$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Viral Video Pembacaan Ikrar dan Mencoret Kalimat Khilafah, Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi dan Minta Maaf

INDONESIAKININEWS.COM -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon Affiati mengklarifikasi dan meminta maaf, atas insid...



INDONESIAKININEWS.COM - 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon Affiati mengklarifikasi dan meminta maaf, atas insiden pembacaan ikrar dan mencoret kalimat khilafah di depan massa aksi yang menolak RUU HIP.

Affiati menceritakan, saat itu pimpinan dan anggota DPRD Kota Cirebon menerima perwakilan dari massa aksi yang tergabung dalam Forum Cirebon Bersatu.

“Dialog berlangsung terkait penolakan Haluan Ideologi Pancasila, yang selanjutnya aspirasi itu ditanggapi oleh DPRD,” kata Affiati, di gedung Griya Swala DPRD Kota Cirebon, Jumat 10 Juli 2020.

Namun pada saat itu pula, sebagai pimpinan Affiati memberikan kesempatan kepada Wakil Ketua DPRD Fitria Pamungkaswati dari Fraksi PDIP untuk berkomunikasi dengan massa.

Dari komunikasi yang dilakukan dengan massa, tercetuslah ide dari Wakil Ketua Fitria untuk mengucapkan ikrar bersama dengan perwakilan massa yang hadir.

Ikrar tersebut dibuat Fitria langsung serta mendadak saat menerima audiens.

“Ibu Fitria yang menawarkan agar semua yang hadir berikrar dengan naskah yang sudah disiapkan, tapi audiens meminta untuk dibacakan terlebih dahulu sebelum mengambil sikap dan menyetujui ikrar tersebut,” kata Affiati.

Jadi sebelum akhirnya dibacakan Affiati sebagai ketua DPRD, ikrar tersebut diminta untuk dibacakan terlebih dahulu oleh Fitria, agar disepakati bersama oleh audiens isi dari ikrar tersebut.

Akan tetapi, lanjut Affiati, pada poin terakhir yakni ketiga yang berbunyi “demi Allah kami bersumpah akan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari pengaruh paham komunisme, leberalisme, leninisme, sekularisme dan khilafah,” ada kesalahpahaman karena tak terdengar di kata khilafahnya mengingat tepuk tangan yang riuh.

“Saat dibacakan oleh ibu Fitria, pas kata sekularisme massa bertepuk tangan sehingga kata khilafah tidak terdengar,” tuturnya.

Akibatnya, Affiati mencoret kata khilafahnya karena ketika dia membacakan ikrar di poin ketiga tersebut ada kalimat komunisme dan khilafah tapi dibawah kedua kata itu ada tambahan tulisan tangan, liberalisme dan sekularisme.

Hal itu membuat Affiati bingung atas susunan bacaannya. Karena ide dan pembuatan ikrar dibuat Fitria secara mendadak lalu diberikan kepada Affiati untuk diikrarkan.

“Inilah yang membuat saya bingung dalam menyusun urutan bacaannya, karena ide dan konsep pembacaan ikrar bersama ini datangnya dari ibu Fitria secara mendadak yang disampaikan kepada saya. Jadi beliaulah yang paling mengerti susunan kalimat di poin ketiga itu,” cetusnya.

Walhasil ada kesalahpahaman dari penyampaian ikrar tersebut, karena kata khilafahnya tidak terbaca dan justru malah memicu kontroversi akibat kebingungan yang dialami Affiati.

Atas insiden tersebut, sebagai perawakilan dari lembaga legislatif, Affiati menyampaikan maaf atas kekhilafan pada saat menerima aspirasi Forum Cirebvon Bersatu pada Senin 6 Juli 2020.

“Kami tetap setia pada Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa Indonesia serta menolak paham komunisme, khilafah, liberalisme dan sekularisme,” tandasnya.

Sebelumnya video yang dinilai Ketua DPRD Kota Cirebon ini, akan menerapkan sistem khilafah di Cirebon sempat viral, karena dalam ikrar itu ada kalimat menjaga negara dengan sistem khilafah.

Sementara dalam ikrar itu peserta ikrar dari Forum Cirebon Bersatu menyatakan tidak syah dan meminta diulang kembali ikrarnya.

Kemudian diulang dari awal setelah dihapus terlebih dahulu kalimat khilafah itu oleh Ketua DPRD Kota Cirebon.

Sumber: pikiranrakyat


Name

Berita,7242,HUMOR,3,Internasional,129,Nasional,7152,News,57,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Viral Video Pembacaan Ikrar dan Mencoret Kalimat Khilafah, Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi dan Minta Maaf
Viral Video Pembacaan Ikrar dan Mencoret Kalimat Khilafah, Ketua DPRD Kota Cirebon Klarifikasi dan Minta Maaf
https://1.bp.blogspot.com/-BGYeXifj7n4/XwrB4T4rCeI/AAAAAAAADlc/vBJ2Ht36vnUScME3UzV_dyVSPuxnDlnjwCLcBGAsYHQ/s640/3624232538.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BGYeXifj7n4/XwrB4T4rCeI/AAAAAAAADlc/vBJ2Ht36vnUScME3UzV_dyVSPuxnDlnjwCLcBGAsYHQ/s72-c/3624232538.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/viral-video-pembacaan-ikrar-dan.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/07/viral-video-pembacaan-ikrar-dan.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy