$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Hadi Pranoto: Saya Memang Bukan Dokter

INDONESIAKININEWS.COM -  Hadi Pranoto mendadak menggema di jagat maya. Hadi yang mengaku profesor itu mengklaim memiliki ramuan herbal penye...

Ketika Hadi Pranoto Ditanya Publikasi Ilmiah Obat Herbal Corona

INDONESIAKININEWS.COM - 
Hadi Pranoto mendadak menggema di jagat maya. Hadi yang mengaku profesor itu mengklaim memiliki ramuan herbal penyembuh pasien yang terjangkit virus corona.

Banyak pihak yang meragukan obat herbal ramuan Hadi Pranoto. Saah satunya adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI).  

Jubir IDI dr Erlina Burhan bahkan meminta aparat bertindak karena Hadi dianggap meresahkan. Menanggapi hal itu, Hadi menjawabnya dengan santai.  

"Untuk masalah IDI saya memang bukan dokter, databasenya IDI pasti tidak ada. Karena saya bukan dokter, tidak ada keterikatan saya dengan IDI. Saya adalah tim riset yang melakukan penelitian untuk emergency kemanusiaan COVID-19 ini," kata Hadi, di Bogor Senin (3/8). 

Hadi mengatakan ramuan herbalnya sudah diteliti sejak tahun 2000. Menurut dia, yang meneliti adalah sekelompok komunitas kecil yang dia masih merahasiakan siapa saja tim risetnya. 
Lebih lanjut Hadi juga mengatakan sebelumnya sudah komunikasi dengan IDI soal ramuan herbalnya itu. Namun, dengan alasan birokrasi, sehingga obrolan lebih lanjut dengan IDI tak terlaksana. 
ADVERTISEMENT

"Kalau masalah lisensi dari IDI kita sebenarnya sudah komunikasi berusaha menyampaikan kepada lembaga terkait. Tetapi teman-teman bisa merasakan, setiap masyarakat yang datang ke lembaga tinggi itu kan selalu ditanya bapak sudah ada janji atau belum," ujar dia.  

"Kalau belum akan dikasih waktu nanti dihubungi. Baik kita menunggu seharusnya ini dengan adanya temuan masyarakat seperti ini yang peduli dengan nyawa saudara-saudara kita, mereka yang sudah diberikan fasilitas oleh negara,mereka jemput bola , Jangan mereka menunggu bola. Mereka seperti raja menunggu rakyatnya melapor," lanjut Hadi.  

Tak banyak informasi yang didapat kumparan, ketika mencari tahu seperti apa latar belakang pendidikan Hadi Pranoto.  Bahkan Anji sendiri dalam caption video tersebut mengakui bukan perkara mudah mencari data tentang Hadi Pranoto.  

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali dicari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," begitu yang tertulis. 
 
Dari hasil penelusuran, pertama yang didapat adalah ternyata ia merupakan keluarga Surya Atmaja atau yang dikenal Abah Surya di Bogor.  

Abah Surya merupakan salah satu tokoh masyarakat di Bogor yang pernah mengundang raja dangdut Rhoma Irama untuk hadir dalam acara syukuran sunatan salah satu anaknya.   

"Beliau (Abah Surya) orang tua asuh saya," kata Hadi.   
Meski begitu, Hadi mengaku saat ini sudah tidak tinggal satu rumah dengan Abah Surya di Bogor. Kini, ia menetap di Jakarta.    

Mendapat gelar profesor dari mana, penelitiannya apa saja, masih misterius. kumparan  juga tak menemukan jurnal ilmiah karya Hadi Pranoto.  

Namun, dilansir Antara pada bulan Mei 2020, Hadi lewat rilis pernah menceritakan penemuan obatnya. Obat herbal anticorona COVID-19 yang diperkenalkan Hadi juga pernah disebut-sebut Dr Suradi, seorang perwira tinggi TNI AL, ampuh bagi penderita yang terinfeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2.  

"Kita sudah uji baik ke beberapa pasien positif maupun yang bergejala COVID-19 atau ODP, semuanya berhasil dan sembuh," kata Hadi- yang disebut sebagai salah satu anggota Tim Riset Herbal COVID-19.  
kumparan pun bertanya ke Hadi langsung soal latar belakang pendidikannya. Namun ia tak ingin menyebutkan institusi.   

Apakah dia dosen? Di pangkalan data Kemendikbud tidak ada nama yang persis merujuk ke dia.  

dr.Muhammad Saifuddin Hakim,MSc, PhD, dosen FK UGM, juga mempertanyakan Hadi Pranoto yang mengaku sebagai ahli mikrobiologi.  

"Klaim yang fantastis ... Bahkan beliau mengklaim meneliti virus sejak tahun 2000 (sejak 20 tahun yang lalu), juga meneliti virus influenza (H5N1), SARS-CoV, dan MERS-CoV.  
Kami lacak ke google scholar, scopus, hasilnya NIHIL. Memang ada nama hadi pranoto, tapi bukan Hadi Pranoto yang muncul dalam video ini.   

Hasil pelacakan ke database dosen memang ada nama Hadi Pranoto juga, tapi profilnya berbeda dengan orang yang tiba2 muncul dalam video ini," tulis Saifuddin di akun Facebook-nya.  

Sementara itu Dirjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto ketika ditanya soal sosok Hadi, juga mengaku tak tahu. Bahkan ia menyebut, ketika mencari di Google, tak mendapatkan informasi perihal latar belakang Hadi.   

Ahli biologi molekuler independen, Ahmad Utomo, pun mempertanyakan hasil riset Hadi Pranoto itu.   
 
Sebab, menurutnya, jika benar Hadi menemukan obat corona, itu adalah hal yang luar biasa. Namun, sejauh ini Ahmad belum menemukan literatur terkait riset yang dilakukan Hadi.    

”Semalaman kemarin saya mencari, kok enggak ketemu-ketemu juga, ya, literaturnya dari yang dia klaim. Karena ruhnya ilmuwan itu 'kan tulisan. Tulisan yang bisa kita kaji bersama,” kata Ahmad.  

Namun, terlepas dari latar keilmuan Hadi Pranoto, jika merujuk pada pemberitaan tentang Laksma Suradi yang merupakan satu tim dengan Hadi Pranoto, Suradi pernah menyatakan produknya terdaftar di BPOM dengan nomor TR203636031. TR adalah kode untuk obat tradisional dari dalam negeri.  

S. Kumparan 


Name

Berita,8016,HUMOR,5,Internasional,141,Nasional,7911,News,66,OPINI,73,Tekno,1,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Hadi Pranoto: Saya Memang Bukan Dokter
Hadi Pranoto: Saya Memang Bukan Dokter
https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/08/03/hadi-pranoto_169.jpeg?w=700&q=90
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/hadi-pranoto-saya-memang-bukan-dokter.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/hadi-pranoto-saya-memang-bukan-dokter.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy