$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Sukses Ciptakan BBM 100% dari Sawit, Pertamina Siapkan Produk untuk Mobil Balap F2

INDONESIAKININEWS.COM -  PT Pertamina kini menjadi pioner produk Bahan Bakar 100% Sawit dengan produk bernama D100. Dalam roadmap Pertamin...

Mobil Rusak, Sean Gelael Start ke-19 di F2 Bahrain - Otomotif Tempo.co

INDONESIAKININEWS.COM - PT Pertamina kini menjadi pioner produk Bahan Bakar 100% Sawit dengan produk bernama D100. Dalam roadmap Pertamina terkait bahan bakar, setelah membuat produk untuk bahan bakar mesin diesel itu dengan 100% sawit, nantinya bertahap akan membuat produk khusus bensin atau gasoline dan avtur.

Selanjutnya, Pertamina juga mendapatkan tantangan untuk membuat produk bahan bakar green energy khusus untuk mobil balap Formula 2. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya mendapatkan tantangan untuk membuat produk mobil balap.

"Ini kalau berhasil tentu akan sangat baik karena kita mampu membuat produk green energy untuk mobil balap," imbuh dia ke KONTAN.co.id, Rabu (15/7).

Sejauh ini, Pertamina baru memproduksi D100 di Kilang Dumai dengan kapasitas 1.000 barel per hari. "Saat ini masih 1.000 bph dan bertahap menjadi 6.000 bph, kemudian 20.000 bph tahun 2023," ungkap dia.

Dia mengatakan, dengan modifikasi kilang yang sudah ada tidak memerlukan investasi yang besar, hanya menambahkan pipa, pompa, dan storage. "Kilang kita yang sudah usianya ada 1984 juga bisa dimodifikasi, intinya kita berani melakukan dan mencoba," ungkap dia.

Perlu DMO Sawit

PT Pertamina berharap pasokan kelapa sawit untuk bahan baku pembuatan bahan bakar 100% sawit (BBS) bisa terjaga. Salah satu upayanya adalah menetapkan domestic market obligation (DMO) sawit dan merumuskan price cap untuk sawit di dalam negeri.

Kebijakan ini mirip dengan kebijakan PT PLN yang dulu meminta agar ada DMO batubara dengan harga khusus US$ 70 per ton. Seperti diektahui, PT Pertamina akhirnya berhasil memproduksi bahan bakar 100% sawit (BBS) alias D100 dengan produksi 1.000 barel per hari.

Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina mengungkapkan, untuk menyukseskan program bahan bakar 100% sawit atau D100 agar terus berkelanjutan maka diperlukan kepastian pasokan sawit sebagai bahan baku energi. "Harus ada DMO dan harga khusus (price cap) sawit," ujarnya kepada KONTAN, Rabu (15/7).

Nicke memastikan bahwa Pertamina saat ini sudah siap untuk melakukan produksi BBS dehingga ketersedian pasokan menjadi penting. "Kalau kami tugasnya secara teknis dan kapasitas produksi sudah siap denhgan kilang-kilang kami yang dimodifikasi," imbuh dia.

Dia mengatakan, kebijakan soal DMO sawit bisa dibahas dengan lintas kementerian, sebab pada dasarnya sawit adalah komoditas yang dibawah Kementerian Pertanian dan industrinya di Kementerian Perindustrian.

"Nanti Menko Perekonomian yang mungkin bahas. Sekarang harus dikaitkan antara harga CPO dengan minyak, sebab CPO sekarang bisa jadi bahan bakar," ungkapnya.

Terkait keekonomian produk, Nicke mengatakan bahwa harga CPO saat ini lebih tinggi dari harga crude. "Disana memang nanti bicara soal price cap agar produk D100 yang dihasilkan menjadi ekonomis," urainya.

Keuntungan dari Indonesia memproduksi D100, kata Nicke adalah bisa mengurangi neraca defisit berjalan yang setiap tahun terus naik. "Kami akan produksi 20.000 bph untuk satu unitnya nanti 2023," ungkap dia.

S. Kontan 


Name

Berita,7932,HUMOR,5,Internasional,138,Nasional,7830,News,65,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Sukses Ciptakan BBM 100% dari Sawit, Pertamina Siapkan Produk untuk Mobil Balap F2
Sukses Ciptakan BBM 100% dari Sawit, Pertamina Siapkan Produk untuk Mobil Balap F2
https://statik.tempo.co/data/2018/03/25/id_693255/693255_720.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/sukses-ciptakan-bbm-100-dari-sawit.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/sukses-ciptakan-bbm-100-dari-sawit.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy