$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Breaking News, Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu Terbakar, Kuatkan Hatimu Jemaat

kondisi gereja GMIM sologratia yang terbakar foto kompas INDONESIAKININEWS.COM -  Saat memimpin ibadah di Jemaat GMIM Solagratia Kai...


kondisi gereja GMIM sologratia yang terbakar foto kompas

INDONESIAKININEWS.COM - Saat memimpin ibadah di Jemaat GMIM Solagratia Kaiwatu, Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Minggu (29/9/2019) pagi, Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina mengatakan bahwa dia ikut menangis atas kejadian ini.

"Tentunya saya ikut sedih ketika mendengar kejadian ini, namun kita harus kuat menghadapi semua ini," katanya.

Lanjutnya, waktu peristiwa kebakaran ini terjadi, dia berada di Tombtu dalam rangkain pelaksanaan paduan suara untuk merayakan ulang tahun GMIM Bersinode yang ke 45.

"Ketika melihat video kejadian ini, hati saya sungguh menangis dan saya langsung bermohon kepada Tuhan agar jangan membuat malu Gereja kami," ucapnya.

Dikatakannya juga, ini sudah terjadi, kuatkanlah hatimu jemaat, jangan takut sebab Tuhan bersama jemaat Solagratia Kaiwatu.

"Kita hidup mengandalkan Tuhan, bukan mengandalkan manusia, berdoa dan bekerja, Tuhan pasti beri jalan yang terbaik buat jemaat Solagratia Kaiwatu," bebernya.

Tambahnya, orang boleh meninggalkan kita, tetapi Tuhan tidak pernah meninggalkan jemaatnya.

"Saya yakin jemaat Solagratia adalah bagian daripada jemaat yang menyaksikan dan menikmati mujizat-mujizat yang besar," ujar Arina.

Harapannya, kiranya peristiwa ini menjadi satu pengalaman buat kita semua, bahwa kita harus terus berjaga-jaga.

"Perhatikan jalu-jalur listrik, jika sudah tua segera diperbaiki ganti yang baru, jangan sampai kembali terjadi peristiwa seperti ini," ungkapnya. 

Kronologi Kebakaran

Gereja GMIM Solagratia di Jalan AA Maramis, Kelurahan Kairagi Dua, Lingkungan I, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara, ludes terbakar, Jumat (27/9/2019). 

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.30 Wita ini diduga akibat arus pendek listrik dari pastori (rumah tinggal pendeta), yang terletak menempel di bagian belakang gereja. 

Wakil Ketua Jemaat GMIM Solagratia Kawatu, Meidy Lumingas mengatakan, api dimulai dari pastori dan masuk ke dalam gereja. 

Sedangkan gedung gereja yang terbangun dengan rangka kayu itu, mengalami kebakaran di dalamnya, khususnya di bagian plafon dan atap gereja. 

"Fasilitas di dalam ludes terbakar. Begitu juga dengan fasilitas di pastori I dan II, juga ludes terbakar. Kebakaran diduga korslet dari pastori,” sebut Lumingas. 

Setelah kurang lebih satu jam, api baru berhasil dipadamkan oleh pemadam kebaran dari Pemerintah Kota Manado, Kecamatan Mapanget dan Pemerintah Provinsi Sulut. 

Gedung GMIM Solagratia ini telah berusia 85 tahun dengan jumlah jemaat 1.500 jiwa. 

Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel mengatakan, karena saat ini sudah malam, polisi masih akan melakukan olah TKP dulu. 

 "Malam ini kami amankan TKP, besok Sabtu (28/9/2019) kami baru olah TKP. Dari situ kami akan mengetahui kira-kira dari mana sumber apinya dan apa penyebab sebenarnya. Namun, berdasarkan keterangan beberapa saksi, kebakaran terjadi karena arus pendek," 
kata dia saat diwawancara di lokasi kebakaran. 

Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan juga turun ke lokasi kebakaran. Mor saat diwawancara mengatakan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mengevakuasi dulu penghuni yang ada di dalam sini (gereja). 


"Kemudian, kebutuhan dasar apa yang paling urgen yang dibutuhkan, itu yang kami bantu dulu," ujar dia.

S: tribunnews & Kompas

S: tribunnews.com


Name

Berita,4081,HUMOR,1,Internasional,54,Nasional,4069,News,50,OPINI,63,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Breaking News, Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu Terbakar, Kuatkan Hatimu Jemaat
Breaking News, Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu Terbakar, Kuatkan Hatimu Jemaat
https://1.bp.blogspot.com/-h58SQhrX1ro/XZG_TNejO6I/AAAAAAAAcBE/I0tl9KFGi_4PHPIPXcEEl0gJXJ4jz5MDwCLcBGAsYHQ/s640/gereja.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h58SQhrX1ro/XZG_TNejO6I/AAAAAAAAcBE/I0tl9KFGi_4PHPIPXcEEl0gJXJ4jz5MDwCLcBGAsYHQ/s72-c/gereja.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/09/breaking-news-gereja-gmim-solagratia.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/09/breaking-news-gereja-gmim-solagratia.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy