$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Anies: Dalam Sehari Puluhan Jenazah DKI Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19

foto: kompas INDONESIAKININEWS.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 401 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur pas...

foto: kompas


INDONESIAKININEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 401 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur pasien Covid-19.

Setiap harinya, ada puluhan jenazah di DKI Jakarta dimakamkan sesuai dengan standar penyakit menular seperti Covid-19.

Data ini dikutip Anies dari Dinas Pemakaman dan Hutan Kota dan disampaikan kepada Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam rapat teleconference.

"Sampai kemarin itu jumlah yang meninggal dan dimakamkan dengan cara protap Covid ada 401 kasus. Pagi ini ada 38 jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid," kata Anies dalam rapat tersebut, Kamis (2/4).

Angka ini, kata dia, terus meningkat per harinya sejak hari pertama pasien Covid dinyatakan meninggal.

Anies mengatakan jumlah pasien meninggal beberapa waktu belakang sudah mencapai angka puluhan per hari.

"Jadi pertama kali kasus meninggal tanggal 6 (Maret). Lalu 12 Maret mulai satu dua (jenazah) dan tren meningkat 4, 7 dan belasan.

Puluhan sekarang.Tiap hari 40 (yang meninggal). Hari ini saja 30 orang pagi tadi," ungkap Anies.

Padahal menurut Anies, kenyataan yang terjadi banyak pasien yang hasil pemeriksaan Covid belum keluar, namun sudah meninggal.

Kata Anies sebenarnya pasien seperti ini tidak bisa dikategorikan sebagai pasien Covid-19.

Namun, DKI tetap memakamkan jenazah tersebut sesuai dengan prosedur dan tata pelaksanaan pasien virus corona.

"Sebagian yang terkena Covid itu belum tuntas proses pengetesannya. Karena belum tuntas meninggal maka tak bisa secara resmi disebut pasien Covid-19," jelas Anies.

"Banyak kasus sesudah dimakamkan hasil tesnya keluar. Kasus seperti ini dimakamkan dengan prosedur pasien covid," lanjut Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga memprediksi angka penyebaran di Jakarta sesungguhnya lebih tinggi dari yang dirilis.

Ini bisa dilihat dari perbandingan kematian dengan jumlah kasus yang diperiksa.

Hitung-hitungan Anies, dengan jumlah kasus yang meninggal sebanyak 400 kasus dengan rate fatality sebesar 10 persen, harusnya ada sekitar 4.000 kasus yang terjadi.

Namun angka ini tidak nyata didapat karena jumlah tes yang dilakukan di Jakarta sangat minim.

Ia berharap pemerintah pusat bisa membantu untuk mempercepat tes Corona di wilayah yang ditetapkan sebagai status tanggap darurat.

"Jadi hasilnya pasti tergantung kita melakukan kecepatan tes. Karena tes sedikit maka jumlah sedikit juga. Kalau dites banyak mungkin kita ketemu angka lebih tinggi," tutup Anies.

Sumber:cnnindonesia


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Anies: Dalam Sehari Puluhan Jenazah DKI Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19
Anies: Dalam Sehari Puluhan Jenazah DKI Dimakamkan Sesuai Prosedur Covid-19
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZUfHr5_BWxlwbEASvFSfs-yN7aHrW9IhqTkANmMzDPejdenQWpLaZClRl6EojAfk1oAm7BLq1xqmBR6TfDxsvlnHpqoX7vXwv9wSV5Lj4JcIikOfuNBbfrogxHCIuK3kS3dXmHx1I7BI/s640/2657613275.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZUfHr5_BWxlwbEASvFSfs-yN7aHrW9IhqTkANmMzDPejdenQWpLaZClRl6EojAfk1oAm7BLq1xqmBR6TfDxsvlnHpqoX7vXwv9wSV5Lj4JcIikOfuNBbfrogxHCIuK3kS3dXmHx1I7BI/s72-c/2657613275.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/04/anies-tiap-hari-puluhan-jenazah-dki.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/04/anies-tiap-hari-puluhan-jenazah-dki.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy