$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Paksa Bawa Pulang Pasien Positif Corona, Oknum PNS Cianjur Buat 6 Anggota Keluarganya Terpaksa Diisolasi, Rumahnya Dijaga Ketua RT hingga Polisi

foto: pasundannews INDONESIAKININEWS.COM -   Sulitnya penanganan Covid-19 bukan hanya terjadi lantaran masih banyak hal yang belum d...

foto: pasundannews


INDONESIAKININEWS.COM - Sulitnya penanganan Covid-19 bukan hanya terjadi lantaran masih banyak hal yang belum diketahui dari virus ini.

Selain itu, 'kelakuan' orang-orang, pasien, hingga keluarga pasien juga menjadi tantangan tersendiri bagi pihak yang berjuang di garda terdepan melawan pandemi ini.

Misalnya, orang-orang yang tetap ngeyel berkerumun meski hal itu sudah diketahui berisiko untuk menyebarkan virus, kemudian pasien yang kabur dari rumah sakit, atau keluarga pasien meninggal yang tetep mengurus jenazah.

Baru-baru ini, ada lagi 'kelakuan' lainnya yang meresahkan, yaitu ketika keluarga pasien tetap membawa pasien positif pulang.

Semakin disayangkan karena keluarga pasien tersebut justru merupakan seorang perawat sekaligus PNS.

Oknum PNS itu menolak bahkan membawa paksa anggota keluarganya yang positif virus corona pulang saat di rawat di RSUD Cianjur, Jawa Barat.

Oknum PNS tersebut berdalih anggota keluarganya yang sakit itu akan lebih mudah mendapatkan perawatan jika berada dirumah.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Cianjur.

"Pasien wanita tersebut awalnya dirawat karena mengidap penyakit kronis, setelah menjalani tes cepat dengan hasil positif corona, namun pihak keluarga membawa paksa pasien ke Cianjur," ungkapnya.

Menurut Yusman kejadian tersebut berawal ketika pihak RSUD Cianjur mendapat informasi dari RS Darmais-Jakarta, bahwa ada seorang pasien dengan diagnosa penyakit kronis dan diduga positif corona dibawa pulang paksa pihak keluarga yang mengaku PNS di salah satu puskesmas.

Alhasil pihaknya langsung meminta aparat setempat untuk mencari keberadaan pasien tersebut dan membawanya ke RSUD Cianjur untuk menjalani penanganan medis di ruang isolasi.

Sayang saat itu, tiba-tiba salah satu anggota keluarganya yang merupakan PNS di salah satu puskesmas di Cianjur memaksa pasien untuk dirumahkan.

"Saat ini enam orang anggota keluarga pasien tersebut menjalani isolasi di rumah dan tidak dibenarkan keluar selama 14 hari. Mereka diawasi aparat desa, RT dan aparat kepolisian setempat," katanya.

Hal ini tentu sangat disayangkan selain virus corona yang bisa saja menyebar ke orang sekitarnya, pasien tersebut sangat rentan karena didagnosis mengidap penyakit kronis.

Menurut studi yang dilansir dari NCBI, orang yang terinfeksi virus Corona dan memiliki penyakit kronis berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala berat yang fatal, seperti halnya pada lansia.

Hal ini dikarenakan penyakit kronis menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderitanya melemah dan lebih sulit melawan infeksi.

Akibatnya, tubuh penderita penyakit kronis akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus Corona.

Selain itu, penderita penyakit kronis juga kebanyakan sudah memiliki kerusakan organ.

Ketika terserang virus Corona, kerusakan organ tersebut bisa menjadi semakin parah, sehingga gejala Covid-19 yang muncul juga bisa menjadi lebih berat.

Diketahui anggota keluarga yang membawa pulang paksa pasien tersebut, tercatat sebagai perawat berstatus PNS di salah satu puskesmas di wilayah utara Cianjur.

"Kami sangat menyayangkan perbuatan PNS yang berstatus perawat itu,

"Seharusnya tidak terjadi karena yang bersangkutan sangat tahu prosedur pasien berstatus ODP atau PDP terlebih ini diduga positif corona," kata Kepala Dinkes Cianjur, Tresna Gumilar.

Karena itu, kata Tresna, Dinkes Cianjur akan memberikan sanksi tegas terhadap PNS yang membawa pulang paksa anggota keluarganya tersebut.

Sumber: grid.id


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Paksa Bawa Pulang Pasien Positif Corona, Oknum PNS Cianjur Buat 6 Anggota Keluarganya Terpaksa Diisolasi, Rumahnya Dijaga Ketua RT hingga Polisi
Paksa Bawa Pulang Pasien Positif Corona, Oknum PNS Cianjur Buat 6 Anggota Keluarganya Terpaksa Diisolasi, Rumahnya Dijaga Ketua RT hingga Polisi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrSN8XEYJ4_s3DrpWp1BfWk_-bRaKAkN_79Kpbr8DezOiZmND779q8tSj9LMMWbfenkSYjgoXxnRwgUwLgPpODEhPMYoWAVB46TBLYvDcyDqXlFr_KZ0wFoZWIf7Vlt5VFpfvdbyZkcyI/s640/20200402_191556.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrSN8XEYJ4_s3DrpWp1BfWk_-bRaKAkN_79Kpbr8DezOiZmND779q8tSj9LMMWbfenkSYjgoXxnRwgUwLgPpODEhPMYoWAVB46TBLYvDcyDqXlFr_KZ0wFoZWIf7Vlt5VFpfvdbyZkcyI/s72-c/20200402_191556.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/04/ngeyel-ajak-pulang-pasien-positif.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/04/ngeyel-ajak-pulang-pasien-positif.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy