$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Cek Fakta! Benarkah Foto Yang Beredar Soal Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental?

INDONESIAKININEWS.COM -  Tersiar foto di media sosial Facebook yang menampakkan potret Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama ...




INDONESIAKININEWS.COM - Tersiar foto di media sosial Facebook yang menampakkan potret Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), tengah mengenakan daster.

Postur tubuh dua orang dalam foto tersebut terlihat seperti lansia. Dua orang dalam foto tersebut yang berparas Jokowi dan Ahok terlihat duduk di sebuah bangku di ruangan dengan tulisan 'Panti Rehabilitasi Gangguan Mental'. Lansia berwajah Ahok terlihat memangku sebuah kotak bertuliskan 'bansos'.

Berdasarkan hasil penelusuran sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com dari akun instagram Jabar Saber Hoaks @jabarsaberhoaks, pada Sabtu 1 Agustus 2020, foto dua lansia berwajah Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental adalah hoaks.

Foto ini pertama kali dibagikan di media sosial Facebook pada 30 Juli 2020 dengan narasi sebagai berikut.

"'Nasib Tragis Nenek' Sudah menkjadi fenomena alam nyata, dimana sang anak enggan merawat orang tuanya. Mereka lebih memilih menitipkan orangtuanya tsb ke #PantiJompo, ketimbang menguruss mereka di rumahnya..."

"Entah apa yg merasuki pikiran sang anak tsb, sehingga mrk malas merawat orangtuanya dg menitipkan di panti gompo. Padahal tanpa seorang ibu, mereka takkan mungkin lahir ke dunia..."

"Seperti dua orang nenek renta ini... Nasibnya sungguh tragis... Tanpa anak yg menjenguk... Tanpa cucu yg bisa menghibur... Bahkan utk makan saja mereka hrs mau antri menunggu permbagian sembako dari pemerintah...!!! #SabarYaNek... #NikmatiSajaKarmamu_Yak_Nek..."

Berdasarkan hasil penelusuran sebagaimana dilaporkan Jabar Saber Hoaks, foto lansia di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental berparas Jokowi dan Ahok adalah sebuah suntingan atau editan.

Foto asli dari lansia tersebut bukan berwajah Jokowi dan Ahok, tapi berwajah lansia perempuan yang merupakan penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia, Jakarta Timur.

Foto tersebut diambil oleh Hendra Gunawan, jurnalis portal berita nasional.

Foto tersebut telah dimuat dalam artikel bertajuk 'Mereka Yang Terbuang Dari Keluarga' yang ditayangkan pada 22 April 2013 silam.

Artikel membahas kehidupan lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Bumi Mulia, Ceger, Ciracas, Jakarta Timur yang bernama Murni (70) yang telah dibuang oleh pihak keluarga ke panti jompo.

Artikel sama sekali tidak membahas sosok tokoh politisi Indonesia Jokowi dan Ahok. Dengan demikian foto yang tersebar luas di Facebook adalah hoaks yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Sumber: pikiranrakyat


Name

Baerita,2,Berita,23963,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,999,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Cek Fakta! Benarkah Foto Yang Beredar Soal Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental?
Cek Fakta! Benarkah Foto Yang Beredar Soal Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYN5hmVyUriE_kkDItHYO5FyW0-vSty3fOZsqVrZQlmFeu-vOloykrYjZDgrfTZ3lLVnImPINuT6zEdWwPb3HRgn-EQGnX3AOUon06YlIvySH0I4Uu90pEDZUYOZAHwzJCh1eitOULVB8/s640/1087823865.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYN5hmVyUriE_kkDItHYO5FyW0-vSty3fOZsqVrZQlmFeu-vOloykrYjZDgrfTZ3lLVnImPINuT6zEdWwPb3HRgn-EQGnX3AOUon06YlIvySH0I4Uu90pEDZUYOZAHwzJCh1eitOULVB8/s72-c/1087823865.png
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/cek-fakta-benarkah-foto-yang-beredar.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/cek-fakta-benarkah-foto-yang-beredar.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy