$type=slider$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=5$show=home

Logo HUT RI ke - 75 Dianggap Mirip Simbol Salib, Yunarto Wijaya Angkat Suara

INDONESIAKININEWS.COM -  Logo ulang tahun ke-75 Republik Indonesia ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak yang menganggap satu...




INDONESIAKININEWS.COM - Logo ulang tahun ke-75 Republik Indonesia ramai diperbincangkan di media sosial.

Banyak yang menganggap satu logo HUR RI ke-75 menterupai salib.

Direktur Charta Politika Yunarto Wiajaya turut menanggapi soal anggapan logo HUT RI ke 75 menyerupai salib tersebut.

Menurut Yunarto Wijaya malahan bukan hanya menyerupai salib, tapi juga bendera negara lain.

Protes terhadap logo ulang tahun Republik Indonesia ke -17 salah satunya dilayangkan oleh Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS).

Humas Dewa Syariah Kota Surakarta Hendro Sudarsono mengatakan ada tiga temuan mereka dalam logo ulang tahun Republik Indonesia ke 75.

"ada tiga yang kta temuka yang terdapat logo agama tertentu, salib," kata Hendro dikutip TribunnewsBogor.com dari tayangan Kompas TV.

SKS menurut Hendro menyarankan agar tidak menyebarkan logo HUT RI ke-75.

" untuk itu kami memberi saran untuk menyebarkan dan Pemkot Surakarta memastikan memusuhkan untuk menggunakan logo yang tidak ada tribut agama tertentu," kata Hendro.

Di Twitter juga ada sejumlah akun yang menanggapi soal logo ulang tahun Republik Indonesia ke-75 yang menyerupai salib.

"Nyari2 lambang salib yang ada di spanduk 17an yang heboh itu dan nemu ini spanduknya dan itu salibnya.

Bijimana pendapat antum gaes?" tulis akun Twitter @kirekswasta.

Cuitan ini lantas ditanggapi oleh Yunarto Wijaya.

"Menurut saya harus diteliti lebih lanjut infiltrasi dari jepang,

ada bendera jepang yg diselipkan ditengah2 salib..." tulis Yunarto Wijaya.

Pemerintah melalui Sekretariat Negara telah meluncurkan logo Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun 2020.

Berikut makna logo HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menerbitkan surat edaran nomor B- 456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020, pada 23 Juni 2020 lalu.

Logo HUT RI ke-75 berbentuk perisai seperti perisai lambang dalam Garuda Pancasila.

Perisai tersebut berwarna dasar merah dengan angka 75 berwarna putih.

Kemudian, logo tersebut dilengkapi tulisan Indonesia Maju di luar logo.

tribunnews
Logo HUT RI ke-75 tahun 2020 (setneg.go.id) ()
Dilansir sesneg.go.id, pembuatan logo HUT RI ke-75 memiliki relevansi dengan tujuan di periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Tujuan tersebut ialah pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

"Guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai pondasi bagi negara untuk bisa menghadapi persaingan global," tulis lampiran di dalam surat edaran tersebut.

Indonesia Maju menjadi tema besar dalam HUT RI ke-75.

Indonesia Maju dianggap sebagai sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Makna Logo

Sementara itu logo HUT RI ke-75 disebut terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan RI 75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Makna Angka 7

Pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia diintegrasikan kedalam elemen bagian atas angka 7, yang melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi semua individu.

Progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur direpresentasikan kedalam elemen badan angka 7.

Meskipun tidak bergaris lurus, namun progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

Font dan Warna

Sementara itu dalam pengaplikasian seluruh desain dan branding menggunakan font MONTSERRAT.

"MONTSERRAT adalah typeface primer yang digunakan untuk semua aplikasi design & branding 75 tahun Indonesia," tulis lampiran tersebut.

Sementara itu warna yang digunakan dalam logo HUT RI ke-75 adalah merah, putih, dan hitam.

Sumber: tribunnews


Name

Baerita,2,Berita,23964,Cek Fakta,3,H,151,HUMOR,7,Internasional,1000,Kesehatan,29,Nasional,23000,News,1361,OPINI,81,Politik,6,Seleb,3,Tekno,1,Viral,3,
ltr
item
IndonesiaKiniNews.com: Logo HUT RI ke - 75 Dianggap Mirip Simbol Salib, Yunarto Wijaya Angkat Suara
Logo HUT RI ke - 75 Dianggap Mirip Simbol Salib, Yunarto Wijaya Angkat Suara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5ptGSITKnyLFKy2gfmRdKG3Pzd9-AepyVnoR2ytBcjGD7oFuXuShkpgWC-p65V9rypUSGifSPo_sgsG46JCAZeMYqY8_ZTOLwMNxFyyl9pqhtmVKqWP1xRGKMTnHSpaMynuTs49HGZRQ/s640/yunarto-logo-hut-ri.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5ptGSITKnyLFKy2gfmRdKG3Pzd9-AepyVnoR2ytBcjGD7oFuXuShkpgWC-p65V9rypUSGifSPo_sgsG46JCAZeMYqY8_ZTOLwMNxFyyl9pqhtmVKqWP1xRGKMTnHSpaMynuTs49HGZRQ/s72-c/yunarto-logo-hut-ri.jpg
IndonesiaKiniNews.com
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/logo-hut-ri-ke-75-dianggap-mirip-simbol.html
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/
https://www.indonesiakininews.com/2020/08/logo-hut-ri-ke-75-dianggap-mirip-simbol.html
true
1493314966655697463
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy