$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Beredar Kabar Dalang Penyebaran Kaos dan Atribut PKI adalah FPI, Begini Faktanya

INDONESIAKININEWS.COM -  Beredar sebuah foto di media sosial Facebook hasil tangkapan layar dari sebuah media daring yang berjudul “Polisi...



INDONESIAKININEWS.COM - Beredar sebuah foto di media sosial Facebook hasil tangkapan layar dari sebuah media daring yang berjudul “Polisi Benarkan Ada Upaya Dari FPI Dalam Penyebaran Kaos & Atribut PKI.”

Foto tangkapan layar tersebut diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan nama akun Hermono Teguh Budianto yang ia bagikan disebuah grup Facebook.

Selain menguugah tangkapan layar tersebut, pemilik akun Facebook tersebut juga menambahkan sebuah narasi.

Berikut tulisan narasi yang dibuat oleh pengguna Facebook Hermono Teguh Budanto tersebut:

“Skenario FPI dgn mempengaruhi Pikiran Masyarakat agar Percaya PKI itu ada. PADAHAL MEREKA2 SENDIRI YG MENYEBARKAN BENDERA2 ITU.!!!,”

Selain itu, dalam gambar tersebut juga di beri tulisan "PANTES FPI SEMANGAT BANGET FITNAH".

Namun, setelah melakukan penelusuran melalui mesin pencari Google dengan memasukan kata kunci “Polisi Benarkan Ada Upaya Dari FPI Dalam Penyebaran Kaos & Atribut PKI”, tak ada satupun portal berita yang memuat informasi tersebut.

Berdaarkan hasil penulusuran Mantra Sukabumi dari akun Instagram @hccjawabarat, unggahan tangkapan layar dari akun Facebook Hermono Teguh Budianto adalah tidak benar atau keliru.

Foto hasil tangkapan layar yang disebar di grup Facebook oleh pengguna Hermono Teguh Budianto tersebut diketahui ada kesamaan dengan gambar pada sebuah artikel di salah satu media online.

Foto asli unggahan tersebut berasal dari media online yang berjudul “Polisi Benarkan Semarang Jadi Lokasi Penyebaran Kaus dan Atribut PKI.” Artikel tersebut dimuat pada Rabu, 11 Mei 2016 silam.

Keterangan foto yang digunakan pada artikel tersebut tidak berkaitan dengan Front Pembela Islam (FPI). Dan juga isi artikel tersebut juga tidak ada yang menyebutkan FPI sebagaimana yang diklaim oleh pengguna Facebook Hermono Teguh Budianto.

Isi yang sesungguhnya dari artikel tersebut adalah tentang “Urdya Sejiwangga diamankan oleh pihak keamanan kegiatan konser musik di Lapangan Saburai pada Minggu, 8 Mei 2016 malam.”

Dengan demikian, gambar hasil tangkapan layar yang disebarkan oleh pengguna Facebook Hermono Teguh Budianto berikut narasi yang ia tulis dalam unggahannya tersebut tidak benar atau berita palsu.

Berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi yang dibuat First Draft, maka unggahan dan narasi yang dibuat akun Facebook Hermono Teguh Budianto dapat disebut sebagai Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

S.Mantra Sukabumi 


Name

Berita,8017,HUMOR,5,Internasional,141,Nasional,7912,News,66,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Beredar Kabar Dalang Penyebaran Kaos dan Atribut PKI adalah FPI, Begini Faktanya
Beredar Kabar Dalang Penyebaran Kaos dan Atribut PKI adalah FPI, Begini Faktanya
https://m.ayojakarta.com/images-jakarta/post/articles/2019/11/28/8622/fpi_2_(madaninews.id).jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/beredar-kabar-dalang-penyebaran-kaos.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/05/beredar-kabar-dalang-penyebaran-kaos.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy