$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ratusan Pelayat Pasien PDP Covid-19 Di Kolaka Diminta Isolasi Diri

linetoday INDONESIAKININEWS.COM -  Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengidentifikasi 200 lebih warga yang ...

linetoday


INDONESIAKININEWS.COM - Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mengidentifikasi 200 lebih warga yang melayat pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal di Kabupaten Kolaka pada Senin (23/3).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka Muhammad Aris menyatakan hasil tes Corona PDP yang meninggal saat ini belum keluar.

"Namun, kita melakukan pendataan sudah dua hari ini. Ada sekitar 200-an lebih. Ada 60 dari Bombana dan sekitar 150-an dari Kolaka. Semuanya yang datang melayat termasuk suami dan keluarga terdekatnya," kata Aris saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (26/3).

Kepada 200-an warga yang didata itu, lanjut Aris, diminta untuk mengisolasi diri sembari menunggu hasil lab yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kita harap mereka patuh isolasi diri di rumah. Tak boleh keluar," jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, beberapa warga yang pernah melayat sudah ada yang mengeluh sakit batuk dan flu. Namun, ia menduga akibat dampak psikologi tentang kabar hoaks bahwa PDP itu positif Corona.

"Secara teori kan gejalanya nanti di atas hari kelima. Tapi mungkin dampak psikologi saja," imbuhnya.

Sebelum dinyatakan PDP, lanjut dia, warga Kolaka yang meninggal itu sempat umrah dan tiba di Kolaka pada 17 Februari 2020.

Jauh sebelumnya, almarhumah sempat mengeluh sakit ginjal dan beberapa konsultasi di rumah sakit di Makassar.

"Namun dia sempat umrah dulu dan tiba di Kolaka perutnya makin sakit. Ia kemudian berobat ke RSU Bhayangkara Kendari dan selanjutnya dirujuk ke Bahteramas Kendari. Di Bahteramas dia ditetapkan PDP disamping penyakit beratnya itu," bebernya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra dr La Ode Rabiul Awal menyebut, pihaknya masih menunggu hasil lab atas status PDP tersebut.

Menurutnya, hasil lab pasien akan menunggu karena banyaknya sampel swab yang dikirim dari daerah yang mengidentifikasi warga diduga terinfeksi virus corona.

"Jadi belum positif corona. Statusnya masih PDP. Hasil lab di Jakarta itu keluar biasanya 3 sampai 5 hari," kata dr Rabiul saat dihubungi, Rabu (25/3).

Rabiul mengaku, hasil lab positif biasanya diumumkan oleh jubir Gugus Tugas Covid-19 nasional.

Namun bila negatif, maka hasil lab akan diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sultra dan RSUD Bahteramas Kendari untuk diumumkan.

"Tapi negatif itu biasanya tidak diumumkan. Hanya disampaikan ke keluarga," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, ia pun menyarankan agar pelayat maupun keluarga dekat untuk diidentifikasi sembari melakukan isolasi diri selama 14 hari.

Sebelumnya, video pemulasaran jenazah PDP asal Kabupaten Kolaka viral di media sosial. Jenazah pasien perempuan berusia 34 tahun itu dijemput oleh keluarga di RSU Bahteramas Kendari usai meninggal di ruang isolasi.

Keluarga juga menolak menggunakan mobil ambulans milik rumah sakit dan lebih memilih membawa jenazah menggunakan mobil pribadi.

Tiba di kampungnya di Kolaka, jenazah disambut histeris. Plastik yang membungkus jasad dibuka, prosesi pemakaman tidak seperti penanganan pasien virus corona.

Sumber: cnnindonesia


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ratusan Pelayat Pasien PDP Covid-19 Di Kolaka Diminta Isolasi Diri
Ratusan Pelayat Pasien PDP Covid-19 Di Kolaka Diminta Isolasi Diri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv6XFU8l5nWtGGXexVLau_GC0o3AqCwKO-0Y_BnIW8j8nMXtugkh_wvXLSfL7Qh7ifG3MjuLh23VRNvoQs45UG_yHJ9WasdOXj6xo57G2cfkaOvQlqXQa2QIKWFqneIahJaUYJw5y1ZYM/s640/w644-1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv6XFU8l5nWtGGXexVLau_GC0o3AqCwKO-0Y_BnIW8j8nMXtugkh_wvXLSfL7Qh7ifG3MjuLh23VRNvoQs45UG_yHJ9WasdOXj6xo57G2cfkaOvQlqXQa2QIKWFqneIahJaUYJw5y1ZYM/s72-c/w644-1.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/03/linetoday-indonesiakininews.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/03/linetoday-indonesiakininews.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy