$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Umumkan Ibu Kota Negara Dipindahkan ke Kalimantan, Para Menterinya Diminta Untuk.....

FOTO: kompas INDONESIAKININEWS.COM -  Presiden Joko Widodo memastikan ibu kota negara yang baru akan dipindahkan di Pulau Kalimantan. ...

FOTO: kompas

INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Joko Widodo memastikan ibu kota negara yang baru akan dipindahkan di Pulau Kalimantan.

Jokowi mengatakan saat ini pihaknya tengah membahas penentuan provinsi mana yang akan dijadikan ibu kota baru pengganti DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Rapat Terbatas tentang Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/19).

Jokowi menyebut setelah turun ke lapangan dan mendapatkan kajian, meskipun belum selesai 100 persen, pilihan pemindahan ibu kota sudah mengerucut. Pilihannya jatuh pada pulau Kalimantan.

"Sudah semakin mengerucut dan pilihannya juga sudah jelas bahwa ibu kota negara akan dipindahkan di Kalimantan, di Kalimantan, provinsinya di mana, ini yang harus didetailkan lagi," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menyatakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sudah menindaklanjuti pilihan provinsi yang dinilai berpotensi, seperti di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Nanti setelah dipaparkan secara detail akan segera diputuskan," ujarnya.

Lebih lanjut Jokowi meminta agar kajian yang berkaitan dengan kebencanaan, daya dukung lingkungan, ekonomi, demografi, sosial-politik, dan pertahanan-keamanan diselesaikan dan dirinci kembali. Ia ingin keputusan nanti adalah keputusan yang benar sebagai kepala negara dalam visinya memimpin pemerintahan ke depan.

"Saya memutuskan nantinya bukan sebagai kepala pemerintahan tetapi sebagai kepala negara," katanya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta jajarannya untuk mempelajari pengalaman pemindahan ibu kota negara lain, terutama terkait faktor-faktor yang bisa menjadi hambatan, sehingga bisa mengantisipasi sedini mungkin.

"Sebaliknya faktor kunci keberhasilan yang bisa kita adopsi dan adaptasi kita ambil," tuturnya.

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya untuk menyiapkan skema pembiayaan pemindahan ibu kota, baik yang bersumber dari APBN atau di luar APBN.

Ia juga memerintahkan agar ada desain kelembagaan yang diberikan otoritas dalam rencana pemindahan ibu kota negara ini.

"Dan terpenting payung hukum mengenai pemindahan ibu kota," ujarnya.

sumber: cnnindonesia.com


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Umumkan Ibu Kota Negara Dipindahkan ke Kalimantan, Para Menterinya Diminta Untuk.....
Jokowi Umumkan Ibu Kota Negara Dipindahkan ke Kalimantan, Para Menterinya Diminta Untuk.....
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi59PDbRZcubcJ17Q8iPw6vVf9NGpIiUhn3JKSshdr-KrcOfnXfEIIOQTpIwqYWkRWBYRlVfsFo8Mzle-nVIiV253r6FYLlwoE6D8kD7wlo85jPbvGo7HVbTXmcLQqVV1CProCcQvIZiqo/s640/jokowi-rapat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi59PDbRZcubcJ17Q8iPw6vVf9NGpIiUhn3JKSshdr-KrcOfnXfEIIOQTpIwqYWkRWBYRlVfsFo8Mzle-nVIiV253r6FYLlwoE6D8kD7wlo85jPbvGo7HVbTXmcLQqVV1CProCcQvIZiqo/s72-c/jokowi-rapat.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/jokowi-umumkan-ibu-kota-negara.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/jokowi-umumkan-ibu-kota-negara.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy