung apalagi satu dinaikkan dan satu dijatuhkan sehingga kesannya mengadu," kata Fahira seperti diberitakan Kantor Berita RMOL, Jumat (2/8).

"Terlebih apa yang disampaikan Pak Bestari soal besaran anggaran pengelolaan sampah di Jakarta tidak sepenuhnya tepat. Mengapresiasi pengelolaan sampah di Surabaya baik saja, tetapi tidak perlu sambil menihilkan upaya pengelolaan sampah di Jakarta," ujarnya menambahkan.

Menurut Fahira, walau pengelolaan sampah mempunyai tema besar yang sama tetapi persoalan yang dihadapi tiap daerah berbeda-beda. Masing-masing kepala daerah baik itu Anies sebagai Gubernur dan Risma sebagai Walikota tentu mempunya strategi, kebijakan dan skala prioritas masing-masing.

Sejauh ini road map dan implementasi pengelolaan sampah di Jakarta sudah berada di jalur yang tepat. Jika dulu paradigma penangangan sampah di Jakarta hanya memungut, tetapi saat ini paradigmanya sudah mulai mengelola sampah.

Sementara terkait kemungkinan TPST Bantargebang overload pada tahun 2021, sudah mulai diantisipasi dengan aksi pengurangan sampah mulai dari sumbernya. Dimulainya pembangunan intermediate treatment facility (ITF) di kawasan Sunter, Jakarta Utara yang akan selesai pada 2022 juga adalah salah satu jalan mengubah paradigma penanganan sampah.

"Jika mau fair, Gubernur yang berhasil memulai pembangunan ITF di Jakarta itu Anies Baswedan. ITF yang sedang dibangun di Sunter salah satu yang terbesar di dunia. Teknologinya juga paling mutakhir. Jadi wajar anggaran pengelolaan sampah di DKI Jakarta besar karena ada pembangunan infrastruktur ITF disitu. Kenapa hal-hal yang yang sebernarnya mudah dipahami seperti malah dijadikan peluru untuk menyerang," pungkas Fahira.

Polemik persoalan sampah bermula saat Bestari dan sejumlah anggota DPRD DKI melakukan studi banding ke Surabaya. Saat bertemu Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bestari ingin memboyong Risma untuk menyelesaikan persoalan sampah Jakarta. Bestari menyebut anggaran pengelolaan sampah Jakarta mencapai Rp 3,7 triliun yang membuat Risma kaget karena anggaran di Surabaya hanya Rp 30 miliar.

Padahal anggaran Rp 3,7 triliun itu bukan murni untuk pengelolaan sampah Jakarta, tetapi merupakan anggaran total Dinas Lingkungan Hidup Jakarta beserta suku dinas tiap wilayah dan unit kerja perangkat daerah (UKPD) di bawah Dinas Lingkungan Hidup.

sumber: rmolsumsel.com 


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies Kerap Dibandingkan Dengan Risma, Anggota DPD Ini Marah
Anies Kerap Dibandingkan Dengan Risma, Anggota DPD Ini Marah
https://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/fahira-idris_20160516_131441.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/anies-kerap-dibandingkan-dengan-risma.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/anies-kerap-dibandingkan-dengan-risma.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy