$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bupati Bantul Suharsono Tak Gentar Hadapi Tekanan : Soal Agama Camat ( Non Muslim ) Disuruh Ganti, Saya Hadapi!

Bupati Bantul Suharsono foto ( kanan) [Dok. Pemkab Bantul] INDONESIAKININEWS.COM -  Menjabat sebagai Bupati Bantul mungkin tidak sempat ...

Bupati Bantul Suharsono foto ( kanan) [Dok. Pemkab Bantul]

INDONESIAKININEWS.COM - Menjabat sebagai Bupati Bantul mungkin tidak sempat dibayangkan oleh Suharsono dulunya, apalagi di masa mudanya. 

Ya, apalagi ketika lelaki kelahiran 26 Maret 1957 itu kemudian masuk ke jalur kepolisian, berdinas selama lebih dari dua dasawarsa --termasuk di Polda Metro Jaya dan Polda Banten-- dengan pangkat terakhir Kombes (Komisaris Besar).

Tapi itulah kemudian jalan hidup Suharsono, tepatnya setelah resmi terpilih dalam Pemilukada Bantul akhir 2015 lalu. 

Hingga kini, alumnus Universitas Gadjah Mada ini pun sudah memasuki tahun keempatnya sebagai pemimpin daerah Bantul, tanah kelahirannya sendiri yang berbatasan dengan laut, di tengah Provinsi DI Yogyakarta.

Suharsono pun tampaknya tidak main-main dengan tugasnya sebagai Bupati. 

Mengedepankan ketegasan dalam bersikap namun juga senantiasa terbuka untuk diskusi, sosok yang berasal dari Partai Gerindra ini memiliki beberapa terobosan gaya memimpin yang menurutnya cukup efektif sejauh ini. 

Apa saja itu?

Ketika ditemui di tempat kerjanya, Senin (21/10/2019), Suharsono menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dengan penuh semangat dan percaya diri. 

Berikut petikan wawancara dengan sosok Bupati Bantul tersebut.

Tampaknya ada satu sisi cukup menarik dalam pemerintahan Anda, yaitu terkait contoh bagaimana mengelola keberagaman agama. Bisa diceritakan sedikit mengenai itu?

Saya menjabat tahun pertama itu banyak didemo, banyak (juga ditemui) wartawan dari Jakarta sampai Australia, karena masalah agama itu tadi. 

Yang penting saya bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya, saya mengangkat pejabat yaitu seorang camat tapi non-Muslim, padahal di situ daerah Muslim. 

Ya, ternyata yang komplain bukan masyarakat situ, justru malah dari luar.

Ya, saya tunjukkan, (bahwa) saya mengangkat kan atas dasar tes. Yang paling atas nomor satu, itulah yang saya pilih. 

Nah, saya tidak melihat, waktu saya seleksi itu agamanya apa sih? Tidak. Saya berdasarkan hasil tes, enggak melihat agama atau apa.

Itu diprotes, disuruh ganti. Sebelum saya juga pernah. Hanya satu minggu, karena tekanan dari masyarakat, langsung diganti. Oh, saya tidak. Saya hadapi. 

Kita coba satu tahun, dan ternyata dia bekerja bagus di situ, bisa memajukan masyarakatnya, dekat dengan masyarakat. Pembangunan-pembangunan banyak yang bagus, padahal itu non-Muslim. 

Kegiatan agama juga dia saya suruh ikut walaupun hanya duduk. Jadi, saya tidak melihat faktor agama atau apa, yang penting diakui legalitasnya oleh pemerintah.

Yang saya lakukan sesuai aturan, bisa saya tunjukkan. Ini syaratnya tidak ada yang "tidak boleh pejabat non-Muslim." Tidak ada di sini. 

Ya, pokoknya kita kerja sesuai aturanlah. Jadi ada dasar hukumnya, ada payung hukumnya manakala ada komplain dari masyarakat dari siapa pun. Pokoknya enak kerja sesuai aturan.

Ya, karena jabatan saya jabatan politis kan, ya banyak macam-macam. 

Emangnya gue pikirin. Santai aja. Ada komplain, silakan. Diskusi, tanya langsung sama saya. Saya tantang. 

Jangan main isu-isu dan lain sebagainya. Tapi ya, masih ada saja. Tapi ya, tambah sabarlah. Saya itu termasuk orang sabar. Tidak bisa marah, saya itu orangnya. Tapi ya, menjabat di jabatan politis, tambah sabar saya.

Saya jadi polisi belum pernah marah-marah, (tidak) mukul anak buah sekali pun. Kalau ada yang salah, saya ajak diskusi di meja saya. 

Padahal kalau di ABRI, di polisi, kan biasa emosi dalam apel. Pukul boleh, enggak apa-apa. Tapi saya enggak. Walaupun dia anak buah, kan punya perasaan dan harga diri. Kalau saya jatuhkan di depan umum, kan dia juga malu. Makanya kalau ada sesuatu yang kurang, saya panggil, saya ajak diskusi. 

"Kalau yang kamu lakukan salah, jangan diulangi. Kalau tiga kali melakukan kesalahan yang sama, kamu enggak bisa kerja sama saya, tidak bisa membantu saya. Silakan keluar. Mau minta di mana?" Salah saja masih (ditawarkan) minta di mana, saya bantu. Mau di mana, di dekat rumah, saya bantu. Padahal itu jelas-jelas salah.

Saya orangnya seperti itu, enggak bisa marah. Tapi kalau ditantang, saya enggak mundur satu langkah pun. Itu karakter saya seperti itu.

S: suara.com


Name

Berita,4358,HUMOR,1,Internasional,56,Nasional,4344,News,50,OPINI,67,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Bupati Bantul Suharsono Tak Gentar Hadapi Tekanan : Soal Agama Camat ( Non Muslim ) Disuruh Ganti, Saya Hadapi!
Bupati Bantul Suharsono Tak Gentar Hadapi Tekanan : Soal Agama Camat ( Non Muslim ) Disuruh Ganti, Saya Hadapi!
https://1.bp.blogspot.com/-JTZWXtygwRM/XbAn5dxycTI/AAAAAAAAcjg/64pFLMCGUGY5aw8pEr4FhMvLpDeOyQY9wCLcBGAsYHQ/s640/97336-bupati-bantul-suharsono-saat-peluncuran-aplikasi-lapor-bantul-tahun-201.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JTZWXtygwRM/XbAn5dxycTI/AAAAAAAAcjg/64pFLMCGUGY5aw8pEr4FhMvLpDeOyQY9wCLcBGAsYHQ/s72-c/97336-bupati-bantul-suharsono-saat-peluncuran-aplikasi-lapor-bantul-tahun-201.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2019/10/bupati-bantul-suharsono-tak-gentar.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2019/10/bupati-bantul-suharsono-tak-gentar.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy