$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Jokowi Sampaikan Ada 18 Lembaga yang akan Dibubarkan Dalam Waktu Dekat

foto: detik INDONESIAKININEWS.COM  - Presiden Joko Widodo menyebut, ada 18 lembaga yang akan dibubarkan dalam waktu dekat. Namun, Pre...

foto: detik

INDONESIAKININEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyebut, ada 18 lembaga yang akan dibubarkan dalam waktu dekat.

Namun, Presiden Jokowi belum merinci daftar lembaga yang akan dihapus itu.

"Dalam waktu dekat ini ada 18," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Menurut Presiden Jokowi, penghapusan lembaga itu dilakukan untuk mengurangi beban anggaran negara di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Dengan begitu, biaya yang semula dihabiskan untuk lembaga yang tidak produktif itu dapat dialihkan untuk hal yang lebih penting.

Meski demikian, fungsi dan wewenang yang semula dikerjakan oleh lembaga itu akan diserahkan kepada kementerian terkait.

"Semakin bisa kita kembalikan anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri kementerian, ke Dirjen, Direktorat, Direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," kata dia.

Presiden Jokowi berharap dengan semakin rampingnya pemerintahan, akselerasi dalam bekerja semakin cepat.

Sebab, menurut dia, dalam persaingan global ke depan, negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat.

Jadi bukan lagi negara besar mengalahkan negara yang kecil.

"Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu," ujar dia.

Wacana untuk membubarkan lembaga ini pertama kali disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet paripurna, 18 Agustus lalu.

Saat itu, Kepala Negara marah karena menilai jajarannya tidak bekerja maksimal dalam mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19.

Namun saat itu Presiden Jokowi belum merinci berapa lembaga yang akan dihapus.

Setelah itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyebut, pihaknya mulai mengkaji pembubaran sejumlah lembaga yang keberadaannya dianggap tak maksimal.

Tjahjo menyebut, selama era Presiden Jokowi sejak 2014 lalu, sudah ada 24 lembaga/komisi yang dihapus.

Namun saat ini masih ada 96 lembaga/komisi. Ada yang dibentuk melalui undang-undang, ada yang melalui peraturan pemerintah/ peraturan presiden.

Sumber: kompas


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Jokowi Sampaikan Ada 18 Lembaga yang akan Dibubarkan Dalam Waktu Dekat
Jokowi Sampaikan Ada 18 Lembaga yang akan Dibubarkan Dalam Waktu Dekat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFFvzCzDO8aSDxPNz3X4l-b6NeTaZJ8EATfBuKTI14WBzizbIQsCELLQWpF89SzOn1VUyDqPy5SY_Cq3AKolHc6ZU7XvkC5qjkNth6MKNDeaKTfZnAP4hAY6hDEQTMP3dOi0DLQUlCFuA/s640/presiden-jokowi-didampingi-menhan-prabowo-hingga-kepala-staf-kepresidenan-moeldoko-saat-akan-bertolak-ke-kalteng-foto-laily-ra-2_169.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFFvzCzDO8aSDxPNz3X4l-b6NeTaZJ8EATfBuKTI14WBzizbIQsCELLQWpF89SzOn1VUyDqPy5SY_Cq3AKolHc6ZU7XvkC5qjkNth6MKNDeaKTfZnAP4hAY6hDEQTMP3dOi0DLQUlCFuA/s72-c/presiden-jokowi-didampingi-menhan-prabowo-hingga-kepala-staf-kepresidenan-moeldoko-saat-akan-bertolak-ke-kalteng-foto-laily-ra-2_169.jpeg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/jokowi-sampaikan-ada-18-lembaga-yang.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/jokowi-sampaikan-ada-18-lembaga-yang.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy