$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Viral Uang Tabungan yang Disimpan di Dalam Lemari Malah Dimakan Rayap, Saat Ditukarkan ke BI Malah Begini....

Twitter @putribuddin INDONESIAKININEWS.COM -  Baru-baru ini, lini masa Twitter dihebohkan dengan kicauan seorang remaja bernama Putri ...

Twitter @putribuddin


INDONESIAKININEWS.COM - Baru-baru ini, lini masa Twitter dihebohkan dengan kicauan seorang remaja bernama Putri Buddin dengan akun @putribuddin.

Dalam cuitan yang diunggah pada Sabtu (17/8/2019), Putri mengaku menyimpan sejumlah uang kertas di dalam lemari.

Sayangnya, uang kertas tersebut justru rusak lantaran dimakan rayap.

Putri juga membagikan penampakan sejumlah uang dalam plastik dengan kondisi yang sudah rusak.

"Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap Sedi banget sumpaaa Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys? Huhu," tulis @putribuddin pada Sabtu (17/8/2019).

Cuitan akun @putribuddin soal uang yang rusak dimakan rayap itu pun kini menjadi viral.

Sampai hari Selasa (20/8/2019), unggahan Putri telah diretweet sebanyak 2.400 kali dan disukai lebih dari 2.500 akun.

Lewat utas terbarunya, Putri mengaku sudah pergi ke Bank Indonesia (BI) untuk menukarkan uangnya.

Dikutip dari Kompas.com, Putri Buddin (23) menceritakan tentang uang yang ternyata ditabungnya untuk sang nenek yang telah meninggal dunia.

"Jadi, aku kasih ke nenek aku sekitar Rp 3 jutaan. Kata nenekku enggak mau pakai, makanya aku taruh di lemari. Aku bilang kalau nenek butuh uang, ambil saja di dalam lemari," ujar Putri yang berdomisili di Jakarta Selatan pada Selasa (20/8/2019).

"Terus bukannya diambil, tapi ditambahin sampai Rp 10 jutaan. Aku enggak tahu dan lupa juga pernah menaruh uang di lemari," lanjut Putri.

Menurut Putri, ia memberikan uang kepada neneknya sekitar 1 tahun yang lalu.

Setelah sang nenek berpulang, Putri mengecek uang yang pernah ia berikan kepada neneknya sebagai persediaan jika ada kebutuhan mendesak.

Saat mengecek isi lemari, Putri menemukan dua bungkus plastik berisi uang

"Ada 2 bundle (bungkus). Satu bundle di map kertas bank, 1 bundle lagi di plastik. Yang di map langsung dibuang karena jadi sarang rayap. Yang diplastik itu yang saya unggah di Twitter," ujar Putri.

Kemudian, Putri menghitung apakah ada sisa-sisa uang yang masih bisa diselamatkan.

"Yang dibungkus plastik sejumlah Rp 5,4 juta dari yang bisa terhitung," kata dia.

Putri mengatakan, ketika petugas teller bank memanggil nomor antreannya, ia dengan hati-hati mengeluarkan uang berlubang itu ke meja teller.

"Saya bantuin untuk memisahkan uang yang masih bisa ketolong itu menjadi selembar-selembar. Petugas bank pun memeriksa kondisi fisik uang pakai alat," ujar Putri.

Menurut Putri, alat untuk mengecek kelayakan dan keutuhan uang secara fisik ternyata memiliki ketentuan apakah tingkat kerusakan uang kertas layak untuk ditukar dengan uang baru atau tidak.

"Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar minimal 67 persen. Jadi, kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67 persen, uangnya bisa diganti dengan uang baru," ujar Putri.

Ketika uang kertas diperiksa menggunakan alat dan diperoleh hasil kurang dari 67 persen, uang itu langsung dicap "Tidak Diganti".

Kemudian, uang-uang yang kondisinya di atas 67 persen atau yang lolos uji kelayakan dipisahkan dan ditempelkan di atas kertas putih.

Baca Juga: Viral Video Oknum Polisi Medan Sumpalkan Surat Tilang ke Mulut Pengendara Wanita, Kasatlantas Angkat Bicara

Selanjutnya, digunting sama dengan bentuk asli uang kertas utuh.

Akan tetapi, dari jumlah Rp 5,4 juta uang yang ada dalam plastik itu, pihak BI mengungkapkan, hanya Rp 1,05 juta saja yang lolos uji kelayakan untuk ditukar dengan uang baru.

Sementara, untuk uang-uang yang dicap "Tidak Diganti" dimasukkan dalam plastik dan dikembalikan ke Putri.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengungkapkan, uang yang tidak layak edar meliputi uang rusak, uang lusuh, uang cacat, dan yang telah dicabut serta ditarik dari peredaran.

"Bagi masyarakat yang memiliki uang tidak layak edar, berupa uang cacat atau uang rusak, dapat menukarkan uang tersebut dengan uang rupiah yang layak edar di Kantor Bank Indonesia setempat," ujar Onny, Selasa (20/8/2019).

Selain itu, penukaran uang bisa dilakukan pada waktu kegiatan kas keliling BI atau di kantor pihak lain yang disetujui oleh pihak BI.

sumber: hot.grid.id 


Name

Berita,4258,HUMOR,1,Internasional,55,Nasional,4245,News,50,OPINI,67,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Uang Tabungan yang Disimpan di Dalam Lemari Malah Dimakan Rayap, Saat Ditukarkan ke BI Malah Begini....
Viral Uang Tabungan yang Disimpan di Dalam Lemari Malah Dimakan Rayap, Saat Ditukarkan ke BI Malah Begini....
https://1.bp.blogspot.com/-52R6QTgEvtg/XV4rbq4ZDUI/AAAAAAAAaxE/MVyLLdqYlo8g5JnKefPIjIfug6J6qwLoQCLcBGAs/s640/viral-cerita-netizen-yang-uang-tabungan-berjuta-jutanya-nya-dimakan-rayap-begini-nasibnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-52R6QTgEvtg/XV4rbq4ZDUI/AAAAAAAAaxE/MVyLLdqYlo8g5JnKefPIjIfug6J6qwLoQCLcBGAs/s72-c/viral-cerita-netizen-yang-uang-tabungan-berjuta-jutanya-nya-dimakan-rayap-begini-nasibnya.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/viral-uang-tabungan-yang-disimpan-di.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/08/viral-uang-tabungan-yang-disimpan-di.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy