$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Waspadai Modus Baru, Ibu Ini Tertipu Saat Order Ojek Online, Rugi Sampai Rp10 Juta

Ilustrasi driver ojol. (suara.com/Muhaimin A Untung) INDONESIAKININEWS.COM -  Seorang perempuan  pengguna akun Twitter @arinahsnh menja...

Ilustrasi driver ojol. (suara.com/Muhaimin A Untung)

INDONESIAKININEWS.COM - Seorang perempuan  pengguna akun Twitter @arinahsnh menjadi korban penipuan ketika memesan layanan ojek online untuk berangkat ke kantor.

Ia membuat utas kronologi kejadian tersebut, yang menimpanya pada Senin (2/9/2019) pagi.

Beberapa menit setelah memesan ojol, Arina mendapat telepon dari orang yang mengaku sebagai karyawan mitra ojol bernama Doni.

"Saudara Doni mengatakan bahwa ojek yang saya pesan terindikasi sebagai ojol penipu. Saya diminta untuk cancel order tapi kemungkinan tidak akan ada opsi cancel. Saya diminta ngecek, nanti kalau benar tidak ada opsi cancel maka saya harus telepon Saudara Doni kembali," cuit Arina.

Perkataan Doni ternyata benar. Arina meneleponnya, lalu diberi tahu Doni bahwa pembatalan order akan dilakukan pihak mitra ojol dan Arina akan mendapat SMS kode verifikasi.

Bersama dengan kode verifikasi, SMS dari mitra ojek itu juga berisi peringatan yang melarang pengguna untuk membagikan kode verifikasi ke siapa pun, bahkan ke pihaknya sekali pun.

Namun, tanpa rasa curiga sama sekali, Arina memberikan kode verifikasi itu pada Doni.

"Saudara Doni mengatakan bahwa saldo saya sudah disedot oleh pelaku. Saya cek ternyata benar. Saya ditanya apakah sudah ke-cancel atau belum si ojol penipunya. Dan apakah saya mau dipesankan kembali ojel dari pihaknya atau pihak saya. Ini semakin menguatkan bahwa dia benar dari mitra ojol itu," terang Arina.

Dengan alasan akan mengembalikan saldo Gopay yang disedot ke rekening pribadi, Doni meminta Arina ke ATM terdekat untuk mengecek saldo rekeningnya.

Penipuan itu, yang tadinya hanya mengorbankan saldo Gopay, lantas menjalar ke saldo rekening Arina.

Selama melakukan transaksi di ATM, Arina terus terhubung melalui telepon dengan Doni.

Meski bingung dan kesal dengan berbagai arahan Doni, Arina mengaku tetap menurutinya.

"Diminta masukkan 9999999 dan pencet ok terus. Pas di step akhir transfer, kok malah jadi saya transfer orang. Saya marah lagi ke Saudara Doni."

"Dia mencoba meyakinkan memang seperti itu, nanti saya akan diminta masukkan nomor HP. Saya marah-marah lagi. Tapi dia meyakinkan sampai saya pencet ok," lanjut Arina.

Sebenarnya, kata Arina, ia sempat diminta banyak orang di ATM untuk mematikan telepon karena diduga sedang ditipu, tapi dalam keadaan panik, ia memilih untuk mendengarkan Doni, hingga kemudian saldonya sebesar Rp9.999.999 raib ke rekening atas nama Indra Saputra.

Wanita yang berprofesi sebagai apoteker ini mengatakan telah mengurus pemblokiran rekening pelaku, tetapi seluruh uang di sana sudah terkuras.

Menurut keterangan Arina, lokasi pelaku berdasarkan pengecekan dari kepolisian adalah di Palembang, Sumatra Selatan.

Namun, ia mencurigai pihak kepolisian karena menurutnya tidak mau melacak lokasi pelaku.

Sementara itu, pihak mitra ojol, kata Arina, memilih untuk lepas tangan karena telah mewanti-wanti untuk tidak membagikan kode verifikasi ke siapa pun.

Arina juga mengabarkan bahwa akun driver yang hendak menjemputnya sebelum terjadi penipuan itu dibajak oleh pelaku, yang kini entah masih berkeliaran di mana.

"Thread ini dibuat dengan maksud hanya untuk meningkatkan awareness, bukan mencari pembenaran ataupun meratapi kesalahan.

"Semua pihak pastinya perlu introspeksi termasuk saya. Kesalahan-kesalahan saya, saya yang tanggung. Semoga bisa dijadikan pelajaran agar yang baca tidak harus menanggung hal yang sama," tulisnya.

sum: suara.com


Name

Berita,4284,HUMOR,1,Internasional,55,Nasional,4271,News,50,OPINI,67,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Waspadai Modus Baru, Ibu Ini Tertipu Saat Order Ojek Online, Rugi Sampai Rp10 Juta
Waspadai Modus Baru, Ibu Ini Tertipu Saat Order Ojek Online, Rugi Sampai Rp10 Juta
https://1.bp.blogspot.com/-Tt2MLKtXW1g/XXT4L4bA9hI/AAAAAAAAbSs/3rvjK1bKvrkeepABBA-yufL1VEDG5elxQCLcBGAs/s640/730x480-img-71016-ilustrasi-driver-ojol.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Tt2MLKtXW1g/XXT4L4bA9hI/AAAAAAAAbSs/3rvjK1bKvrkeepABBA-yufL1VEDG5elxQCLcBGAs/s72-c/730x480-img-71016-ilustrasi-driver-ojol.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/09/waspadai-modus-baru-ibu-ini-tertipu.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/09/waspadai-modus-baru-ibu-ini-tertipu.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy