$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

KKB Papua Kembali Berulah Dengan Tembaki Mobil TNI, 2 TNI Terluka Parah, Begini Kronologinya

(KOMPAS.com/Kristian Erdianto) INDONESIAKININEWS.COM -  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya kembali berulah. KKB Egianus ...

Mobil Rombongan Anggota TNI Ditembaki KKB Papua hingga Rusak Berat, 2 Prajurit Tertembak
(KOMPAS.com/Kristian Erdianto)

INDONESIAKININEWS.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya kembali berulah. KKB Egianus Kogoya menembaki konvoi mobil TNI yang melintas.

Akibatnya, dua prajurit mengalami luka tembak masing-masing di kaki dan tangan.

KKB Egianus Kogoya melakukan penghadangan terhadap mobil yang digunakan anggota TNI, yang tengah melintas di Jalan Ujung Aspal, Danau Habema, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (16/8/2019) pukul 15.15 WIT.

Dari peristiwa itu, dikabarkan dua anggota TNI terluka, antara lain Pratu Panji (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian lengan kiri dan lecet akibat peluru pada paha kanan.

Kondisinya saat ini sadar.

Korban berikutnya Pratu Sirwandi (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada selangkangan dalam bagian paha kiri tembus ke pinggang.

“Iya benar, adanya ganguan dari kelompok KKB di Habema, Kabupaten Jayawijaya,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Letkol CPl Eko Daryanto, ketika dihubungi, Jumat malam.

Eko mengatakan, kelompok Egianus melakukan penghadangan terhadap dua kendaraan TNI yang sedang konvoi mengangkut logistik Satgas Pamrahwan.

“Jadi, pukul 15.30 WIT, dua unit kendaraan jenis Hilux yang baru selesai mengantar perbekalan bagi personel Pos Pamrahwan TNI yang berada di Mbua, mendapat tembakan sporadis dari kelompok separatis bersenjata, yang diduga pimpinan Egianus Kogoya di sekitar KM 39 Jalan Trans Wamena-Habema,” kata Eko, Jumat (16/8/2019) malam.

Menurut laporan yang diterima, lanjut Eko, tembakan berasal dari dua arah yaitu ketinggian dan lembah yang berada di kanan dan kiri jalan.

“Dalam posisi terjepit, sejumlah 12 personel TNI yang bertugas mengawal konvoi segera turun meninggalkan kendaraan dan bereaksi dengan membalas tembakan.

Kontak tembak berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Tembakan balasan dari para personel TNI membuat kelompok tersebut melarikan diri,” kata dia.

Setelah medan berhasil dikuasai, tambah Eko, 2 prajurit TNI dilaporkan menderita luka tembak yaitu Pratu Pànji tertembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi tertembak pada paha kiri.

“Saat ini, keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit berasal dari Satuan Yonif 751/VJS,” ujar dia.

Penyerangan ini terjadi pukul 11.00 WIT.

Sebanyak 12 orang personel Batalyon 756 dan 751 DPP Serka David melaksanakan serpas dari Mbua menuju Wamena menggunakan 2 (dua) kendaraan Hilux, setelah melaksanakan pendorongan logistik (dorlog) pada tanggal 15 Agustus 2019.

Lalu sekitar pukul 15.15 WIT, bertempat di Jalan Ujung Aspal Danau Habema (Karvak 45-42), telah terjadi penghadangan oleh anggota KKB (diperkirakan menggunakan senjata api jenis Minimi).

Penghadangan itu mengakibatkan 1 mobil mengalami rusak berat, dan 2 personel tertembak.

Kemudian,Serka David memerintahkan untuk melaksanakan pengunduran dengan kondisi salah satu ban mobil Hilux terkena tembakan.

Dikarenakan melihat situasi dan kondisi tidak memungkinkan, 1 kendaraan Hilux ditinggalkan dan tim pergi hanya menggunakan 1 kendaraan Hilux.

Pada pukul 17.00 WIT, 12 orang yang dipimpin Serka David telah tiba di RSUD Wamena dan melaksanakan evakuasi terhadap 2 personel yang terkena tembakan.

*Perihal : Penghadangan terhadap pers Yonif 751 dan 756 oleh Pok Egianus Kogoya*

1. Pada hari Jumat tanggal 16 Agustus 2019 pukul 15.30 WIT, bertempat di Jl. Trans Wamena-Habema tepatnya di sekitaran Danau Habema KM. 39 Kab. Jayawijaya telah terjadi penghadangan yang dilakukan oleh kelompok KSB terhadap Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/ VJS dan Yonif 756/WMS yang berjumlah 12 personel dipimpin oleh Serka David (Bamin Satgas Yonif RK 751/VJS) setelah selesai melaksanakan Droping Logistik di Distrik Mbua Kab. Nduga, yang mengakibatkan 2 (Dua) Personel Yonif RK 751 a.n Pratu Panji (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian paha kiri tembus ke pinggang.

2. Kronologis kejadian sbb :

a. Sekitar 09.00 WIT, 10 personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan 2 personel Yonif 756/WMS bergerak dari Distrik Mbua Kab. Nduga menuju ke Kota Wamena Kab. Jayawijaya dengan menggunakan 2 Unit mobil Jenis Toyota Hilux.

b. Pukul 15.30 WIT, bertempat di Jl. Trans Wamena-Habema tepatnya di sekitar Danau Habema KM. 39 Kab. Jayawijaya 10 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan 2 Personel Yonif 756/WMS mendapatkan gangguan tembakan/Penghadangan yang dilakukan oleh kelompok KSB dengan cara menggunting tembakan kepada rombongan Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan Yonif 756/WMS (Tembakan dua tempat yang berada pada ketinggian dan dibawah ketinggian)

c. Setelah mendapatkan gangguan tembakan, Personel Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS dan Yonif 756/WMS turun dari kendaraan yang selanjutnya membalas tembakan.

d. Kontak tembak antara Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS dan Yonif 756/WMS berlangsung selama 20 menit

e. Pukul 15.50 WIT, karena terdapat korban luka tembak pada 2 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS, Serka David (Bamin Satgas Yonif RK 751/VJS) mengambil keputusan untuk melakukan Evakuasi ke RSUD Wamena dengan menggunakan 1 (satu) unit mobil Toyota Hilux.

f. Pukul 16.35 WIT, 2 Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang mengalami luka tembak tiba di RSUD Wamena selanjutnya mendapatkan perawatan Medis oleh Petugas RSUD Wamena

3. Kerugian personel dan materiil sbb :

a. Personel :
1) Pratu Panji (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian lengan kiri (Kondisi saat ini sadar)

2) Pratu Sirwandi (Tabakpan Satgas Yonif RK 751/VJS) mengalami luka tembak pada bagian paha kiri tembus ke pinggang (Kondisi saat ini masih kritis dan menjalani proses operasi)

b. Materiil :
1) 1 Unit Mobil Jenis Toyota Hilux rusak parah akibat terkena renteten tembakan yang dilakukan oleh kelompok KSB (Posisi masih di TKP)
2) 1 Unit Toyota Hilux pada bagian Body Kit pada bagian kiri depan, pintu kiri belakang, Besi Stainless dudukan senjata pada bagian Kanan dan ban kiri depan terkena tembakan

Catatan :

1. Kelompok KSB yang melakukan aksi penghadangan terhadap Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS dan Yonif 756/WMS diduga adalah kelompok Egianus Kogoya.

2. Kelompok Egianus Kogoya saat melakukan penghadangan diketahui oleh personel Satgas Yonif RK 751/VJS menggunakan senjata jenis Minimi, SS-1 dan Revolver

Terbaru Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, telah memerintahkan seluruh personel pos-pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan dan mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai jalan pelarian KKB tersebut.

"Situasi di sana sudah kondusif. Namun demikian kita tetap mewaspadai kemungkinan KSB yang memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk melakukan aksi teror, baik terhadap aparat keamanan maupun masyarakat," kata Pangdam.

Pangdam menegaskan, masyarakat tidak perlu takut dengan kejadian ini.

“Kami telah berkoordinasi baik dengan polda maupun pemda setempat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata jenderal bintang dua ini.

sumber: lampung.tribunnews.com


Name

Berita,4258,HUMOR,1,Internasional,55,Nasional,4245,News,50,OPINI,67,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: KKB Papua Kembali Berulah Dengan Tembaki Mobil TNI, 2 TNI Terluka Parah, Begini Kronologinya
KKB Papua Kembali Berulah Dengan Tembaki Mobil TNI, 2 TNI Terluka Parah, Begini Kronologinya
https://cdn2.tstatic.net/jambi/foto/bank/images/kendaraan-taktis-p6-atav-milik-satuan-detasemen-bravo-90.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kkb-papua-kembali-berulah-dengan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/kkb-papua-kembali-berulah-dengan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy