$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Kayak Gini Mau Dibilang Ulama ? [ Salah ] UAS Bilang Alkohol Dari Babi, Ini Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -  UAS saat menjawab pertanyaan mengklaim bahwa alkohol ada dua jenis, satu dibuat dari buah dan satunya lagi dibu...



INDONESIAKININEWS.COM - UAS saat menjawab pertanyaan mengklaim bahwa alkohol ada dua jenis, satu dibuat dari buah dan satunya lagi dibuat dari babi untuk dipergunakan dalam parfum.


KATEGORI: MISLEADING CONTENT
=====
SUMBER

Kanal Fodamara TV di Youtube, sudah dilihat 233,852 kali saat tangkapan layar dibuat
https://www.youtube.com/watch?v=ems_rFhPGYE


Transkrip dari video youtube saat UAS membahas alkohol dalam parfum:

"Alkohol terbagi dua. Alkohol dari buah, kalau diperas anggur, dimasukkan ke dalam botol, ditutup selama seminggu, terjadi fermentasi, muncul barang baru di dalam, disebut dengan alkohol, dari anggur.

Yang satu lagi dari babi. Yang masuk ke dalam parfum itu apakah alkohol dari anggur atau dari babi? Alkohol dari babi. Alkohol nabati, bukan hewani. Alkohol hewani, dari babi. Kenapa bukan dari anggur? Karena yang dari anggur itu mahal. Maka yang murah itu dari babi, karena babi anaknya banyak. Kalau kambing, anaknya dua, kalau babi, anaknya tiga belas."

PENJELASAN

Alkohol yang dipergunakan dalam parfum adalah etanol, yang aman untuk dipergunakan di kulit, dan merupakan hasil fermentasi dari zat gula, karbohidrat atau starch, yang banyak didapatkan pada tanaman, atau merupakan hasil sintesis dengan proses hidrasi langsung dari etilena atau alkana lain dari proses cracking dari minyak bumi yang didistilasi, jadi tidak ada yang berasal dari babi.

Alkohol yang diklaim berasal dari binatang antara lain adalah mead yang dibuat dari madu, namun inipun sebenarnya adalah nabati, karena dihasilkan dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah menjadi madu, bukan berasal dari lebahnya sendiri.

Lalu ada kumis, minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi susu kuda.

Pembuatan parfum sendiri ada proses yang dinamakan masceration/maceration, yaitu proses untuk menyarikan minyak parfum dari bunga, dengan cara mencampurkan bunga dengan lemak babi dan sapi yang sangat murni, dipanaskan mendekati titik cair, diaduk selama 24 jam sampai lemak menjadi harum.

Lemak lalu dibilas dengan alkohol, yang akan menyerap keharuman tadi dari lemak. Alkohol lalu didistilasi untuk mendapatkan sari murninya. Proses maceration yang menggunakan lemak babi ini yang tampaknya keliru disampaikan.

Proses maceration itu sendiri hanyalah salah satu dari 4 cara untuk mengekstraksi wewangian dari bunga, cara lainnya adalah "enfleurage" yang mirip maceration tapi tanpa memanaskan lemak, lalu distilasi menggunakan uap bertekanan, dan yang terakhir adalah melarutkan bagian bunga yang harum dalam pelarut seperti minyak bumi, yang nanti diuapkan, menyisakan residu lunak yang dikenakan alkohol dan didistilasi untuk mendapatkan sari murninya.

Dari empat cara tersebut, hanya cara yang menggunakan uap bertekanan yang tidak menggunakan alkohol. Sementara baik maceration maupun enfleurage keduanya menggunakan lemak dari binatang.

Alkohol dipergunakan sebagai pelarut parfum agar volumenya bisa bertambah, dan dijual berdasarkan konsentrasi parfumnya, makin tinggi konsentrasinya makin bertahan lama harumnya, mulai dari Parfum yang bisa bertahan 8 jam, sampai dengan Eau Fraiche yang bertahan kurang dari 2 jam:

Parfum 20-30%

Eau de Parfum 15-20%

Eau de Toilette 5-15%

Eau de Cologne 2-4%

Eau Fraiche 1-3%



REFERENSI

Proses produksi alkohol https://id.wikipedia.org/wiki/Alkohol#Produksi

Pada industri, alkohol diproduksi dengan beberapa cara:

- Dengan fermentasi menggunakan glukosa yang diproduksi dari gula dari hidrolisis amilum. Fermentasi alkohol ini dibantu dengan khamir dan suhu dibawah 37 °C. Selain fermentasi glukosa, proses pembuatan alkohol juga dapat dibuat dengan mengkonversi sukrosa dengan enzim invertase menjadi glukosa dan fruktosa, setelah itu glukosa dikonversi lagi menjadi etanol dengan enzim zimase.

- Dengan hidrasi langsung menggunakan etilena (Hidrasi etilena) atau alkana lain dari proses cracking dari minyak bumi yang didistilasi.

Mead https://id.wikipedia.org/wiki/Mead

Mead adalah minuman beralkohol yang dibuat dari madu, air, dan ragi. Meadhing adalah proses brewing madu. Mead banyak diminum di Eropa tengah, tertama di negara-negara Baltik. Dalam bahasa Polandia mead disebut miód pitny, artinya "madu yang dapat diminum".

Di Finlandia, sejenis mead manis yang disebut Sima biasanya diminum dalam festival Vappu. Mead dari Ethiopia disebut tej dan biasanya dibuat di rumah.

Kumis (minuman) https://id.wikipedia.org/wiki/Kumis_(minuman)

Kumis, juga disebut kumiss atau koumiss dalam bahasa Inggris (atau kumys, lihat transliterasi dan kata padanan lainnya di bagian terminologi dan etimologi) adalah sebuah produk harian yang difermentasi yang secara tradisional dibuat dari susu kuda betina.

How perfume is made https://www.csmonitor.com/layout/set/amphtml/1982/0715/071515.html

The absolute oil from roses, violets, and daffodils is extracted by ''masceration.'' In this process the flowers are mixed with very pure pork and beef fat, heated close to the melting point. The flowers are stirred in the mixture for about 24 hours until the fat is saturated with fragrance. The fat is then rinsed with alcohol, which absorbs the fragrance from the fat. The alcohol is distilled to obtain the pure essence. ''Enfleurage'' is a similar process, with no heating involved.

The Difference Between Perfume, Cologne and Eau de Toilette https://lifehacker.com/the-real-difference-between-perfume-cologne-toilette-1761347943

sumber: Facebook | Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax


Name

Berita,3811,HUMOR,1,Internasional,53,Nasional,3801,News,50,OPINI,47,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Kayak Gini Mau Dibilang Ulama ? [ Salah ] UAS Bilang Alkohol Dari Babi, Ini Faktanya
Kayak Gini Mau Dibilang Ulama ? [ Salah ] UAS Bilang Alkohol Dari Babi, Ini Faktanya
https://1.bp.blogspot.com/-tqFcp0YsHnU/XV5LgXvBkBI/AAAAAAAAaxo/nTcFyk8_thQ1w-jf8b4U-BxyGQWgDlCGgCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-08-22%2Bat%2B2.36.10%2BPM.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-tqFcp0YsHnU/XV5LgXvBkBI/AAAAAAAAaxo/nTcFyk8_thQ1w-jf8b4U-BxyGQWgDlCGgCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-08-22%2Bat%2B2.36.10%2BPM.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kayak-gini-mau-dibilang-ulama-salah-uas.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kayak-gini-mau-dibilang-ulama-salah-uas.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy