$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Usai Viral, Cek Faktanya Mengapa Tak Ada Palestina di Google Maps

INDONESIAKININEWS.COM -  Klaim tentang Google telah menghapus wilayah Palestina dari aplikasi peta digital Google Maps beredar di media so...

Gambar Tangkapan Layar Foto Peta Wilayah Palestina

INDONESIAKININEWS.COM - Klaim tentang Google telah menghapus wilayah Palestina dari aplikasi peta digital Google Maps beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Nur Hidayah pada Sabtu 18 Juli 2020.

Akun Facebook Nur Hidayah mengunggah gambar peta yang diklaim tahun 1918 dan masih terdapat wilayah Palestina di dalamnya. Selain itu, ada juga gambar peta yang diklaim hari ini dan tidak ada wilayah Palestina di dalamnya.

Akun Facebook Nur Hidayah kemudian menambahkan narasi berisi dihapusnya wilayah Palestina dari Google Maps.

"Akhir zaman sudah semakin dekat, kita terlalu sibuk memikirkan dunia, terlalu sibuk dengan harta, terlalu sibuk dengan percintaan tanpa kita sadari negara yang pertama kali mengakui kedaulan Indonesia yaitu Palestina tempat lahir sebagian nabi telah di hapus di peta dunia, sudah tak ada lagi di google maps, karena digantikan Israel negara jahannam yang selama ini selalu ingin merebut pelestina dan pada akhirnya Palestina jatuh ke tangan mereka

hati ini rasanya hancur dan sedih bagaimna tidak disana terdapat masjid al-aqsa yaitu kiblat pertama umat Islam telah direbut oleh Israel, bagaimana keadaan saudara ² kita di Palestina? Semoga mereka selalu di lindungi Allah swt.

Ya Allah kembalikan pelestina kami🙏

#palestina#islam#hijrahku Lihat Lebih Sedikit," tulis akun Facebook Nur Hidayah.

Konten yang disebarkan akun Facebook Nur Hidayah telah 24 ribu kali dibagikan warganet.

Cek Fakta menelusuri klaim tentang Google telah menghapus wilayah Palestina dari aplikasi peta digital Google Maps. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "google maps deleting palestine".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "DID APPLE AND GOOGLE REALLY REMOVE PALESTINE FROM MAPS?" yang dimuat situs independent.co.uk pada Sabtu 18 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa klaim tersebut awalnya berasal dari unggahan akun Instagram bernama Astagfirvlah. Akun Instagram tersebut menuduh raksasa teknologi Google dan Apple secara resmi "mengeluarkan" Palestina dari peta mereka.

Belakangan, postingan akun instagram Astagfirvlah diberi label informasi palsu. Pihak Google juga tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang tuduhan terbaru tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Google dituduh menghapus nama Palestina dari layanan Google Maps. Dilansir dari artikel berjudul "Google Maps accused of deleting Palestine – but the truth is more complicated" yang dimuat situs theguardian.com pada 10 Agustus 2016, tuduhan serupa juga pernah muncul pada 2016 lalu.

Ketika itu, Google dituduh menghapus Palestina dari Google Maps. Tetapi kenyataannya, wilayah itu tidak pernah diberi label (Palestina) oleh Google sejak awal.

Saat mencari Palestina di Google Maps, itu menunjukkan garis besar, tetapi tanpa label untuk Palestina dan Israel berlabel di sampingnya.

Seorang juru bicara Google ketika itu mengatakan: “Tidak pernah ada label 'Palestina' di Google Maps, namun kami menemukan bug yang menghapus label untuk 'Tepi Barat' dan 'Jalur Gaza'. Kami sedang bekerja dengan cepat untuk membawa label ini kembali ke area tersebut. "

Klaim tentang Google telah menghapus wilayah Palestina dari aplikasi peta digital Google Maps ternyata tidak benar. Klaim serupa juga pernah muncul pada 2016 lalu.

Ketika itu, Google mengakui bahwa pihaknya tidak pernah memasukkan label Palestina dalam Google Maps. Bukan dihapus secara sengaja.

S. Liputan 6


Name

Berita,8002,HUMOR,5,Internasional,141,Nasional,7897,News,66,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Usai Viral, Cek Faktanya Mengapa Tak Ada Palestina di Google Maps
Usai Viral, Cek Faktanya Mengapa Tak Ada Palestina di Google Maps
https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/TlEVXZ0BDRVXbgSlc_vL2tRJ5FA=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3183926/original/070042200_1595133103-PetaPalestina1.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/usai-viral-cek-faktanya-mengapa-tak-ada.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/usai-viral-cek-faktanya-mengapa-tak-ada.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy