$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Driver Ojol Berikan Alasan Dirinya Jadi Relawan Vaksin Corona: Saya Gak Mau Bawa Virus ke Rumah

INDONESIAKININEWS.COM -  Fadly (32), seorang pengemudi ojek online di Bandung, menjadi relawan uji vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada Selas...

Covid-19: 'Petugas kesehatan di garis depan dan kelompok rentan ...

INDONESIAKININEWS.COM - 
Fadly (32), seorang pengemudi ojek online di Bandung, menjadi relawan uji vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada Selasa (11/8/2020). 

Ia mengaku ikut menjadi relawan untuk keselamatan keluarganya karena sebagai pengemudi ojek, ia rentan terpapar Covid-19. Fadly tak sendiri. 

Ia menjadi relawan bersama enam anggota keluarganya yang lain, yakni ibu, istri, adik ipar, dan dua saudaranya. 

Saat ini sudah ada tiga anggota keluarga Fadly yang telah disuntik calon vaksin pada Selasa lalu bersama 20 relawan lainnya. 

Sementara tiga orang lainnya masih menunggu giliran. Rencananya, penyuntikan vaksin yang kedua dilakukan pada 24 Agustus 2020. 

Selama menjadi relawan, kondisinya akan terus dipantau hingga enam bulan ke depan. Selain itu, ia juga harus mengikuti lima tahap pemantauan. 

"Total penyuntikannya ada dua kali. Nanti ada lima tahapan pemantauan, tahapan terakhir pemeriksaan enam bulan mendatang," kata dia. 

Demi keluarga Lihat Foto Ilustrasi vaksinasi(SHUTTERSTOCK/Africa Studio) Fadly bercerita ia memilih menjadi relawan uji vaksin Covid-19 demi keselamatan keluarga. 

Sebagai pengemudi ojek online, ia rentan terpapar Covid-19 dan ia tidak mau pulang ke rumah membawa virus lalu menulari keluarganya. 

"Alasan paling besar buat saya sama keluarga. Saya kerja driver online, risiko terpapar lumayan besar. Kalau ada vaksin pasti ikut, karena saya enggak mau bawa virus ke rumah, apalagi ada tiga anak masih kecil-kecil," kata pria yang berdomisili di daerah Kopo, Kabupaten Bandung itu. 

Saat pertama kali vaksin disuntikkan, Fadly mengku merasa kantuk berat dan lapr. 

"Pas pertama (disuntikan) ngantuk banget, saya kira saya jarang tidur, tapi ngantuknya enggak bisa ditahan. Pas bangun, enak ke badan dan nafsu makan tinggi," ujar Fadly. 

Selain itu ia juga merasa suhu tubuhnya naik tapi tak lebih 39 derajat. 

Namun ia menyadari jika kondisinya masih dalam tahap wajar. Setelah disuntik vaksin, Fadly langsung bisa bekerja. 

"Bukan demam sih, tapi agak panas badan. Tapi wajar, saya juga lihat kartu catatan harian kan ada tingkatannya. Kalau bahaya itu suhu badan di atas 39 derajat," kata dia. 

Setelah disuntik vaksin, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan salah satunya mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu. 

Sementara itu Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana mengatakan pada umumnya 21 relawan yang disuntik vaksin mengalami reakasi ringan yakni nyeri di tempat suntikan. 

Namun, rasa nyeri itu berangsur hilang. 

“Sampai sekarang tidak ada yang mengeluh,” saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020). 

Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari FK Unpad Rodman Tarigan mengatakan, kondisi kesehatan relawan terus dipantau petugas kesehatan.

 Pemantauan dilakukan selama jalannya penelitian atau 6 bulan setelah pemberian vaksin terakhir.

 “Sudah dibertahukan ke relawan kalau ada hal-hal yang tidak nyaman segera hubungi tim,” kata Rodman. Baca juga: 21 Relawan yang Disuntik Vaksin Covid-19 Mengalami Reaksi Ringan Sebelumnya, pendaftaran relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 fase 3 masih dibuka hingga 31 Agustus 2020. 

Untuk fase 3, jumlah relawan yang dibutuhkan sebanyak 1.620 orang. Hingga kini, jumlah relawan yang mendaftar sudah sebanyak 1.451 orang. 

Selama penelitian, kesehatan peserta akan dipantau oleh petugas kesehatan secara teratur selama 6 bulan setelah pemberian vaksin terakhir. 

Selain itu, peserta dilindungi asuransi kesehatan. Bagi yang berminat menjadi relawan bisa menghubungi Clinical Research Unit Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung.

S. Kompas


Name

Berita,8057,HUMOR,5,Internasional,141,Kesehatan,1,Nasional,7951,News,66,OPINI,73,Seleb,1,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Driver Ojol Berikan Alasan Dirinya Jadi Relawan Vaksin Corona: Saya Gak Mau Bawa Virus ke Rumah
Driver Ojol Berikan Alasan Dirinya Jadi Relawan Vaksin Corona: Saya Gak Mau Bawa Virus ke Rumah
https://ichef.bbci.co.uk/news/640/cpsprodpb/2713/production/_113930001_antarafoto-simulasi-uji-klinis-vaksin-covid-19-060820-agr-4.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/driver-ojol-berikan-alasan-dirinya-jadi.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/driver-ojol-berikan-alasan-dirinya-jadi.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy