$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral, Gara-gara Corona Waterboom di Bogor Disulap Jadi Kolam Lele

INDONESIAKININEWS.COM -  Sebuah video viral di media sosial karena ada kolam renang di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dialihfungsikan menj...

Penjaga mengecek kolam renang yang dimanfaatkan menjadi kolam ikan jenis lele di Fun Park Water Adventure, Villa Nusa Indah, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020). Pemanfaatan sementara wahana kolam renang menjadi kolam ikan tersebut sebagai upaya menjaga kestabilan ekonomi  karyawan di masa pandemi COVID-19 sekaligus menghilangkan jentik nyamuk yang berada di kolam tersebut. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz

INDONESIAKININEWS.COM - Sebuah video viral di media sosial karena ada kolam renang di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dialihfungsikan menjadi tempat budi daya ikan lele. Pengalihfungsian ini disebut karena dampak pandemi virus Corona (COVID-19).

Dari narasi yang beredar, kolam renang ini ada di Funpark Villa Nusa Indah, Desa Bojongkulur, Gunungputri, Kabupaten Bogor. Dijelaskan, pengalihfungsian ini bukanlah kebijakan pengelola kolam renang, melainkan inisiatif karyawan yang terkena imbas PHK akibat pandemi COVID-19.

Ketika disambangi pada Jumat (26/6/2020), kolam renang Funpark Villa Nusa Indah itu ditutup. Tak terlihat petugas yang berjaga atau yang sekadar memberi makan ikan lele.

Ada 2 kolam renang di tempat ini. Untuk kolam renang yang diisi lele ada di kolam renang kecil, yakni di tempat wahana permainan. Sedangkan untuk kolam renang besar kosong atau hanya ada air dan kondisinya kotor karena ada lumut atau tanah.

Pandemi COVID-19 membuat sejumlah usaha di Indonesia tak bisa beroperasi. Renang Fun Park Water Adventure di Bogor pun beralihfungi menjadi kolam ikan lele.

Ada 2 jaring berwarna hitam di kolam renang yang diisi lele. Airnya pun berwarna hijau kehitaman. Terlihat pipa pembuangan air di kolam ini.

Ada sayuran di permukaan air. Selain itu, ada pengki dan ember di sekitar kolam renang. Ada banyak cangkang keong atau bekicot di sebuah pengki.

"Nggak, itu bukan dialihfungsikan. Tapi cuma ini, hilangin jentik nyamuk. Iya (kolam renang dibuat) cuma buat hilangin jentik nyamuk, bukan juga buat usaha, bukan," kata karyawan Funpark Villa Nusa Indah, Sakib, ketika dihubungi, Jumat (26/6).

"Tetap saja (kolam renang) ditanamin ikan lele, cuma nggak banyak. Kalau misalnya dibudi daya ikan lele mah atau misalnya dialihkan ke ternak lele, itu kan cuma sedikit. Itu kan cuma kolam kecil saja, kolam gede mah nggak. Cuma sebagian kolam, iya," lanjutnya.

Sakib menjelaskan 1 kolam renang Funpark Villa Nusa Indah dia isi lele sejak pertengahan April lalu, yakni semenjak ada wabah COVID-19. Sakib, yang juga karyawan Funpark Villa Nusa Indah, mengaku melakukan hal itu sendirian atau tanpa bantuan orang lain.

"Iya perusahaan (Funpark Villa Nusa Indah) sudah mengizinkan. Saya juga sebelumnya sudah ngomong sama orang kantornya juga, orang pusatnya juga sudah ngomong. Dia juga setuju karena itu juga kan lingkungan padat penduduk, gitu," ucapnya.

Kepala Urusan Perencanaan dan Pengawasan Desa Bojongkulur, Mardi Ugay, menambahkan, selain terkena dampak pandemi COVID-19, Funpark Villa Nusa Indah terkena imbas banjir awal tahun yang terjadi di Bojongkulur. Akibatnya, semua karyawan dirumahkan.

"Mereka resign karena situasi COVID. Mereka (karyawan) menyambung kehidupan ekonomi keluarga dengan bikin kelompok, ya itu. Kalau sifatnya ekonomi kerakyatan bagus sifatnya. Mereka sifatnya inisiatif saja (membudidayakan lele di dalam kolam renang). Sudah dengan izin manajemen kolam renang," ucap Ugay.

S. Detik 


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral, Gara-gara Corona Waterboom di Bogor Disulap Jadi Kolam Lele
Viral, Gara-gara Corona Waterboom di Bogor Disulap Jadi Kolam Lele
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2020/06/25/pemanfaatan-wahana-kolam-renang-di-masa-pandemi-covid-19_43.jpeg?w=700&q=90
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/viral-gara-gara-corona-waterboom-di.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/06/viral-gara-gara-corona-waterboom-di.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy