$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Dua ABK Kapal Cina Nekat Terjun ke Laut untuk Kabur, Bukti Adanya Eksploitasi dan Perampasan HAM yang Tak Terawasi

INDONESIAKININEWS.COM -  Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) - LBH Pekanbaru menyoroti peristiwa dua Warga Negara Indonesia (W...

Dua WNI ABK Kapal Cina Nekat Terjun di Laut Karena Tak Tahan Diekspolitasi

INDONESIAKININEWS.COM - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) - LBH Pekanbaru menyoroti peristiwa dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang nekat kabur dari kapal Lu Qing Yuan Yu 213.

Diketahui, kedua WNI itu kabur dengan cara melompat ke laut di perairan Karimun, Kepulauan Kepri karena sudah tidak tahan dengan penyiksaan yang dialami selama bekerja di kapal tersebut.

Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) - LBH Pekanbaru Andi Wijaya mengatakan, peristiwa yang dilakukan oleh 2 WNI membuktikan bahwa hak mereka terampas, sehingga nekat untuk lari karena tidak tahan atas perlakukan di atas kapal.

"Artinya, adanya eksploitasi dan perampasan hak asasi manusia yang tidak terawasi," kata Andi Wijaya saat dihubungi Tribunnews, Minggu (7/6/2020).

Menurut Andi, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) harus bertanggung jawab dan merespons 2 ABK kapal tersebut.

Ia pun mendesak pemerintah membuat peraturan yang jelas mengenai penempatan dan perlindungan pelaut awak kapal dan pelaut perikanan.

Selain itu, pemerintah harus segera meratifikasi Konvensi ILO Nomor 188 tahun 2007 tentang Pekerjaa dalam Penangkapan Ikan.

"Ini mandat pasal 64 UU no. 18 tahun 2017, tapi sampai sekarang tidak ada peraturan pemerintahnya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) nekat kabur dari kapal Lu Qing Yuan Yu 213 dengan cara melompat ke laut di perairan Karimun, Kepulauan Kepri.

Keduanya nekat kabur dari kapal berbendera China tersebut karena sudah tidak tahan dengan penyiksaan yang dialami selama bekerja di kapal tersebut.

Andri Juniansyah (30), dan Reynalfi (22) nekat terjun ke laut, Jumat (5/6/2020) malam.

Kemudian keduanya ditemukan oleh nelayan tujuh jam setelah keduanya terapung di laut.

Tidak tahan dengan penderitaan yang diterimanya di atas kapal tersebut, Andri dan Reynalfi pun mencari celah untuk melarikan diri.

Beberapa hari sebelum kabur, keduanya telah menyiapkan life jaket dan dokumen pribadi, seperti paspor dan buku pelaut.

S. Tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Dua ABK Kapal Cina Nekat Terjun ke Laut untuk Kabur, Bukti Adanya Eksploitasi dan Perampasan HAM yang Tak Terawasi
Dua ABK Kapal Cina Nekat Terjun ke Laut untuk Kabur, Bukti Adanya Eksploitasi dan Perampasan HAM yang Tak Terawasi
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/06/06/dua-wni-abk-kapal-cina-nekat-terjun-di-laut-karena-tak-tahan-diekspolitasi_169.jpeg?w=700&q=90
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/dua-abk-kapal-cina-nekat-terjun-ke-laut.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/dua-abk-kapal-cina-nekat-terjun-ke-laut.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy