$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Nadiem Makarim Khawatirkan Siswa Jadi Kesepian Selama Masa Belajar di Rumah Akibat Pandemi

INDONESIAKININEWS.COM -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyoroti aspek psikologis siswa dalam melakukan keg...

Kapan Tahun Ajaran Baru Dimulai? Berikut Penjelasan Resmi Menteri ...

INDONESIAKININEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyoroti aspek psikologis siswa dalam melakukan kegiatan belajar di rumah. Dia khawatir siswa kesepian di masa pandemi COVID-19.

"Saya sangat khawatir dengan proses ini. Saya juga sangat khawatir dengan loneliness. Bukan hanya dari kognitifnya," kata Nadiem dalam telekonferensi di diskusi 'Distance Learning Affecting Students in New Normal', Selasa (9/6/2020).

Dia menjelaskan sekolah tidak hanya tempat belajar bagi anak-anak, namun tempat bagi anak-anak untuk melakukan sosialisasi. Menurutnya, hal itu merupakan aspek yang tidak dapat dianggap sepele.

"Jadi itu merupakan suatu hal yang nggak bisa kita minimalisir. Feeling of loneliness atau merasa lonely bagi anak-anak kita dari interaksi fisik yang mereka butuhkan dengan anak-anak lain. itu menurut saya bisa lebih besar risikonya daripada kognitifnya," ujar Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem mengungkapkan data survei yang dilakukannya di Kemendikbud. Menurutnya, banyak anak yang ingin segera Kembali beraktivitas ke sekolah.

"Semua survei yang kita lakukan selama ini yang paling ingin kembali sekolah itu yang mayoritas itu adalah murid-murid SD, SMP, SMA. Semuanya kangennya luar biasa sama sekolah. Yang biasanya nggak pernah mau bangun buat sekolah sekarang mereka bilang 'aduh kangen banget sama teman, kangen sama guru, kangen nongkrong di kantin sama temen-temen' dan lain-lain," ungkap Nadiem.

Selain itu, Nadiem mengatakan kesuksesan kegiatan belajar dari rumah dapat dinilai melalui tingkatan usia. Menurutnya anak yang lebih dewasa seperti mahasiswa akan lebih mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) jika dibandingkan dengan anak di tingkat Pendidikan anak usia dini (PAUD).

Nadiem menuturkan anak-anak yang lebih dewasa dapat lebih meminimalisir risiko negatif dari PJJ. Sementara, anak kecil memerlukan interaksi fisik guna memperoleh pembelajaran.

"Jadinya kita kalau melihat risiko daripada barrier ini, barrier tanpa face to face, tanpa interaksi. Itu risikonya jauh lebih tinggi untuk yang paling kecil dan less resiko untuk yang paling kuat," ucap Nadiem

"Karena secara fundamental anak kecil... proses pembelajaran untuk anak kecil adalah bukan hanya suatu kognitif proses. Yang lebih penting ini adalah emotional connection antara dia dan mentor dia. Jadi kalau dia trust itu guru PAUD, pembelajaran dia akan terstimulasi lebih besar," imbuhnya.

S. Detik


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Nadiem Makarim Khawatirkan Siswa Jadi Kesepian Selama Masa Belajar di Rumah Akibat Pandemi
Nadiem Makarim Khawatirkan Siswa Jadi Kesepian Selama Masa Belajar di Rumah Akibat Pandemi
https://cdn2.tstatic.net/bangka/foto/bank/images/menteri-nadiem-makarim-banyak-orang-tua-siswa-bertanya-kapan-masuk-sekolah.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/nadiem-makarim-khawatirkan-siswa-jadi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/nadiem-makarim-khawatirkan-siswa-jadi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy