$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Ngotot Lepas dari Indonesia, Timor Leste Kini Rasakan Jadi Salah Satu Negara Paling Miskin di Dunia

INDONESIAKININEWS.COM -  Timor Leste pernah menjadi bagian dari NKRI  dengan nama Timor Timur. Namun negara kecil ini melepaskan diri dari...

East Timor: Between hope and unease 20 years after referendum ...

INDONESIAKININEWS.COM - Timor Leste pernah menjadi bagian dari NKRI  dengan nama Timor Timur. Namun negara kecil ini melepaskan diri dari Indonesia dan memilih merdeka pada 20 Mei 2002 setelah Indonesia secara berangsur mulai meninggalkan negara itu pada September 1999.

Bukan kemakmuran yang didapatkan, setelah 18 tahun merdeka, Timor Leste kini masih terkungkung dengan kemiskinan.

Negara di bagian timur Pulau Timor itu malah terjerembab ke jurang kemiskinan, Bahkan negara ini masuk dalam daftar paling miskin di dunia

Bukan hanya itu, negara yang hanya menggantungkan hasilini terancam bangkrut bila tak lagi sanggup bayar hutang dan cadanganhabis kelak

Timor Lester, dulunya bernama Timor Timur, pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI). Provinsi ke-27 ini resmi memisahkan diri dari Indonesia pada 20 Mei 2002 atau pasca-refrendum.

Artinya, negara berdaulat yang bertetangga dengan Provinsi NTT ini sudah berusia 18 tahun. Lalu, bagaimana kondisi perekonomian Timor Leste setelah merdeka dari Indonesia?

Dikutip dari laporan resmi Bank Dunia tahun 2020, Minggu (5/7/2020), pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Negara dengan nama resmi Republica Democratica de Timor Leste ini masih jadi salah satu negara paling miskin di dunia.

Dikutip dari laporan United Nations Development Programme (UNDP), Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

PDB per kapita Timor Leste diperkirakan akan mencapai US$ 2.356 atau sekitar Rp 34,23 juta (kurs Rp 14.532) pada Desember 2020. Masih di bawah pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2019 lalu sebesar US$ 4.174,9 atau sekitar Rp 60 juta.

Sejumlah sektor ekonomi Timor Leste sebenarnya masih sangat bergantung pada Australia dan Indonesia, terutama barang-barang impor.

Pada tahun 2019, sebagaimana dilaporkan Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Timor Leste sekitar 4,1% di tahun 2020 dan meningkat menjadi 4,9% di tahun 2021.

Menurut Bank Dunia, pertumbuhan investasi swasta di Timor Leste itu masih saja melempem dari tahun ke tahun pasca-merdeka, ini terkait dengan stabilitas politik dan ekonomi di negara itu yang masih bergejolak. Di sisi lain, konsumsi rumah tangga terus mengalami peningkatan.

"Timor Leste menyambut baik pertumbuhan PDB, tetapi reformasi masih jadi kunci untuk mengejar potensi investasi dari sektor swasta sesuai dengan target pemerintah yang menetapkan pertumbuhan ekonomi di atas 7% dan penciptaan setidaknya 600.000 lapangan kerja baru per tahun," jelas Pedro Martins, Ekonom Senior Bank Dunia untuk Timor Leste.

Meski investasi sektor privat yang masuk masih rendah, negara ini masih menikmati stabilitas ekonomi makro dan inflasi yang masih terkendali. Kredit ke sektor swasta juga masih bisa tumbuh 13%, terutama didorong permintaan dari sektor rumah tangga.

Namun, neraca fiskal Timor Leste terbilang buruk, karena anggaran pengeluaran publik yang terus meningkat.

Timor Leste sendiri masih mengandalkan pemasukan dari hasil minyak. Pada tahun 2019 lalu, produksi minyak Timor Leste mencapai 38 juta barel setara minyak (BOE) yang banyak dikerjasamakan dengan Australia.

Sementara itu, mengutip data Timor Leste Economic Report yang dirilis Bank Dunia pada April 2020, ekonomi Timor Leste bakal semakin terpuruk di 2020 karena pandemi virus corona (Covid-19) dan kondisi politik yang belum stabil.

Pemerintah Timor Leste sudah mencairkan dana sebesar US$ 250 juta dari Petroleum Fund di mana 60% digunakan untuk penanganan Covid-19.

Virus corona memperburuk ekonomi Timor Leste yang berkontribusi pada menurunnya kunjungan turis asing ke negara itu, melambatnya perdagangan ekspor-impor, dan besarnya pengeluaran pemerintah untuk menanggulangi pandemi.

Negara Timor Leste lepas dari Indonesia melalui refrendum tahun 1999 lalu.

Diwarnai tuduhan kecurangan, lembaga yang menangani pemungutan suara di Timor Timur saat itu ,Unamet, PBB akhirnya mengumumkan 3/4 warga Timor Leste menolak opsi otonomis khusus dan lebih memilih kepas dari Indonesia

TNI bersama warga yang memilih Indonesia akhirnya kembali ke Indonesia melalui Timor Barat.

Meskipun Timor Leste resmi berdiri Mei 2002, namun semua unit militer dan Polri sudah ditarik sejak 1999

Setelah 20 tahun berlalu  masih banyak cerita mengenai aksi-aksi heroik TNI dan Polri di Timor Leste

Salah satunya adalah prajurit TNI, Tatang Koswara yang sukses menjadi siniper atau penembak jitu selama bertugas di  Timor Timur

Dan, aksi Tatang Koswara sangat ditakuti para kombatan Timor Timur yang lebih memilih bergeriliya ketimbang berhadapan langsung dengan TNI dan Polri

Sebagai negara yang besar tentu sangat sulit bagi Indonesia untuk menjaga kedaulatan.

Lepasnya Timor Timur atau yang kini kita kenal dengan Timor Leste adalah satu dari banyak kisah perjuangan militer Indonesia dalam meperjuangkan kedaulatan Indonesia.

Namun, selama 25 tahun dia menyembunyikan misi rahasianya dan memilih bungkam.

Meski rahasia tentang misinya di Timor Leste disimpan rapat-rapat, akhirnya dibeberkannya sebelum meninggal dunia.

Mengutip Tribun Timur saat diawancarai 2018 silam, istrinya Tati Hayati mengatakan, "Bapak meninggal dalam keadaan bahagia lantaran rahasianya yang disimpan 25 tahun sudah terungkap.

"Bapak tidak menceritakan misi rahasia yang ia jalankan di Timor Timur tapi entah mengapa ramai tentang cerita bapak," ujar Tati di kediamannya daerah Kompleks TNI AL Cibaduyut Bandung.

Namun, Tatang disebut tampak bahagia sebelum meninggal karena misi rahasianya ramai diperbincangkan orang.

Ia lantas menceritakan kiprahnya bersama pasukan pimpinan Kolonel Edi Sudrajat di Timor Timur, termasuk pada wartawan.

Bahkan, beberapa pekan terakhir, Tatang kerap menelpon saudaranya maupun kerabatnya.

Sesekali dia menceritakan kesibukannya dan kecintaannya terhadap Indonesia.

Sebelum meninggal Tatang menceritakan, selama 25 tahun ia bungkam soal misi rahasianya di Timor Leste.

Karena sesuai amanat komandannya saat itu, Edi Sudrajat yang melarang Tatang menceritakan misi rahasia itu, kecuali seizin atasannya.

Awalnya dia berpikir akan mengungkapnya setelah wafatnya Edi Sudrajat, tapi namanya tiba-tiba muncul kembali sebagi salah satu sniper terbaik dunia.

"Saya tidak pernah membuka identitas saya, Bahkan saat berjualan di Kodiklat TNI AD, tidak ada yang tahu saya ini sniper.

Tatang mengaku menyimpan rahasia itu bukan tanpa beban, karena kehidupannya seolah-olah misterius.

Ia berulang kali pindah rumah sampai menempati kediamannya yang sekarang, sejak 6 tahun lalu.

Nama Tatang sendiri melejut dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons (2000) yang ditulis Peter Brookrsmith.

Buku itu secara eksplisit menyebut Indonesia menyimpan sniper jempolan bernama Tatang. Tatang mencetak rekor 41.

Di bawah Philip G Morgan (5th SFG (A) MACV-SOG) dengan rekor 53 dan di atas Tom Ferran (USMC) dengan rekor 41.

Nama Tatang tercatat dalam urutan Sniper’s Roll of Honour di dunia.

Soal sepak terjangnya di medan tempur, Tatang bercerita, pelurunya telah membunuh 80 orang.

Bahkan, dalam aksi pertamanya, dari 50 peluru, 49 peluru berhasil menghujam musuh. Satu peluru sengaja disisakannya.

S. Tribunnews 


Name

Berita,7130,HUMOR,3,Internasional,129,Nasional,7040,News,57,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Ngotot Lepas dari Indonesia, Timor Leste Kini Rasakan Jadi Salah Satu Negara Paling Miskin di Dunia
Ngotot Lepas dari Indonesia, Timor Leste Kini Rasakan Jadi Salah Satu Negara Paling Miskin di Dunia
https://www.aljazeera.com/mritems/imagecache/mbdxxlarge/mritems/Images/2019/8/30/6388f2cf4853412783cc17788c8ffcf8_18.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/ngotot-lepas-dari-indonesia-timor-leste.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/ngotot-lepas-dari-indonesia-timor-leste.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy